Aug 9, 2020

Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan Pembelajaran 1 ( Kelas 6 )

Ilmu Pengetahuan Alam
Penyebab Kerusakan Hutan
Hutan sangat bermanfaat bagi manusia hewan dan lingkungan. Bagi manusia, hutan menyediakan bahan makanan dan kayu untuk bahan bangunan. Bagi hewan, hutan berfungsi sebagai sumber makanan, tempat tinggal, dan tempat berlindung. Sementara bagi lingkungan, hutan menyediakan udara bersih serta cadangan air yang melimpah.

Sayangnya, hutan semakin rusak akibat alih fungsi dan pembukaan lahan yang tidak terkendali. Hutan telah dialihfungsikan sebagai pemukiman penduduk. Sementara itu,pembukaan lahan juga banyak dilakukan untuk membuat lahan pertanian, perkebunan dan jalur transportasi. Akibatnya, lahan hutan yang dahulu luas semakin lama semakin berkurang.

Kerusakan hutan diperparah dengan maraknya penebangan liar. Penebangan pohon hutan yang tidak terkendali menyebabkan hewan-hewan kehilangan sumber makanan dan tempat tinggal. Banyak hewan hutan yang akhirnya terpaksa mencari sumber makanan ke pemukiman penduduk. Namun, hewan-hewan tersebut seringkali diburu manusia karena dianggap meresahkan. Akibatnya, hewan-hewan hutan lama-kelamaan akan punah akibat kelaparan dan perburuan.

Selain menyebabkan kepunahan hewan, penebangan liar juga menimbulkan berbagai dampak lain. Agar semakin memahami dampak penebangan liar, kamu dapat baca dengan seksama dampak yang ditimbulkan penebangan hutan secara liar berikut:
  1. Mengurangi kesuburan tanah
  2. Menyebabkan pemanasan global
  3. Menghilangkan habitat hewan dan tumbuhan yang ada di hutan
  4. Menyebabkan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor
  5. Mengurangi keanekaragaman hayati di hutan

Usaha Untuk Menjaga Kelestarian Hewan dan Tumbuhan
Jumlah penduduk Indonesia semakin hari semakin meningkat. Peningkatan jumlah penduduk Indonesia tersebut menyebabkan bertambah pula kebutuhan manusia Indonesia. Mencapai kebutuhan masyarakat Indonesia terkadang melakukan perburuan hewan dan penebangan pohon secara liar di hutan. Keadaan tersebut menyebabkan pelestarian keanekaragaman hewan dan tumbuhan menjadi terancam punah.

Hewan dan tumbuhan yang punah dapat menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu masyarakat Indonesia harus menjaga kelestarian keanekaragaman hayati dan hewani. Perhatikan contoh usaha manusia menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan berikut:
Menjaga kelestarian hewan
  1. Menaati peraturan larangan perburuan hewan.
  2. Menghindari jual beli hewan langka atau bagian tubuh hewan langka
  3. Membuat perlindungan tempat hewan atau penangkaran hewan
  4. Mengembangbiakan berbagai macam hewan
Menjaga kelestarian tumbuhan
  1. Menghindari penebangan pohon secara liar atau berlebihan
  2. Menebang pohon dengan sistem tebang pilih
  3. Menanam kembali hutan yang telah gundul
  4. Mengembangbiakan berbagai macam tumbuhan

Pentingnya Melestarikan Hewan dan Tumbuhan
Kamu sudah tahu bahwa jenis hewan dan tumbuhan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Oleh sebab itu, kamu perlu menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan agar tidak cepat punah. Baca dengan saksama berikut pentingnya melestarikan dan membudidayakan tumbuhan dan hewan:
1. Sebagai sumber makanan
Sumber makanan bagi manusia berasal dari hewan dan tumbuhan. Bagian tubuh hewan yang dimanfaatkan sebagai sumber makanan antara lain daging dan telur. bagian tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai sumber makanan adalah umbi,  batang, tunas, daun, bunga,buah,dan biji.
2. Sebagai kekayaan keanekaragaman makhluk hidup
Indonesia memiliki hewan dan tumbuhan yang bermacam-macam atau beraneka ragam. Setiap daerah memiliki jenis hewan dan tumbuhan yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Jika salah satu jenis hewan dan tumbuhan punah atau mati, masyarakat Indonesia akan kehilangan kekayaan keanekaragaman makhluk hidup.
3. Mempertahankan keseimbangan oksigen dan karbondioksida.
Tumbuhan memanfaatkan karbondioksida untuk berfotosintesis dan menghasilkan oksigen. Oksigen inilah yang digunakan makhluk hidup (manusia dan hewan) untuk bernapas. Makhluk hidup bernapas mengeluarkan karbondioksida. Dengan demikian seterusnya hingga terjadi keseimbangan jumlah karbondioksida dan oksigen di alam. 

Bahasa Indonesia
Menentukan Kesimpulan Teks Laporan Hasil Pengamatan
Kamu bisa mendapat pengetahuan baru dengan membaca laporan hasil pengamatan tentang hewan dan tumbuhan. Setelah membaca, kamu dapat menentukan kesimpulan cari teks laporan hasil pengamatan. Kesimpulan merupakan garis besar teks yang dibuat berdasarkan gagasan pokok dan informasi penting. Kesimpulan dibuat dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Membaca teks secara keseluruhan
  2. menemukan informasi penting yang terdapat pada teks
  3. menghubungkan gagasan pokok dan informasi yang diperoleh menjadi satu pernyataan.

Kamu sudah tahu cara menentukan kesimpulan pada teks. Kamu dapat belajar menentukan kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan berikut. Kamu harus baca baik-baik setiap kalimat pada teks laporan hasil pengamatan. Saat membaca, kamu catat informasi penting yang ada dalam teks berikut

Melestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka
Indonesia memiliki keanekaragaman hewan dan tumbuhan yang tersebar di berbagai daerah. Keanekaragaman hewan dan tumbuhan tersebut menjadi ciri khas daerah-daerah Indonesia. misalnya, gajah di Lampung dan komodo di Nusa Tenggara Timur. Gajah dan komodo merupakan hewan langka yang keberadaannya dilindungi oleh negara dan dunia internasional. bahkan, pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur diakui secara resmi sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia titik pulau Komodo telah menjadi taman nasional yang sering dikunjungi masyarakat dunia.
Keberadaan taman nasional bertujuan untuk melestarikan hewan dan tumbuhan langka. Misalnya, taman Nasional Bukit Barisan Selatan di Lampung yang melindungi gajah Sumatera, badak Sumatera dan harimau Sumatera. Ada juga taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara yang melindungi keanekaragaman hayati laut. Selain itu, ada taman Nasional Ujung Kulon di Banten untuk melindungi Badak Jawa.
Taman Nasional sangat penting untuk melestarikan hewan dan tumbuhan. saat ini, populasi hewan serta tumbuhan berkurang karena pertambahan jumlah penduduk Indonesia. Populasi hewan semakin berkurang juga diakibatkan adanya perburuan liar dan perusakan habitat asli.sementara itu, populasi tumbuhan semakin berkurang karena penebangan secara liar dan perusakan ekosistem hutan. Oleh sebab itu, upaya pelestarian hewan dan tumbuhan harus di lakukan secara berkesinambungan.

Kamu sudah membaca teks melestarikan hewan dan tumbuhan langka. Teks tersebut memuat informasi penting yang bisa dijadikan pelajaran. Kamu tuliskan kesimpulan sesuai informasi penting yang terdapat pada teks dengan kalimat sendiri.kamu gunakan kalimat yang mudah dipahami, kosakata baku dan ejaan yang tepat. Kamu bisa menuliskan kesimpulan teks seperti contoh berikut.

Indonesia memiliki keanekaragaman hewan dan tumbuhan yang menjadi ciri khas setiap daerah. Untuk melestarikan hewan dan tumbuhan di berbagai daerah, pemerintah membuat taman nasional. Sebab, populasi hewan dan tumbuhan yang berkurang perlu dilestarikan. Faktor penyebab berkurangnya populasi hewan dan tumbuhan antara lain pertambahan jumlah penduduk, perburuan liar, perusakan habitat asli, penebangan secara liar, dan perusakan ekosistem hutan.

Ilmu Pengetahuan Sosial
Kondisi Politik Negara-negara ASEAN
Hewan dan tumbuhan langka di berbagai negara ASEAN dengan undang-undang. Undang-undang tersebut dibuat sesuai dengan kondisi politik negara yang bersangkutan. Sebab, negara-negara ASEAN mempunyai bentuk pemerintahan yang berbeda-beda. Indonesia, Singapura, Filipina, Vietnan, Laos, dan Myanmar mempunyai pemerintahan berbentuk republik. sementara itu, Malaysia Thailand Brunei Darussalam dan Kamboja mempunyai pemerintahan berbentuk monarki atau kerajaan. untuk menambah pengetahuan tentang kondisi politik negara-negara ASEAN kamu dapat membaca dengan seksama penjelasan berikut. 
Secara singkat Kondisi politik dan sejarah berdirinya negara Singapura , Kamboja dan Vietnam berikut

A. Singapura
Negara Singapura ibukota Singapura. negara Singapura memiliki bentuk pemerintahan republik dan sistem pemerintahan adalah sistem parlementer parlementer. Kepala pemerintahan Singapura adalah perdana menteri. Singapura merdeka pada tahun 1965 tepatnya tanggal 9 Agustus dari federasi Malaysia lagu kebangsaan Singapura adalah majulah Singapura

Sejarah singkat Singapura didirikan oleh Sir Stamfort Raffles pada tahun 1819 Sir Stamfort Raffles adalah gubernur Inggris yang dilantik untuk memimpin salah satu pelabuhan Inggris di Bengkulu Sumatera. Di bawah pemerintahan kolonial Inggris Singapura menjadi pelabuhan yang sangat strategis. Singapura terletak di tengah-tengah jalur perdagangan antara India dan Tiongkok.

Semasa perang dunia ke-2, Singapura berada di bawah pendudukan tentara Jepang. Selepas perang,penduduk Singapura diperbolehkan menjalankan pemerintahan sendiri tetapi belum mencapai kemerdekaan. Pada tahun 1963, Singapura bergabung dengan tanah Melayu, Sabah,dan Serawak untuk membentuk federasi Malaysia. Pada tanggal 9 Agustus 1965,Singapura resmi menjadi sebuah republik dengan keluar dari federasi Malaysia.

B. Kamboja
Negara Kamboja beribukota Phnom Penh. Bentuk pemerintahan negara Kamboja adalah monarki konstitusional. sedangkan sistem pemerintahan negara Kamboja adalah parlementer. Kepala negara Kamboja dipimpin oleh raja. Kepala pemerintahan adalah perdana menteri. Negara Kamboja merdeka pada tahun 1953 tepatnya pada tanggal 9 November dari Perancis. Negara Kamboja memiliki lagu kebangsaan Nokoreach (Royal Kingdom)

Wilayah angker merupakan pusat pemerintahan kaisar Khmer pada abad 9 hingga 13. Pada tahun 1943, Khmer dikuasai oleh kerajaan Thai. Pada tahun 1863, raja norodom yang dilantik oleh kerajaan Thai mencari perlindungan pada Prancis.Kamboja menjadi daerah protektorat Perancis pada tahun 1867 hingga 1953 harga sebagai bagian dari koloni indocina Prancis.. meskipun sempat video duduki oleh kekaisaran Jepang dari tahun 1941 hingga 1945, Kamboja mendapatkan kemerdekaannya dari Perancis pada tanggal 9 November 1953.


C. Vietnam
Ibukota negara Vietnam adalah Hanoi. Bentuk pemerintahan negara adalah republik sosialis. Sedangkan sistem pemerintahannya menganut sistem parlementer. Kepala negara Vietnam adalah presiden, kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Vietnam merdeka pada tanggal 2 September 1945 dari Perancis. Lagu kebangsaan negara Vietnam adalah Tien Quan Ca (The song of the Marching Troops).

Pada tahun 179 sebelum Masehi hingga awal abad ke-16 Vietnam berada dalam kekuasaan raja-raja Tiongkok dan dinasti yang ada di Vietnam. Sekitar akhir abad ke-16, bangsa Perancis datang dan menduduki Vietnam sampai maksudnya tentara Jepang pada perang dunia 2. Setelah Jepang menyerah pada sekutu, Vietnam mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 2 September 1945. 



Namun, Prancis ingin kembali masuk ke Vietnam dengan alasan membantu pengaturan penyerahan tentara Jepang kepada sekutu. Perlawanan pertempuran melawan Perancis kembali meletus. Pada tahun 1954, benteng terakhir Prancis berada di Dien Nien Phu Jatuh dan menandai berakhirnya penjajahan Perancis di Vietnam.

Untuk melanjutkan mengerjakan Soal silakan Pencet/Klik/Tindis/Sentuh tulisan berwarna biru Soal Tanggal 10 Agustus 2010 dan menuliskan nama guru sama peris pada tulisan berwarna Biru berikut
BAHTIAR , bahtiar , Bahtiar .
Yang ketinggalan Mengerjakan Soal Sebelumnya Silakan buka  di Kumpulan Soal
logoblog

No comments:

Post a Comment