Oct 10, 2020

Pembelajaran 5 Subtema 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan ) Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) Kelas 6

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Upaya Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Pertempuran Surabaya adalah salah satu dari sekian banyak upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.  Masih banyak perjuangan lain yang dilakukan di berbagai daerah.  Misalnya,  pertempuran Ambarawa,  pertempuran Medan area,  Bandung Lautan Api,  Agresi Militer Belanda I,  Agresi Militer Belanda II.

Kamu dan teman-temannya mencari informasi tentang perjuangan mempertahankan  kemerdekaan.  mereka dibagi menjadi lima kelompok.  Mereka mencari informasi dari buku dan internet.  Setelah mendapatkan informasi mereka menuliskan dalam bentuk peta Pikiran. 

Makna Upaya Mempertahankan Kemerdekaan

Indonesia melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan kemerdekaan.  Upaya tersebut dilakukan melalui jalur diplomasi dan pertempuran. Upaya   mempertahankan kemerdekaan memiliki makna penting bagi bangsa Indonesia. Silakan  kamu simak makna upaya mempertahankan kemerdekaan berikut

Makna upaya mempertahankan kemerdekaan

1.     Mengukuhkan diri sebagai negara bebas.

2.     Meningkatkan daya juang bangsa.

3.     Meningkatkan rasa percaya diri bangsa.

4.     Mempertahankan persatuan dan kesatuan.

5.     Menunjukkan pada dunia kekuatan Indonesia.

Upaya Mempertahankan Kemerdekaan dalam Kehidupan Sehari-hari

Kamu sudah mengetahui makna upaya mempertahankan kemerdekaan.  Sebagai warga Indonesia,  kamu juga dapat turut serta dalam mempertahankan kemerdekaan.  Kamu bisa melakukan berbagai hal untuk mempertahankan. Silakan kamu perhatikan contoh upaya mempertahankan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari berikut.

Upaya mempertahankan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari

1.     Belajar dengan giat.

2.     Melestarikan kebudayaan.

3.     Tidak  membeda-bedakan teman. 

4.     Mengikuti upacara dengan hikmat.

5.     Menyelesaikan masalah dengan musyawarah.

No

Kelompok

Tugas

1

I

Mencari informasi tentang Pertempuran Ambarawa dan disajikan dalam bentuk peta pikiran

2

II

Mencari informasi tentang Pertempuran Medan Area dan disajikan dalam bentuk peta pikiran.

3

III

Mencari informasi tentang Bandung Lautan Api dan disajikan dalam bentuk peta pikiran.

4

IV

Mencari informasi tentang Agresi Militer Belanda I dan disajikan dalam bentuk peta pikiran.

5

V

Mencari informasi tentang Agresi Militer Belanda II dan disajikan dalam bentuk peta pikiran.

Seni Budaya dan Prakarya

Mengenal Tari Indang

Kamu akan mempelajari Tari Indang. Tari Indang sering juga disebut tari Badindin. Tari Indang berasal dari daerah Minangkabau Sumatera Barat, Tari Indang menyerupai tari saman yang berasal dari Aceh. tari ini termasuk salah satu tarian daerah yang dilandasi nilai-nilai persatuan dan kesatuan.

Tari Indang dilakukan secara berkelompok dengan gerakan yang rancak dan dinamis. Gerakan tari indang diawali pertemuan dua kelompok penari yang membentuk formasi berbanjar dari kiri ke kanan. Para penari duduk bersila dan melakukan gerakan simetris yang membutuhkan kerjasama serta kekompakan. Jika ditarikan penari laki-laki dan perempuan, posisi duduknya berselang-seling. Gerakan antara penari laki-laki dan perempuan bisa sama dan berbeda.

Tari Indang diiringi oleh dua jenis ragam bunyi. Bunyi pertama berasal dari tabungan alat musik tradisional khas Melayu, seperti rebana dan gambus. Kedua berasal dari syair yang dinyanyikan oleh seseorang. syair tersebut juga digunakan untuk memandu gerakan tari.

logoblog

No comments:

Post a Comment