Oct 20, 2020

Pembelajaran 2 Subtema 3 (Bersatu Kita Teguh ) Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) Kelas 6

Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan

Kewajiban Rakyat Untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh merupakan semboyan yang sering kita dengar. Semboyan tersebut sangat bermakna bagi bangsa Indonesia. Secara harfiah, bersatu kita teguh bermakna bersatunya berbagai unsur dan perbedaan membentuk keutuhan sehingga memunculkan kekuatan. Sementara itu bercerai kita runtuh dapat kita maknai hilangnya rasa saling menghargai dan mempercayai sehingga dapat menyebabkan kehancuran.

Sejarah membuktikan bahwa kemerdekaan berhasil diraih berkat adanya persatuan dan kesatuan rakyat. Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting, baik dalam rangka tersebut mempertahankan maupun mengisi kemerdekaan. Persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia yang terdiri berbagai suku agama dan ras.

Persatuan juga dibutuhkan untuk menjaga kedaulatan wilayah Indonesia yang sangat luas.  Oleh karena itu, kita perlu menerapkan perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan. Berikut ini adalah contoh yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dan dalam kehidupan sehari-hari.

1.     Mengikuti kegiatan kerja bakti di sekolah atau di masyarakat.

2.     Mengikuti upacara bendera dengan hikmat.

3.     Mendukung festival kebudayaan daerah.

4.     Mempelajari budaya daerah lain.

5.     Ikut bergotong-royong mengatasi bencana.

 

Menulis Cerita tentang Persatuan Kehidupan Sehari-hari

Cerita tentang persatuan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu manfaat persatuan di Indonesia adalah terhindar dari perselisihan yang berakar dari perbedaan suku, budaya, serta agama. Jika tidak ada persatuan, kamu akan merasa takut untuk berkunjung ke daerah lain. Kamu pasti pernah merasakan maupun mengalami manfaat dari Persatuan. Kamu dapat menuliskannya seperti  pengalaman Edi berikut.

 

Liburan ke Bunaken

Saat liburan kemarin, aku dan keluargaku berlibur ke Bunaken. Di sana, Kami menyewa mobil agar lebih mudah bepergian. Di perjalanan, kami tertimpa musibah. Ban mobil yang dikendarai mengalami kebocoran. Kami juga ga karena tidak tahu di mana ada penambal ban terdekat. Untungnya, kami melihat rumah warga dekat tempatkan memarkir mobil. Ayah ke sana untuk menanyakan tempat penambal ban terdekat.

Pemilik rumah tersebut bernama Bapak Koly. Bapak Koly  adalah warga asli Bunaken.  Jadi, Bapak Koly  dan keluargaku berbeda suku.  Meski demikian,Bapak Koly  tidak keberatan membantu kami. Bapak Koly tidak hanya menunjukkan tempat penambal ban terdekat. Bapak Koly  bahkan menawarkan diri untuk memanggilkan penambal ban. Kami diminta menunggu saja di mobil. Tidak lama, penambal ban datang dan segera menambal ban mobil kami.

Dari Kejadian ini, aku menyadari pentingnya dan kesatuan di Indonesia. Meskipun berbeda suku dan agama. Bapak Koly tetap mau membantu kami.  Saling membantu saat kesulitan merupakan salah satu perwujudan dari persatuan dan kesatuan. Dengan persatuan dan kesatuan,  masalah yang kita alami bisa diselesaikan dengan mudah.  Untuk itu,  kita perlu menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan bangsa Indonesia.

 

Seni Budaya dan Prakarya 

Membuat Catatan di Penampilan Tari Indang

Pada subtema sebelumnya,  kamu sudah belajar tentang tari Indang. Kamu juga sudah memperagakan gerakan gerakan pada tari Indang. Sekarang,  kamu akan belajar dan memperhatikan pola lantai tari Indang.  Pola lantai pada tari Indang adalah garis lurus mendatar dari samping kiri ke kanan atau sebaliknya.

Kamu bisa memperhatikan pola lantai tari Indang Bersama temanmu. Kamu lakukan dengan kompak. Bisa menampilkan Tari Indang. Saat kelompok lain tampil, sebaiknya kamu perhatikan dengan saksama.  Kamu juga bisa memberikan batang yang berisi komentar dan saran terhadap penampilan teman kamu. kamu bisa membuatnya seperti contoh  yang dibuat Edi berikut ini 

Catatan Penampilan kelompok Yunus

Komentar : kelompok Yunus menampilkan Tari Indang dengan cukup kompak. Namun,  masih ada anggota kelompok yang sering lupa gerakan.  Akibatnya gerakannya sering tertinggal anggota kelompok lain. Kelompok Yunus menampilkan Tari Indang sesuai pola lantainya.

Saran: sebaiknya kelompok Yunus lebih sering melakukan latihan agar semua anggota kelompok bisa menghafal seluruh gerakan. 

 

Memperagakan Pola Lantai Tari Persembahan Melayu

Selain Tari Indang, kamu bisa memperagakan pola lantai tarian daerah lain.  Misalnya, kamu dapat mempraktekkan pola lantai Tari Persembahan Melayu dari Riau.kamu bisa memperagakannya bersama teman-teman kamu. Saat memperagakannya kamu harus kompak dan serempak silakan kamu amati dan perhatikan contoh gerakan dan pola lantai pada tayangan.

Setelah Menonton Video di atas silakan kerjakan Soal Berikut 
logoblog

No comments:

Post a Comment