Feb 23, 2017

Manajemen Sumber Daya Manusia PNS

Dalam pencapaian tujuan organisasi birokrasi, pendayagunaan PNS yang tepat perlu diperhatikan, maka dari itu potensi individual PNS terus digali dan dimanfaatkan secara penuh. PNS dalam organisasi pemerintahan akan terus berkembang dan selalu beradaptasi dengan lingkungannya sesuai dengan perkembangan zaman yang berjalan, di samping itu juga selalu mengikuti setiap irama kegiatan yang menjadi kebutuhan manusia. Dalam birokrasi pemerintah di era reformasi dan globalisasi ini tentunya SDM PNS yang diperlukan adalah PNS yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai sumber daya yang paling potensial dalam birokrasi pemerintahan, SDM PNS perlu dikembangkan sehingga mampu memberikan efek yang optimal terhadap kinerja birokrasi. Konsekuensi dari itu semua PNS dalam jajaran lembaga pemerintahan selalu dituntut untuk meningkatkan kualitasnya dengan kemampuan, kecakapan, dan keterampilan yang harus diikuti dengan ketaatan pada aturan (disiplin) serta moral dan etika. Sarana untuk meningkatkan kualitas dalam menyukseskan karier bagi para PNS di lingkungan organisasi birokrasi pemerintahan yang paling pokok adalah melalui program pengembangan PNS secara tepat.




Manajemen SDM akan terselenggara dengan efisien dan efektif apabila dalam seluruh proses manajemen tersebut terjadi interaksi positif antara manajer teknis operasional dengan para pejabat pengelola SDM. Manajemen operasional ini bertanggung jawab terhadap terselenggaranya tugas-tugas pokok pada setiap fungsi-fungsi organisasi sedangkan para pejabat atau spesialis adalah manajer yang mengelola semua SDM. Sebagaimana di atas telah disinggung bahwa manusia merupakan sumber daya yang paling penting untuk menentukan arah dan perubahan organisasi. Oleh karena itu untuk menciptakan profesionalisme dalam menjalankan pekerjaannya sebaiknya perlu ada yang namanya audit SDM (bagian dari fungsi pengawasan dan pengendalian). Tanpa manusia sebagai penggeraknya, organisasi menjadi kumpulan resources yang tidak berguna. Selain itu, sumber daya manusia (SDM) menjadi pilar penyangga utama sekaligus penggerak roda organisasi dalam usaha mewujudkan visi, misi dan tujuan organisasi.

Dalam setiap organisasi besar termasuk dalam lingkungan organisasi pemerintahan, selalu terdapat satuan kerja yang mengelola SDM dengan monklatur apa pun, satuan kerja tersebut dikenal seperti divisi, direktorat, biro, bagian, pusat-pusat dan lain sebagainya. Satuan kerja tersebut menyelenggarakan fungsi penunjang, artinya diharapkan mampu memberikan dukungan kepada semua satuan kerja lainnya pada organisasi dalam rangka untuk peningkatan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas kerja. Pemberian dukungan itu dilakukan dengan menyelenggarakan berbagai fungsi, termasuk fungsi manajemen SDM. Ada enam nilai dalam melakukan strategi pengelolaan SDM atau MSDM yang sukses, sebagaimana dikatakan Harvey dan Bowin (dalam … Sulistiyani, 2004:53-54) sebagai berikut. 
  1. Antisipasi (anticipating). Dalam suatu organisasi yang harus menjadi perhatian utama adalah pengelolaan SDM-nya, yang harus mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di masa depan. 
  2. Penarikan (attracting). Organisasi mulai memusatkan perhatian pada aktivitas mencari orang-orang yang sesuai dan mempunyai kualifikasi yang dibutuhkan. 
  3. Pengembangan (developing). Melakukan serangkaian aktivitas yang dapat menunjukkan kinerja organisasi dan meningkatkan kemampuan pegawai dari yang paling atas sampai bawah. 
  4. Motivasi (motivating). Pemeliharaan pegawai dengan memberi dorongan agar dapat bekerja dengan baik sehingga menghasilkan kinerja yang tinggi. 
  5. Memelihara (maintaining). Adanya komunikasi yang terbuka sebagai alat utama dalam memelihara hubungan karyawan yang efektif. 
  6. Perubahan untuk sukses (changing for success). Mengembangkan strategi-strategi baru untuk mengadakan perubahan budaya organisasi dan pengelolaan SDM. 
  7. Pemfokusan (focusing). Melakukan pengukuran efektivitas SDM dengan melakukan survei tentang sikap pegawai sampai dengan formal audit kepegawaian.

logoblog

No comments:

Post a Comment