Dec 20, 2019

FORUM ILMIAH SEBAGAI WAHANA KOMUNIKASI HASIL REFLEKSI PEMBELAJARAN

Guru seringkali diundang untuk mengikuti pertemuan ilmiah. Tidak jarang guru juga diminta memberikan presentasi, baik sebagai pemrasaran atau pembahas pada pertemuan ilmiah tersebut. Untuk keperluan itu, guru harus membuat prasaran ilmiah. Prasaran ilmiah adalah sebuah tulisan ilmiah berbentuk makalah yang berisi ringkasan laporan hasil penelitian, gagasan, pengalaman, ulasan, atau tinjauan ilmiah. Dalam hal ini guru dapat menuliskan gagasan atau ide‐ide pemikiran atau pengalaman yang didapatkan selama proses refleksi pembelajaran. Pada saat melakukan refleksi pembelajaran, guru sangat mungkin menemukan pemikiranpemikiran baru, baik terkait dengan praktik pembelajaranya maupun tentang hal‐hal yang sifatnya lebih luas. Pemikiran ini sangat bagus apabila dapat dikemas menjadi suatu makalah atau artikel, kemudian dikomunikasikan dengan berbagai pihak melalui forum ilmiah agar diperoleh hikmah bagi lebih banyak orang.

Forum Ilmiah Guru adalah wahana pertemuan ilmiah guru melalui kegiatan presentasi dan /atau diskusi ilmiah. Forum Ilmiah merupakan kesempatan guru untuk menyajikan hasil karya ilmiahnya. Termasuk dalam hal ini tentu hasil refleksi pembelajaran yang dikemas secara ilmiah dalam bentuk artikel atau makalah ilmiah. Forum ilmiah ini dapat dilakukan untuk kalangan terbatas maupun kalangan luas. Dalam lingkup terbatas, forum ilmiah guru dapat berbentuk forum dimana guru menyajikan hasil karya ilmiahnya pada forum KKG yang dihadiri teman‐teman sejawatnya.  Sedangkan forum ilmiah lingkup luas diikuti dari berbagai unsur atau profesi, tidak hanya guru, tetapi
juga bisa melibatkan pengawas, dosen, praktisi pendidikan, atau masyarakat umum.


Bagaimana apabila ternyata dari refleksi pembelajaran yang dilakukan guru merasa tidak menemukan pemikiran baru atau teori baru bidang pendidikan, masih bisakah hasil refleksi pembelajaran dikomunikasikan dalam forum ilmiah? Jawabannya, tentu bisa. Pengalaman guru mengajar, temuan tentang perilaku dan sikap siswa dalam pembelajaran, temuan tentang kesulitan belajar siswa, miskonsepsi siswa, best practice mengajar, dan lain‐lain yang sebenarnya merupakan fakta atau pengalaman sehari‐hari guru mengajar, merupakan hal yang penting dan baik di share dengan pihak lain, termasuk teman sejawat. Informasi tentang pengalaman sehari‐hari guru dalam menjalankan tugas profesionalnya merupakan suatu informasi yang sangat berguna bagi banyak pihak dalam kerangka peningkatan kualitas pendidikan. Jika forum ilmiah berbagi pengalaman antar guru dapat dibangun maka pembentukan masyarakat ilmiah dan/atau masyarakat belajar di komunitas guru akan terwujud. Refleksi pembelajaran menjadi startingpoint bagi upaya tersebut.

Guru tidak harus khawatir untuk mendapatkan forum ilmiah. Saat ini telah banyak forum‐forum ilmiah yang diselenggarakan berbagai lembaga, baik perguruan tinggi, PPPPTK, LPMP, dan lain‐lain yang bisa dimanfaatkan guru. Jenis forum ilmiah juga sangat beragam, sehingga pilihan guru sebenarnya sangat cukup. Yang terpenting adalah, guru memiliki “sesuatu” untuk disajikan dalam forum ilmiah tersebut. Refleksi pembelajaran sumber yang kaya untuk dihasilkannya “sesuatu” yang dapat dikembangkan menjadi karya tulis ilmiah.

Forum ilmiah antara lain dapat diselenggarakan dalam bentuk seminar, lokakarya, symposium, dan konferensi (Sumardyono, dkk, 2015).
logoblog

No comments:

Post a Comment