Aug 24, 2020

Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan Pembelajaran 4 ( Kelas 6 )

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Menyayangi Binatang Sebagai Penerapan Sila Pancasila
Saat memperhatikan lingkungan sekitar kamu melihat berbagai jenis hewan. Kamu harus menyayangi dan menjaga kelestarian hewan hewan di sekitar. Menyayangi hewan adalah wujud dari rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Menyayangi hewan termasuk perilaku yang sesuai dengan sila Pancasila. Kamu dapat menyayangi hewan dengan mencontoh perilaku Wandi dalam komik berikut.

Pada komik di atas,Wandi terlihat menolong anak burung yang terjatuh dari sarangnya. Wandi memperlihatkan sikap menyayangi hewan yang ada di sekitarnya. Tanpa bantuan Wandi, anak burung tersebut tidak akan kembali ke sarangnya. Anak burung tersebut juga pasti akan mati dimangsa oleh hewan liar. Perbuatan Wandi adalah wujud  syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mensyukuri ciptaan Tuhan merupakan pengamalan sila pertama Pancasila.

Membuat Komik Tentang Kepedulian Terhadap Hewan
Kamu sudah belajar tentang penerapan sila-sila Pancasila. Kamu juga telah melihat komik berisi penerapan sila Pancasila. Komik merupakan cerita dalam bentuk gambar-gambar yang disusun berurutan dan saling berhubungan. Komik memiliki balon kata atau balon dialog. Kamu juga dapat membuat komik penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa membuat komik seperti gambar berikut.
Bahasa Indonesia
Menentukan Kesimpulan Teks Laporan Hasil Pengamatan
Kita dapat membuat kesimpulan dari suatu cerita  atau teks laporan hasil pengamatan. Kesimpulan yang baik ditulis menggunakan kosakata baku dan ejaan yang tepat. Kesimpulan dari sebuah teks dapat dibuat dengan memperhatikan pokok-pokok permasalahan atau inti teks.

Sekarang, kamu akan kembali membuat kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan. Untuk menentukan kesimpulan, kamu harus membaca keseluruhan teks. Silakan kamu baca teks berikut dengan seksama.
Bunga melati
Bunga melati merupakan salah satu tanaman hias. Bunga melati merupakan tanaman perdu yang tumbuh di kawasan Asia tenggara seperti Indonesia Malaysia Brunei dan Thailand. Sebenarnya, bunga melati ditetapkan sebagai bunga nasional dengan sebutan puspa bangsa.

Melati memiliki 7 mahkota bunga berlapis yang berwarna putih. Susunan bunganya menyirip dan berhadapan. Bagian-bagian bunga melati terdiri atas mahkota, benang sari, putik, dan tangkai bunga. Tangkai anak bunga tersebut kemudian menyambungkan dengan tangkai bunga. Bunga melati memiliki ciri khas aromanya yang harum.

Setelah membaca, kamu mengetahui informasi penting yang tepat pada teks. Informasi penting tersebut bisa kamu gunakan untuk membuat kesimpulan. Kamu dapat menuliskan kesimpulan tersebut dengan kosakata yang baku dan ejaan yang tepat. Saat menuliskan kesimpulan, kamu dapat menggunakan kalimat kamu sendiri. Kamu bisa menuliskan kesimpulan teks seperti yang dilakukan Mahmud berikut ini:
Bunga melati merupakan tanaman hias yang ditetapkan sebagai bunga Nasional Indonesia. Bunga melati memiliki mahkota yang berwarna putih. Bunga melati mempunyai  aroma yang harum. Bunga melati memiliki bentuk bunga menyirip dan berhadapan.

Memberikan Komentar Terhadap Kesimpulan Teks
Kamu sudah menentukan kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan. Kamu bisa menukarkan kesimpulan yang sudah kamu tulis dengan temanmu yang lain. Setelah itu cuma kamu bisa memberikan komentar terhadap kesimpulan yang ditulis oleh temanmu.

Saat menulis komentar kamu harus memperhatikan ciri-ciri kesimpulan yang baik. Kamu dapat menuliskan komentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun tidak menyinggung perasaan teman kamu. Kamu bisa menuliskan komentar seperti yang dilakukan Alif terhadap kesimpulan Putri berikut:

Kesimpulan yang dituliskan Putri berisi informasi penting bunga melati. Kesimpulan yang ditulis Putri menggunakan kosakata baku dengan kalimat yang mudah dipahami. Kesimpulan tersebut ditulis berdasarkan informasi  yang terdapat pada teks. Kesimpulan yang dituliskan Putri cukup baik karena merupakan inti dari teks.

Di atas merupakan contoh komentar di tulis Alif terhadap kesimpulan Putri. Kamu bisa membuat contoh komentar seperti komentar Alif terhadap kesimpulan Putri. Kamu bisa membuat kesimpulan lalu temanmu yang lain bisa memberikan komentar menggunakan kosakata yang baku, ejaan yang tepat dan tidak menyinggung perasaan teman kamu.


Untuk mengerjakan soal diatas silakan masukkan nama guru yang tulisan berwarna Merah
Nama Guru : BAHTIAR, bahtiar, Bahtiar
logoblog

No comments:

Post a Comment