Aug 17, 2020

Guru dan Disiplin Kelas

Disiplin kelas merupakan hal yang penting dalam menunjang keberhasilan pengelolaan kelas dari seorang guru. Bahkan ia merupakan suatu kriteria penting dalam menilai kualitas atau mutu kepemimpinan seorang guru. Disiplin kelas  adalah tata tertib dalam suatu kelas yang didalamnya tergabung guru dan siswa taat kepada tata tertib yang telah ditetapkan.

Ada tiga cara atau teknik membina disiplin kelas yaitu pendekatan yang digunakan, teknik-teknik yang digunakan dan tahap-tahap pengelolaan kelas. Lebih jelasnya perhatikan penjelasan penjelasan berikut ini

Pendekatan yang Digunakan
Pendekatan yang digunakan setidaknya memiliki dua cara yaitu pemberian bimbingan dan evaluasi pada diri pribadi. Pada pemberian bimbingan guru hendaknya memberikan kesempatan bagi siswa untuk berbuat dan menumbuhkan gagasan baru atau ide-ide baru secara wajar sesuai tingkat kelasnya. Dalam hubungan siswa perlu diberi bimbingan dan penyuluhan untuk memahami dan mengenali diri sendiri.untuk itu diperlukan pendekatan dengan siswa dalam situasi yang wajar mungkin kan mereka mengembangkan pola pola tingkah laku yang baik ke arah pembinaan diri sendiri.

Evaluasi pada diri pribadi guru hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengevaluasi tingkah lakunya berdasarkan peraturan tata tertib yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat terwujud disiplin yang baik dalam kelas yang diidamkan. Disiplin yang baik dimaksudkan untuk pengendalian dan pengarahan segala perasaan dan tindakan orang dalam suatu kelas untuk mewujudkan dan memelihara suatu suasana mengajar dan belajar yang efektif.

Teknik yang Digunakan
Teknik-teknik yang digunakan setidaknya ada tiga yaitu teknik keteladanan guru, teknik bimbingan guru, dan teknik pengawasan bersama. Teknik keteladanan guru hendaknya memberikan contoh teladan sikap perilaku yang baik kepada siswanya tertib masuk kelas, disiplin, konsisten terhadap aturan dan berkomitmen untuk menjalankan tata tertib yang telah disepakati bersama.

Untuk teknik bimbingan guru, guru hendaknya senantiasa memberikan bimbingan dan penyuluhan untuk meningkatkan kedisiplinan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan pendekatan-pendekatan yang wajar.

Teknik pengawasan bersama yaitu disiplin mengandung pula kesadaran tujuan bersama baik guru maupun siswa sehingga situasi kelas menjadi tertib. Dalam mewujudkan tujuan bersama ada beberapa upaya yang harus dilakukan dalam pembinaan disiplin kelas diantaranya sebagai berikut:
  1. Mengadakan perencanaan bersama antara guru dan siswa.
  2. Mengembangkan kepemimpinan dan tanggung jawab kepada siswa
  3. Membina organisasi kelas secara demokratis
  4. Membiasakan agar siswa dapat berdiri sendiri atau mandiri dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.
  5. Membiasakan siswa untuk berpartisipasi sesuai dengan kemampuannya
  6. Memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa untuk pengetahuan keterampilan sosial dan spiritual
Tahap-tahap Pengelolaan Kelas
Pada dasarnya tahap-tahap pengelolaan kelas yang merupakan suatu proses dapat ditempuh dalam empat tahap yaitu: 
  1. Memerinci kondisi kelas yang dihendaki.Kondisi kelas yang baik adalah yang mendukung kelancaran proses belajar mengajar
  2. Mengamati kondisi kelas yang nyata atau ada.berdasarkan pengamatan guru memperoleh perbandingan antara kondisi kelas yang dikehendaki dan kondisi kelas yang nyata. dari hasil tersebut selanjutnya guru harus menentukan prioritas masalah mana yang harus segera ditangani, dan mana yang dapat ditunda 
  3. Menentukan cara pengelolaan kelas dengan menggunakan cara yang sesuai untuk menciptakan situasi yang mendukung dan kelancaran proses belajar mengajar
  4. Menilai dan memilih hasil pelaksanaan pengelolaan kelas.kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui hasil pelaksanaan pengelolaan kelas apakah hasil pengelolaan kelas dalam mewujudkan situasi yang diharapkan dalam rangka kelancaran proses belajar mengajar.
logoblog

No comments:

Post a Comment