Oct 15, 2020

Cara Praktis Mempercantik Kotak Kayu Bekas dengan Teknik Kolase

Cara Mudah Membuat Kotak Kolase

Kolase adalah teknik hiasan yang terdiri dari beberapa benda yang di tempel-tempel. Kolase bisa dibuat dari apa saja. Penyusunannya pun bisa bertumpuk-tumpuk. Akan tetapi, tentu saja unsur keindahan juga harus diperhatikan. Hiasan kolase biasanya terdiri dari banyak warna. Itulah yang membuatnya tampak menarik. Nah,  kali ini, kita akan menghias kotak dengan teknik kolase.

A.    Bahan dan Alat

1.     Sebuah kotak kayu

2.     Benda-benda yang telah dipilih sebagai hiasan kolase

3.     Ppernis

4.     Lem PVA

5.     2 lembar kain beludru untuk bagian dasar kotak dan tutup kotak

6.     Kancing pengait untuk kotak perhiasan

B.    Cara Membuat

1.     Bersihkan kotak kayu yang kalian gunakan.  Bila perlu,  amplas permukaannya. Kemudian,  bersihkan seluruh permukaannya dari debu bekas amplas.

2.     Susunan benda-benda yang akan digunakan sebagai hiasan pada selembar kertas yang lebarnya sama dengan tutup kotak. Kalian bisa mengubah-ubah sampai mendapatkan susunan yang tepat dan indah. Benda-benda tersebut bisa ditumpuk atau disobek.

3.     Tempelkan benda-benda yang dipakai untuk hiasan pada tutup kotak. Tempelkan dulu benda yang paling bawah,  baru kemudian benda lain yang akan ditempelkan di atasnya. Setiap kali menempel,tekanlah benda yang ditempel tersebut dengan kain yang bersih atau busa.

4.     Jika kalian akan menempel benda menumpuk pada benda lainnya, usahakan benda yang ditempel lebih dahulu telah kering lemnya. Jika semua benda hiasan telah ditempel dengan benar, biarkan lem mengering.

5.     Gunakan pernis semprot atau cat semprot berwarna bening. Semprotkan pada susunan hiasan tersebut. Biarkan dulu pernis atau chatnya mengering,  kemudian semprotlah sekali lagi. Semprotkan pernis atau cat lebih banyak pada bagian-bagian hiasan yang menumpuk dan tidak rata.

6.      Tempelkan kancing pengait yang terbuat dari Kuningan pada bagian sisi depan kotak

7.      Potonglah kain beludru sesuai dengan ukuran bagian dasar kotak. Tempelkan kain beludru tersebut di dasar kotak dengan menggunakan lem PVA. Bagian ini memang tidak begitu penting. Tetapi kotak kayu ini memang akan lebih bagus jika bagian dalamnya dilapisi kain beludru. 

Demikianlah cara membuat kotak  kolase yang berbahan dasar kotak kayu bekas dan bahan-bahan yang mudah ditemui atau didapatkan di lingkungan tempat tinggal kita. Semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat  untuk kita sama. Dan apabila ada saran kritikan dan harapan silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

logoblog

No comments:

Post a Comment