Oct 14, 2020

Pembelajaran 6 Subtema 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan ) Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) Kelas 6

Bahasa Indonesia

Menentukan Informasi Penting pada Teks dalam Bentuk Peta Pikiran

Sebelumnya,  kamu sudah menentukan informasi si penting pada teks. Kali ini, kamu akan kembali menentukan informasi penting pada teks yang berbeda. Untuk menentukan informasi penting pada teks, kamu baca teks terlebih dahulu. Silakan, baca teks berikut ini dengan saksama.

Bandung Lautan Api

Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran yang terjadi di kota Bandung. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 23 Maret 1946. Peristiwa tersebut dilatarbelakangi keinginan untuk mencegah tentara sekutu dan NICA Belanda menjadikan kota Bandung sebagai markas strategi militer. Dalam waktu tujuh jam,  200 ribu  penduduk Bandung membakar rumah dan meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan Bandung. 

Peristiwa Bandung Lautan Api memicu kemarahan tentara  Inggris. Mereka tidak terima dan mulai melakukan penyerangan. Pertempuran yang paling besar terjadi di Desa Dayeuhkolot. Dalam pertempuran tersebut, dua anggota BRI (Barisan Rakyat Indonesia) berusaha untuk menghancurkan gudang amunisi sekutu.  Kedua tokoh tersebut adalah Muhammad Thaha dan Ramdan.  Berkat kegigihan para pejuang,  gudang amunisi sekutu berhasil dihancurkan.

 

Kamu sudah membaca teks Bandung Lautan Api.  dari teks tersebut, kamu bisa menentukan beberapa informasi penting. Informasi penting pada teks bisa kamu tuliskan dalam bentuk peta pikiran. Peta pikiran akan membuat kamu lebih mudah memahami informasi  pada teks. Kamu bisa menuliskan informasi pada teks Bandung Lautan Api seperti contoh berikut

Bandung Lautan Api

Apa :  Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung

Siapa :  peristiwa Bandung Lautan Api dilakukan oleh 200.000 penduduk Bandung

Kapan :  peristiwa Bandung lautan api terjadi pada tanggal 23 Maret 1946

Di mana :  peristiwa Bandung lautan api terjadi di kota Bandung Jawa Barat

Mengapa :  peristiwa Bandung Lautan Api terjadi untuk mencegah tentara sekutu dan NICA Belanda menjadikan kota Bandung sebagai markas strategi militer

Bagaimana : peristiwa Bandung Lautan Api,  Dalam waktu 7 jam 200.000 penduduk Bandung membakar rumah dan meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan Bandung.  peristiwa ini menimbulkan kemarahan tentara Inggris sehingga mulai melakukan penyerangan.  pertempuran yang paling besar terjadi di Desa Dayeuhkolot.  namun,  berkat kegigihan para pejuang, gudang amunisi sekutu berhasil dihancurkan

 

PPKN

Menampilkan Drama tentang Persatuan dan Kesatuan

Pada pembelajaran sebelumnya, Kamu sudah menyusun naskah drama tentang persatuan dan kesatuan. Kali ini, Kamu akan menampilkan naskah drama yang telah kamu buat. Kamu harus saling membantu jika teman mendapat kesulitan. Saat menampilkan drama, persatuan dan kesatuan juga dibutuhkan. Kamu harus menghargai kemampuan masing-masing.

Sebelum menampilkan drama,  ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Kamu harus memperhatikan kriteria penilaian  saat menampilkan drama. Dengan memperhatikan kriteria penilaian drama yang kamu tampilkan akan mendapatkan nilai yang baik. Berikut ini adalah kriteria penilaian saat menampilkan drama.

  1.  Drama sesuai dengan tema persatuan dan kesatuan.
  2.  Drama memuat contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
  3.  Drama memuat manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
  4.  Kerjasama tim dalam permainan drama dilaksanakan dengan baik.
logoblog

No comments:

Post a Comment