Bahasa Indonesia
Menentukan Informasi Penting pada Teks dalam Bentuk Peta Pikiran
Setelah memproklamasikan kemerdekaannya, Indonesia menjadi
bangsa yang merdeka. Namun, Indonesia masih harus berjuang
untuk mempertahankan kemerdekaan. Perjuangan tersebut diwujudkan dengan
perjuangan para pahlawan di berbagai pertempuran. demi mempertahankan
kemerdekaan, para pahlawan rela berkorban jiwa dan raga. Untuk itu,
kita harus mengenang jasa para pahlawan Indonesia.
Untuk mengenang jasa para pahlawan, kita dapat mempelajari
berbagai peristiwa sejarah tentang perjuangan bangsa Indonesia setelah
kemerdekaan. Informasi tersebut kita dapatkan dengan membaca teks. Sekarang,
kamu akan membaca teks pertempuran Surabaya ya untuk menggali informasi tentang
perjuangan bangsa Indonesia. Silakan, kamu baca teks berikut dengan
saksama.
Pertempuran Surabaya
Meskipun bangsa Indonesia telah memproklamasikan
kemerdekaannya. Perjuangan rakyat Indonesia belum berakhir. Tanggal 25
September 1945, tentara sekutu dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby datang
ke Indonesia untuk melucuti tentara Jepang. Kedatangan tentara sekutu
memicu perlawanan dari pemuda Indonesia. tanggal 27 hingga 30 Oktober
1945, pemuda Indonesia bertempur melawan pasukan Inggris dalam
pertempuran ini, pasukan Inggris berhasil dikalahkan.
Pertempuran antara pemuda Indonesia dan tentara Inggris mencapai
puncaknya saat Brigadir Jenderal Mallaby terbunuh. Akibatnya pada tanggal 9
November 1945, pemerintah Inggris mengultimatum rakyat Surabaya untuk
meletakkan senjata dan menyerahkan diri.
Ultimatum tersebut justru mengundang kemarahan rakyat
Surabaya. mereka pun bersepakat untuk mempertahankan Kota Surabaya ya dan
menjaga kedaulatan Indonesia. pada tanggal 10 November 1945,
pasukan Inggris melakukan penyerangan terhadap kota Surabaya, baik di jalur
darat, laut, maupun udara. untuk mengenang peristiwa perjuangan rakyat
dalam pertempuran Surabaya, setiap tanggal 10 November diperingati
sebagai hari Pahlawan.
Kamu sudah membaca teks Pertempuran Surabaya. Dari teks
tersebut, kamu bisa mendapatkan informasi penting. informasi pada teks
bisa digali dengan menggunakan kata tanya. Informasi penting pada teks
bisa kamu tuliskan dalam bentuk peta pikiran agar lebih mudah dipahami. Kamu
bisa menuliskan informasi pada teks Pertempuran Surabaya seperti
berikut.
Pertempuran Surabaya
Apa : Kedatangan tentara sekutu ke Indonesia memicu perlawanan
dari rakyat Indonesia.
Siapa : Kedatangan tentara sekutu Indonesia dipimpin oleh
Brigadir Jenderal Mallaby.
Kapan : Pada tanggal 27 hingga 30 Oktober 1945, Pemuda
Indonesia bertempur melawan pasukan Inggris. Puncak pertempuran terjadi
pada tanggal 10 November 1945.
Di mana : Pertempuran antara Pemuda Indonesia dan tentara
sekutu terjadi di Surabaya
Mengapa :
Tentara sekutu datang ke Indonesia untuk melucuti tentara Jepang
Bagaimana :
Kedatangan pasukan Inggris ke Indonesia mendapat perlawanan dari rakyat
Indonesia. terjadi pertempuran antara Pemuda Indonesia dan tentara
Inggris. Puncak pertempuran terjadi setelah berikan Jenderal Mallaby
terbunuh. pada tanggal 10 November 1945, pasukan Inggris melakukan
penyerangan terhadap kota Surabaya dari jalur darat laut dan udara.
Menuliskan Kembali Informasi Penting Pada Teks
Kamu sudah menentukan informasi penting pada teks pertempuran
Surabaya. Informasi pada peta pikiran tersebut bisa kamu tuliskan kembali
dengan mengembangkannya menjadi paragraf. Hal ini untuk memudahkan
kamu mengingat informasi yang sudah kamu temukan.
Saat menuliskan kembali informasi pada teks, Kamu perhatikan
penggunaan kalimat efektif. Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun
sesuai kaidah bahasa Indonesia dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia
(PUEBI). Kata-kata yang digunakan dalam kalimat efektif berupa kata-kata
baku. Agar lebih jelas, silakan kamu perhatikan ciri-ciri kalimat
efektif berikut ini.
Ciri-Ciri Kalimat Efektif
1. Ditulis menggunakan kosakata baku.
2. Bermakna logis dan mudah dipahami.
3. Tidak menggunakan dua kata atau lebih yang bermakna sama dalam
satu kalimat.
4. Terdiri atas struktur kalimat yang berurutan. Satu kalimat
minimal mempunyai subjek dan predikat.
Kamu sudah mengetahui ciri-ciri kalimat efektif. Kamu bisa
menuliskan kembali informasi penting yang yang terdapat pada teks. Kamu
gunakan kata-kata sendiri dengan memperhatikan penggunaan kalimat efektif. Yang
bisa menuliskan kembali informasi penting pada teks Pertempuran Surabaya
dalam bentuk paragraf seperti contoh berikut.
Pertempuran Surabaya
Pertempuran Surabaya diawali dengan kedatangan
tentara sekutu ke Indonesia yang bertujuan meliputi tentara Jepang. Kedatangan
sekutu mendapat perlawanan dari rakyat Indonesia tanggal 27 hingga 30 Oktober
1945, Pemuda Indonesia bertempur melawan pasukan Inggris di Surabaya.
Pertempuran Surabaya mencapai puncaknya setelah
Brigadir Jenderal Mallaby terbunuh. pada tanggal 10 November 1945,
pasukan Inggris menggempur kota Surabaya, baik dari jalur darat,
laut, maupun udara. Untuk mengenang perjuangan para pahlawan,
setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Upaya Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Pertempuran Surabaya adalah salah satu dari sekian banyak upaya
yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan
Indonesia. Masih banyak perjuangan lain yang dilakukan di berbagai
daerah. Misalnya, pertempuran Ambarawa, pertempuran Medan
area, Bandung Lautan Api, Agresi Militer Belanda I, Agresi
Militer Belanda II.
Kamu dan teman-temannya mencari informasi tentang perjuangan
mempertahankan kemerdekaan. mereka dibagi menjadi lima
kelompok. Mereka mencari informasi dari buku dan internet. Setelah
mendapatkan informasi mereka menuliskan dalam bentuk peta Pikiran.
Makna Upaya Mempertahankan Kemerdekaan
Indonesia melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan
kemerdekaan. Upaya tersebut dilakukan melalui jalur diplomasi dan pertempuran.
Upaya mempertahankan kemerdekaan memiliki makna penting bagi bangsa
Indonesia. Silakan kamu simak makna upaya mempertahankan kemerdekaan
berikut
Makna upaya mempertahankan kemerdekaan
1. Mengukuhkan diri sebagai negara bebas.
2. Meningkatkan daya juang bangsa.
3. Meningkatkan rasa percaya diri bangsa.
4. Mempertahankan persatuan dan kesatuan.
5. Menunjukkan pada dunia kekuatan Indonesia.
Upaya Mempertahankan Kemerdekaan dalam Kehidupan Sehari-hari
Kamu sudah mengetahui makna upaya mempertahankan
kemerdekaan. Sebagai warga Indonesia, kamu juga dapat turut serta
dalam mempertahankan kemerdekaan. Kamu bisa melakukan berbagai hal untuk
mempertahankan. Silakan kamu perhatikan contoh upaya mempertahankan kemerdekaan
dalam kehidupan sehari-hari berikut.
Upaya mempertahankan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari
1. Belajar dengan giat.
2. Melestarikan kebudayaan.
3. Tidak membeda-bedakan teman.
4. Mengikuti upacara dengan hikmat.
5. Menyelesaikan masalah dengan musyawarah.
Ilmu Pengetahuan Alam (I P A)
Ciri Khusus Bebek Terkait Habitatnya
Berkaitan dengan habitatnya, bebek memiliki ciri khusus .
bebek merupakan hewan yang berhabitat di darat. Namun, bebek
biasanya mencari makan di daerah yang berair atau berlumpur, seperti
kolam, sungai, atau danau yang dangkal. Mempermudah mencari makan di
tempat yang berlumpur, bebek memiliki paruh agak panjang dan lebar.
Selain itu, kaki bebek berukuran pendek dan di sela-sela kakinya
terdapat selaput kulit. Selaput kulit di kaki bebek berfungsi untuk membantu
bebek ketika berenang. Selaput kulit tersebut juga memudahkan bebek
untuk berjalan di tempat yang berlumpur. Dengan demikian, bebek tidak
akan kesulitan mencari makan di tempat berlumpur.
Bebek juga memiliki bulu yang dilapisi minyak. Lapisan
minyak pada bulu bebek berfungsi menjaga agar tubuhnya tetap dalam keadaan
kering. Selain itu, bulu bagian dalam yang lebih halus juga
membantu bebek menghangatkan tubuhnya setelah berenang.
Ciri-ciri Khusus Hewan dan Habitatnya
Hewan yang ada di sekitar kita sangat beragam. Setiap jenis
hewan memiliki ciri khusus tertentu. Ciri khusus tersebut menjadi pembeda
antara jenis hewan dengan yang lainnya. Ciri khusus hewan berkaitan
dengan habitat atau tempat tinggalnya. silakan kamu baca ciri khusus dan
habitat hewan berikut.
No
|
Nam
Hewan
|
Ciri
Khusus
|
Nama
Hewan
|
1
|
Ayam
|
1.
Paruh panjang yang runcing
2.
Memiliki cakar yang panjang
3.
hampir seluruh tubuh ditutupi bulu
|
Lingkungan yang banyak tanah dan dan semak
|
2
|
Bebek
|
1.
Paruh agak panjang dan lebar
2.
kaki berselaput,
3.
leher panjang,
4.
bulu berlapis minyak.
|
Lingkungan darat dan perairan dangkal
|
3
|
Ikan
|
1.
Memiliki sirip untuk berenang memiliki
2.
insang untuk bernapas
3.
memiliki sisik dan lendir
|
Lingkungan yang berair
|
4
|
Cicak
|
1.
Bagian telapak kaki menonjol untuk
melekat,
2.
lidah panjang dan lengket,
3.
dapat memutuskan ekornya
|
Lingkungan bertanah dan dinding atap rumah
|
Hubungan Ciri Khusus Hewan dan Habitatnya
Kamu sudah tahu ciri khusus dan habitat dari beberapa hewan.
Kamu bisa menyimpulkan hubungan antara ciri khusus dan habitat. Kamu bisa
mendiskusikan bersama teman-teman. Lalu, kamu bisa menuliskannya
seperti contoh berikut ini.
Hubungan ciri khusus hewan dan habitat
Setiap hewan memiliki ciri khusus sesuai habitatnya. Ciri
khusus menjadi pembeda dengan jenis hewan lain. Selain itu, ciri
khusus menjadikan hewan mampu bertahan hidup di habitatnya. Ciri khusus
juga memudahkan hewan beraktivitas dan mendapatkan makanan.
Mengamati Ciri Khusus Hewan dan Habitatnya
Kamu sudah mengetahui ciri khusus dan habitat dari beberapa
hewan. Masih banyak ciri khusus pada berbagai jenis hewan. Sekarang,
kamu akan mengamati ciri khusus beberapa hewan lain beserta habitatnya.
Kamu dapat mencari dari berbagai sumber bacaan. kemudian, kamu bisa
menuliskan hasil pengamatan pada tabel . Silakan kamu perhatikan contoh tabel
pengamatan berikut:
No
|
Nam
Hewan
|
Ciri
Khusus
|
Nama
Hewan
|
1
|
Kelelawar
|
1.
sayap membentang antara tulang tulang
jari dan tulang lengan yang berfungsi untuk terbang dalam jarak jauh,
2.
jari kaki bercakar panjang dan
melengkung untuk mencengkram dinding gua atau ranting pohon,
3.
sistem pendengaran dan penciuman sangat
tajam untuk mencari menemukan sumber makanan dengan jarak jauh.
|
lingkungan yang gelap dan lembab seperti gua dan batu-batu
Karang
|
2
|
Unta
|
1.
Punuk unta berfungsi sebagai tempat
menyimpan cadangan air dan lemak dari makanan yang telah dikonsumsi,
2.
telapak kaki memiliki bantalan kulit
yang keras untuk berjalan di pasir yang panas,
3.
bulu mata panjang untuk melindungi mata
dari debu
|
lingkungan yang gersang dan kering seperti gurun pasir
|
3
|
Cheetah
|
1.
Tubuh berwarna kuning kecoklatan dengan
bintik hitam digunakan untuk berkamuflase,
2.
kaki dan tungkai panjang untuk berlari
dengan langkah panjang,
3.
ekor panjang untuk menjaga keseimbangan
dan mengendalikan kecepatan saat lari.
|
daerah kering, terbuka, dan padang rumput
|
4
|
semut
|
1.
antena yang berfungsi sebagai alat indra
dan alat interaksi sesama semut,
2.
dapat mengeluarkan bau khusus jika dalam
bahaya,
3.
bau khusus juga digunakan sebagai alat
komunikasi sesama semut
|
lingkungan tanah yang bersuhu sedang dan menempel pada
pohon-pohon
|
5
|
Burung hantu
|
1.
Pupil mata dapat menyerap cahaya pada
malam hari sehingga memudahkan mencari mangsa,
2.
bulu menjulang ke atas di bagian kepala
untuk mengarahkan suara masuk ke telinga,
3.
ulu halus untuk membantu terbang tanpa
suara,
|
hutan dengan suhu udara dingin
|
6
|
penguin
|
1.
bulu tebal dan bagian bawah kulit
terdapat lemak untuk menghangatkan tubuh,
2.
sayap dan kaki berselaput untuk berenang
dan menyelam,
3.
tubuh bagian dalam berwarna putih dan
tubuh bagian luar berwarna hitam gelap untuk berkamuflase
|
daerah dengan suhu udara yang sangat dingin seperti Kutub Utara.
|
Kamu sudah membaca ciri khusus dan ciri habitat beberapa
jenis hewan. Kamu juga sudah menuliskan ciri khusus setiap hewan dan
habitatnya. dari hasil membaca tersebut kamu bisa membuat
kesimpulan. kamu bisa menuliskan kesimpulan seperti contoh berikut:
Kesimpulan :
Setiap jenis hewan memiliki ciri khusus yang berbeda-beda.
ciri khusus hewan disesuaikan dengan habitatnya
Kerjakan Soal Beriku
No comments:
Post a Comment