Sep 9, 2015

8 Cara Agar Kulit Segar Sepanjang Hari



Kulit yang bersih dan tampak segar sepanjang hari merupakan dambaan setiap orang. Namun kulit seperti itu datang dengan sendirinya. Cara merawat kulit dalam keseharian sangat mempengaruhi kelembapan sekaligus kesehatannya. Berikut cara sederhana yang bisa dilakukan agar kulit segar sepanjang hari.

1. Perhatikan kebutuhan kulit
Ketika hari mulai siang perubahan kulit pasti ada. Bila jenis kulit kering , sebisanya bawa pelembab agar kulit tetap selalu terhidrasi dengan baik. Jika kulit tampak kusam, basuh wajah dengan air. Jika banyak beraktifitas diluar rumah , jangan lupa bawa tabir surya dengan SPF yang lebih tinggi karena kulit perlu perlindungan dari sinar ultraviolet matahari.

2. Bijaksana memilih rias wajah.
Jika memakai rias wajah, sebaiknya menggunakan tekstur yang ringan, tahan lama dan yang terpenting sesuai dengan jenis kulit. Dan ingat jangan sampai produk yang digunakan belum memasuki masa kadaluwarsa.

3. Minum Air
Meminum adalah kebutuhan sangat penting karena air memiliki sejuta manfaat untuk tubuh mahluk hidup. Air berperan penting dalam membantu sel mengeluarkan toksin dan residu dari tubuh. Nutrisi yaang diperoleh dari asupan sehari – hari akan disalurkan oleh air menuju sel – sel tubuh termasuk sel penyusun kulit. Bila konsumsi air cukup, kulit pasti kelihatan lembap, segar dan berkilau. Kebutuhan air dalam tubuh manusia disarankan sekitar 3 liter  setiap hari setara dengan 13 gelas bagi peria. dan 2,2 liter air perhari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita.

4.  Perhatikan Nutrisi
Konsumsi makanan yang buruk dapat berdampak pada kulit, serti mempengaruhi keseimbangan hormonal, dapat membuat banyak jerawat dan mengurangi peradangan sel tubuh. Agar kulit tetap sehat, sebaiknya memilih  makanan dan minuman yang bergizi seimbang , serta memiliki manfaat lebih bagi kulit. Dalam menu , padukan porsi sayur – sayuran berwarna cerah seperti tomat, wortel dan lain - lain serta buah – buahan yang berwarna cerah pula misalnya jeruk dan apel. Konsumsi karbohidrat yang mengandung indeks glikemik rendah seperti nasih merah dan roti gandum. Karena makan yang mengandung indek glikemik tinggi dapat membuat peradangan sel kulit dan memicu timbulnya diabetes melitus.

5.  Jaga Kualitas tidur
Tidur yang berkualitas bermanfaat seluruh tubuh . Pada saat tidur sel – sel tubuh beregenerasi dengan menganti sel – sel yang tua dengan sel – sel yang baru. Kurangnya waktu tidur dapat membuat stres. sulit berkonsentrasi , tampak lelah dan lebih tua. Namun tidur terlalu lama juga tidak baik, efek yang timbul pada kulit akibat tidur telalu lama serupa dengan efek akibat kurang tidur. Lama tidur di sarankan paling sedikit 7 jam dan paling banyak 9 jam sehari semalam.

6.  Bersihkan benda yang sering bersentuhan dengan kulit
Ganti handuk dan sarung bantal secar teratur  untuk mencegah kontaminasi kulit dari penumpukan kotoran dan minyak. Pilih sarung bantal yang bertenun rapat dan halus untuk mengurangi gesekan dengan kulit. Rutin membersihkan benda – benda yang sering – sering bersentuhan dengan kulit terutama kulit wajah.

7.  Manjakan kulit
Lakukan perawatan kulit ketika sudah bangun dan akan dan waktu sore. Yang terpenting adalah mencakup kebersihan dan melembabkan kulit. Ketika mengoleskan pelembab lotion , lakukan dengan memijat dapat mengembalikan elastisitas kulit. Untuk menambah sensasi segar dipagi hari letak produk di tempat dingin sperti lemari es. Dan gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit.

8. Aktifitas fisik dan berolah raga.
Seperti yang kita ketahui bahwa aktifitas fisik dapat membuat jantung dan memompa lebih banyak dara ke suluruh tubuh dan membuat tubuh lebih segar Akibatnya kulit akan memperoleh cukup suplai darah yang banyak mengandung oksigen dan tampak bercahaya dan berseri. Gunakan waktu senggang  yang terbuang untuk berolah raga

BACA JUGA =====> 4 Macam Olah Raga Yang Dapat Mengusir Perut Buncit
logoblog

No comments:

Post a Comment