Nov 25, 2019

Tips Membersihkan Laptop / Komputer / PC dengan Peralatan Sederhana



Di bawah ini adalah saran-sara  yang harus diikuti ketika membersihkan komponen atau periferal komputer apa pun serta tips untuk membantu menjaga komputer tetap bersih.

Jangan pernah menyemprotkan cairan apa pun ke komponen komputer mana pun. Jika perlu semprot, semprotkan cairan ke kain. Anda dapat menggunakan ruang hampa untuk menyedot kotoran, debu, atau rambut di sekitar komputer. Namun, jangan gunakan ruang hampa di dalam komputer Anda karena menghasilkan listrik statis yang dapat merusak komputer Anda. Jika Anda perlu menggunakan ruang hampa udara di dalam komputer Anda, gunakan ruang hampa bertenaga baterai portabel atau coba udara tekan.

Saat membersihkan komponen atau komputer, matikan sebelum membersihkan. Berhati-hatilah saat menggunakan pelarut pembersih apa pun; beberapa orang memiliki reaksi alergi terhadap bahan kimia dalam membersihkan pelarut, dan beberapa pelarut bahkan dapat merusak kasus ini. Usahakan selalu menggunakan air atau pelarut yang sangat encer. Saat membersihkan, berhati-hatilah agar tidak secara tidak sengaja menyesuaikan tombol atau kontrol apa pun. Juga, saat membersihkan bagian belakang komputer, jika ada sesuatu yang terhubung pastikan untuk tidak mencabut colokannya.

Saat membersihkan kipas, terutama kipas yang lebih kecil, pegang kipas angin atau tempatkan sesuatu di antara bilah kipas untuk mencegahnya berputar. Menyemprotkan udara bertekanan ke dalam kipas angin atau membersihkan kipas dengan ruang hampa udara dapat menyebabkan kerusakan atau menghasilkan tegangan balik. Jangan pernah makan atau minum di sekitar komputer. Batasi merokok di sekitar komputer.

Peralatan pembersih
Meskipun produk pembersih komputer tersedia dan dijual bebas, Anda juga dapat menggunakan barang-barang rumah tangga untuk membersihkan komputer dan periferalnya. Di bawah ini adalah daftar barang yang mungkin perlu atau ingin Anda gunakan saat membersihkan komputer Anda.

Kain 
Kain katun adalah alat terbaik yang digunakan saat menggosok komponen komputer. Handuk kertas dapat digunakan dengan sebagian besar perangkat keras, tetapi kami selalu menyarankan menggunakan kain bila memungkinkan. Namun, hanya gunakan kain saat membersihkan komponen seperti casing, drive, mouse, dan keyboard. Anda sebaiknya tidak menggunakan kain untuk membersihkan sirkuit apa pun seperti RAM atau motherboard.

Alkohol gosok
Saat membasahi kain, yang terbaik adalah menggunakan air atau alkohol gosok. Pelarut lain mungkin buruk untuk plastik yang digunakan dengan komputer Anda.

Vacuum Portable 
Mengisap debu, kotoran, rambut, partikel rokok, dan partikel lain dari komputer dapat menjadi salah satu metode terbaik untuk membersihkan komputer. Namun, jangan gunakan penghisap debu yang dihubungkan ke dinding karena ia menciptakan banyak listrik statis yang dapat merusak komputer Anda.

Kapas penyeka 
Kapas basah dengan alkohol atau air adalah alat yang sangat baik untuk menyeka area yang sulit dijangkau di keyboard, mouse, dan lokasi lainnya.
Penyeka busa - Kapan pun memungkinkan, lebih baik menggunakan penyeka bebas serat seperti penyeka busa.

logoblog