Sep 17, 2015

Waktu yang baik untuk Berolahraga

Agar fisik senantiasa bugar dan mood pun terkontrol , setiap orang di anjurkan untuk berolah raga setiap hari, sebab berolahraga  adalah kebutuhan bukan pilihan.Berikut bebarapa waktu terbaik untuk melakukan olah raga yang efektif dalam menjaga kesehatan, mood baik.yaitu  :

1.  Pagi Hari
Di samping karena adanya udara yang masih segar , pagi juga waktu yang paling baik untuk berolah raga karena statusnya sebagai pemula hari. Terkait hal ini, peniliti mengungkap , seseorang biasa bangun pagi dan mengawali harinya dengan berolah raga akan berenergi sepanjang hari dibandingkan dengan yang tidak. Hal ini dikarenakan olah raga di pagi hari meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga energi yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan akan maksimal.

2. Di Sela – sela Jam Kantor
Siapa bilang berolah raga hanya bisa di lakukan pusat kebugaran ? Di tempat kerja juga bisa dilakukan . Bahkan berolah di tempat kerja lebih penting.Di tengah ketengan otot - otot karena duduk dalam waktu yang cukup lama pada posisi yang sama di tambah stress karena tuntutan kerja, olah raga merupakan kegiatan yang dapat memulihkan tubuh menjadi rileks

3.  Saat lelah
Sebagai masyarakat urban selain tugas harian di kantor, kemacetan adalah penyebab berikutnya membuat kita lelah. Jika biasnya melepaskan lelah dengan tidur – tiduran atau bersantai, tak ada salahnya jika melepas lelah dengan olah raga. Perlu diketahui bahwa lelah yang dirasakan pasti berasal dari adanya otot – otot yang tegang . Karena mencoba dengan dengan senam kecil saat lelah

4. Sore Hari
Penelitian mengungkapkan bahwa sore hari merupakan waktu yang paling cocok dan tepat untuk berolah raga karena waktu ini otot – otot seluruh tubuh sedang berada pada kondisi yang fleksibel dan rileks. Selain  lebih rileks setelah beban kerja dan kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran  , kondisi ini dikarenakan suhu tubuh berada pada suhu tertinggi.

5.  Saat haid
Mood tak terkontrol, perut keram, mudah lelah seringkali wanita malas beraktivitas, saat menstruasi termasuk berolah raga. Pada hal ini kurang tepat , Karena berolah raga pada saat menstruasi memperlancar aliran darah dan meredakan kekakuan otot sehingga  kram pun terasa lebih ringan. Selain itu gerakan – gerakan yang dilakukan selama berolah raga akan memicu  tubuh akan melepaskan hormon endorphin sehingga mood pun membaik.
logoblog

No comments:

Post a Comment