Oct 18, 2020

Pembelajaran 1 Subtema 3 (Bersatu Kita Teguh ) Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) Kelas 6

Bahasa Indonesia

Mendiskusikan Kata Baku pada Teks

Menjaga dan bangsa adalah tugas seluruh rakyat Indonesia. Sebagai pelajar, sama juga harus bersatu meski berbeda suku, ras dan agama. Kita wujudkan  persatuan dengan tidak membeda-bedakan teman. Kamu bisa bermain dan dengan semua teman. Dengan bersatu, kamu akan  mendapatkan  hasil yang diinginkan dengan maksimal. 

Sekarang, kamu akan berdiskusi dengan teman. Kamu akan diskusikan kata baku yang digunakan pada teks. Sebelum  memulai diskusi, kamu baca teks terlebih dahulu. Kamu silakan baca teks berikut dengan saksasama.

 

Penyelamatan Naskah Asli Proklamasi

Upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada upacara tersebut dibacakan teks proklamasi. Asli proklamasi awalnya ditulis tangan oleh Insinyur Soekarno kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Setelah Sayuti Melik mengetik,  naskah tulisan tangan Insinyur Soekarno diremas dan dibuang ke tempat sampah.

Naskah tulisan tangan Insinyur Soekarno tersebut kemudian diambil oleh Burhanuddin Mohammad Diah  atau B.M. Diah. Ia adalah seorang pemuda yang hadir saat persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia. menurut B.M. Diah,  naskah tersebut memiliki nilai sejarah tinggi sehingga ingin menyimpannya.

 B.M. Diah  menyimpan naskah asli proklamasi selama 46 tahun 9 bulan 19 hari. Naskah tersebut kemudian dikembalikan kepada bangsa Indonesia. B.M. Diah menyerahkan naskah asli proklamasi kepada Presiden Soeharto pada hari Selasa tanggal 19 Mei 1992. Naskah asli proklamasi kemudian disimpan di Arsip Nasional RI Jakarta. Berkat B.M. Diah kini bangsa Indonesia dapat melihat naskah asli proklamasi.

 

 

Kamu sudah membaca teks berjudul penyelamat naskah asli proklamasi. Kamu akan mendiskusikan kata-kata baku yang digunakan dalam teks tersebut bersama teman-teman. Namun, sebelum memulai diskusi kamu bisa mengingat kembali materi kata baku. Untuk mengingatnya kamu bisa menyimak atau membaca penjelasan singkat berikut.

Kata baku adalah ah kata yang ditulis dan disusun sesuai kaidah dalam pedoman umum ejaan bahasa Indonesia (PUEBI). Kata baku biasa digunakan dalam situasi resmi. Berikut ini adalah contoh kata baku dan tidak baku dalam bahasa Indonesia.

Kata Baku

Kata Tdak

1.     Nasihat

2.     Apotek

3.     Atlet

4.     Legalisasi

5.     Kuitansi

1.     Nasehat

2.     Apotik,

3.     Atlit

4.     Legalisir

5.     Kwitansi.

Setelah mengingat materi tentang kata baku, kamu bisa berdiskusi untuk menentukan kata kata baku yang terdapat pada teks. Kamu amati setiap kata yang menyusun teks tersebut. Kamu tentukan apakah kata-kata pada teks tersebut merupakan kata kata baku atau bukan. Kamu tuliskan juga alasan dari jawaban tersebut. kamu bisa menuliskan hasil diskusi tersebut seperti contoh berikut.

Hasil diskusi : Kalimat yang terdapat pada teks penyelamat naskah asli proklamasi disusun menggunakan kata baku.

Alasan : karena semua kata yang digunakan dituliskan sesuai dengan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia.

 

Menentukan Informasi Penting pada Teks dalam Bentuk Peta Pikiran

Kamu sudah mengetahui bahwa kata-kata yang digunakan pada teks penyelamat naskah asli proklamasi merupakan kata baku. Dari teks tersebut, kamu bisa mendapatkan informasi penting. Informasi pada teks bisa digali dengan mengajukan pertanyaan  dengan menggunakan kata tanya. Informasi penting pada teks bisa kamu tuliskan dalam bentuk peta pikiran untuk mempermudah pemahaman. Kamu bisa menuliskan informasi penting pada teks tersebut  Penyelamat Naskah Asli Proklamasi seperti contoh berikut.

 

Penyelamat Naskah Asli Proklamasi

Aapa:  Naskah asli proklamasi yang ditulis oleh Soekarno awalnya dibuang ke tempat sampah.

Siapa : B.M. Diah adalah seorang pemuda yang hadir pada saat persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia. B.M. Diah adalah orang yang menyimpan naskah Proklamasi tulisan tangan Insinyur Soekarno setelah tempat dibuang di tempat sampah. 

Kapan:  setelah 46 tahun 9 bulan 19 hari tersimpan, BM dia membawa naskah asli Proklamasi dan menyerahkan kepada Presiden Soeharto pada hari Selasa pagi pada tanggal 19 Mei 1992 pada pukul 10.30 Waktu Indonesia Barat.

Di mana:  naskah Proklamasi tersebut kini disimpan rapi di Arsip Nasional RI, Jakarta.

Mengapa: naskah asli proklamasi yang sudah dibuang ke tempat sampah diambil dan disimpan kembali oleh B.M. Diah karena menurutnya naskah tersebut memiliki nilai sejarah tinggi.

Bagaimana : berkat tindakan B.M Diah menyimpan naskah asli tersebut, kini  bangsa Indonesia  dapat melihat naskah asli proklamasi dan belajar kejadian tersebut. 

 

Ilmu Pengetahuan Sosial

Manfaat Kemerdekaan bagi Kesejahteraan Rakyat

Sebelum kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, rakyat Indonesia menjalani kehidupan yang sulit. Kebijakan yang diterapkan oleh penjajah membuat rakyat hidup sengsara. Untuk itulah, rakyat Indonesia berjuang keras untuk mendapatkan kemerdekaan. Rakyat bahkan siap berperang demi tercapainya cita-cita tersebut.setelah dibacakan proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia menjadi di bangsa yang merdeka dari segala bentuk penjajahan. Setiap warga negara Indonesia berhak menikmati kemerdekaan tersebut. Namun, setiap warga negara berkewajiban pula untuk menjaga kemerdekaan.

Kemerdekaan yang diraih bertujuan untuk menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Kita dikatakan sejahtera jika mampu meraih kemajuan spiritual, intelektual, sosial dan finansial. Semua kemajuan tersebut bisa diperoleh setelah adanya proklamasi kemerdekaan. kemerdekaan memberikan kebebasan dalam melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama yang dianut. Kemerdekaan juga memberikan kebebasan untuk berkarya dan menambah wawasan. Kemerdekaan pun membebaskan kita untuk bersosialisasi dengan berbagai pihak. Selain itu, kemerdekaan membuat kita bebas untuk melakukan pekerjaan sesuai kemampuan.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kemerdekaan membawa pengaruh besar bagi bangsa Indonesia. kemerdekaan Memberikan manfaat bagi segenap rakyat Indonesia. Kali ini, kamu akan  mempelajari manfaat kemerdekaan bagi petani, pedagang dan pelajar.  Silakan,  kamu simak penjelasan berikut ini:

Manfaat Kemerdekaan bagi Kesejahteraan Petani

Pada zaman penjajahan, petani harus membayar pajak tanah sebanyak seperlima dari hasil panen tahunan. Menjual hasil bumi kepada penjajah, dan mengikuti tanam paksa. Setelah kemerdekaan, petani tidak perlu membayar pajak tanah dan tidak ada kegiatan tanam paksa. Petani juga bebas menanam dan menjual  hasil tanaman kepada siapa saja.

Manfaat Kemerdekaan bagi Kesejahteraan Pedagang

Pada zaman penjajahan, kegiatan perdagangan dimonopoli oleh penjajah. Akibatnya, pedagang tidak memiliki kebebasan karena perdagangan dikuasai oleh penjajah. Selain itu, hasil bumi juga harus dijual ke penjajah dengan harga murah. Setelah kemerdekaan, para pedagang bebas untuk melakukan perdagangan tanpa monopoli.

Manfaat Kemerdekaan bagi Kesejahteraan Pelajar

Pada zaman penjajahan, pendidikan diberikan untuk mencari pegawai pemerintahan kolonial/ penjajah. Pendidikan hanya diperbolehkan untuk kaum laki-laki dan kaum bangsawan. Setelah kemerdekaan, dapat diperoleh untuk semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Pendidikan juga tidak hanya ditujukan untuk mencari pegawai pemerintahan.

 

Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Kesejahteraan meliputi seluruh bidang kehidupan manusia. Mulai dari ekonomi, sosial, budaya Iptek dan pertahanan keamanan (harkamnas). Kesejahteraan dapat terwujud jika hidup rukun. Kerukunan membuat rakyat dapat bekerja sama dalam mencapai tujuan, yaitu meningkatkan kesejahteraan bersama.

Meningkatkan kesejahteraan rakyat merupakan tanggung jawab pemerintah. Akan tetapi, setiap warga negara dapat ikut serta dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Misalnya, dengan membuka lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran. Kita juga bisa mendukung program-program yang dicanangkan oleh pemerintah.

Sebagai seorang pelajar, kamu juga dapat ikut serta meningkatkan kesejahteraan rakyat. Misalnya, dengan keberhasilan dalam belajar. Keberhasilan  dalam belajar dapat dicapai dengan berbagai upaya. Berikut ini adalah contoh upaya yang bisa kamu lakukan agar dapat meraih kesuksesan dalam belajar.

1.      Belajar dengan rajin

2.      Mematuhi Nasehat Guru

3.      Membuat kelompok belajar

4.      Mendengarkan penjelasan guru dengan baik

5.      Bertanya kepada guru kata teman jika tidak memahami materi

 

Ilmu Pengetahuan Alam 

Manfaat Tumbuhan Beluntas

Beluntas termasuk salah satu tumbuhan semak. Biasanya, beluntas tumbuh sebagai tanaman liar. Habitat beluntas adalah daerah kering pada tanah yang keras dan berbatu. Sebagai bentuk penyesuaian penyesuaian diri terhadap lingkungan, beluntas mempunyai berbagai ciri khusus. beluntas memiliki banyak cabang dan buluh serta rusuk yang halus.

Tumbuhan beluntas dapat tumbuh tinggi mencapai tiga meter. Oleh karena itu, belum tanaman. Beluntas ditanam di halaman rumah sebagai pagar hidup. Selain itu, beluntas ditanam untuk dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Daun beluntas dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan nafsu makan. Belum tahu juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan demam.

Manfaat Tumbuhan bagi Manusia dan Lingkungan

Kamu sudah mengetahui manfaat tumbuhan beluntas.  Selain beluntas, banyak tumbuhan di sekitar kita yang bermanfaat bagi manusia. Dan  lingkungan. sebagian besar tumbuhan dapat kamu manfaatkan, mulai dari daun hingga akar. 

Manfaat Keong Sawah

Keong sawah sering disebut dengan tutut. Habitat keong sawah adalah perairan dangkal yang memiliki dasar lumpur. Keong sawah dapat hidup di sawah, rawa-rawa, tepi danau, dan tepi sungai. Keong sawah sering dibasmi oleh petani karena dianggap sebagai hama bagi tanaman.

Walaupun dianggap sebagai hama, keong sawah sering dimanfaatkan untuk membersihkan lumut atau  rumput  yang tumbuh mengambang di kolam ikan.  Selain itu, keong sawah juga sering diolah sebagai makanan. Sebagai bahan makanan, keong sawah kaya akan protein. Namun, perlu diwaspadai karena keong sawah merupakan inang dari beberapa parasit penyebab penyakit.

Manfaat Hewan bagi Manusia dan Lingkungan

Kamu sudah membaca teks Untuk  manfaat keong sawah. Di sekitar kita juga terdapat berbagai jenis hewan lain yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Tidak hanya itu, hewan juga berguna bagi keseimbangan lingkungan. Silakan, kamu simak beberapa manfaat hewan pada tayangan berikut.

Menentukan Manfaat Hewan dan Tumbuhan bagi Manusia

Kamu sudah mempelajari berbagai macam manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia dan lingkungan. Masih banyak jenis hewan dan tumbuhan yang bermanfaat bagi kehidupan. Sekarang, kamu akan menentukan hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar kita. Kamu juga bisa menentukan habitatnya.  kamu bisa menuliskan dalam tabel seperti contoh berikut.

  1. Manfaat Hewan bagi Manusia

No

Hewan

Habitat

Manfaat

1.

Ayam

Lingkungan yang banyak tanah dan semak-semak

·       Daging dan telurnya dapat menjadi sumber makanan

·       Kotorannya dapat diolah menjadi pupuk organik

2.

Sapi

Lingkungan rerumputan dan perkebunan

·       Daging dan  susunya dapat menjadi sumber bahan makanan

·       Kotorannya dapat diolah menjadi pupuk organik.

3.

Ikan

Ikan lingkungan berair

·       Dagingnya dapat menjadi sumber bahan makanan.

4.

Ulat sutra

Daun murbei

·       Serat kepompong yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat sandang

 

2.     Manfaat Ttumbuhan bagi Manusia

No

Tumbuhan

Habitat

Manfaat

1.

Sirih

Daerah yang lembab

Daunnya dapat mengobati mimisan dan gatal-gatal

2.

Bayam

Dataran tinggi

Daunnya dapat menjadi sumber bahan makanan.

3.

Kelapa

Daerah tropis yang lembab

·       Buahnya dapat menjadi sumber  bahan makanan dan minuman.

·       Batangnya dapat digunakan sebagai bahan bangunan.

4.

Pandan 

 

Daerah lembab dengan curah hujan tinggi

Daunnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pewarna alami dan penyedap makanan.

5.

Jati.

 

 

lereng Pegunungan

·       Batangnya dapat menjadi bahan bangunan

·       perabotan rumah tangga dan daunnya dapat dimanfaat sebagai pembungkus makanan

 Kerjakan Soal Berikut

logoblog

No comments:

Post a Comment