Oct 25, 2020

Pembelajaran 3 Subtema 3 (Bersatu Kita Teguh ) Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) Kelas 6

Ilmu Pengetahuan Alam

Poster Melestarikan Tumbuhan

Kita harus bersyukur kepada Tuhan karena Tuhan menganugrahkan tumbuhan kepada kita. Terlebih,  tumbuhan sangat bermanfaat bagi kehidupan. kita dapat mensyukuri dengan cara  menjaga kelestarian tumbuhan.

Kamu perlu menjaga kelestarian tumbuhan agar kehidupan menjadi Sejahtera. Upaya menjaga kelestarian tumbuhan harus dilakukan secara bersama-sama. Kamu bisa saling membantu menyebarluaskan upaya pelestarian tumbuhan. Salah satu caranya adalah dengan membuat poster.

Dalam membuat poster Upaya pelestarian tumbuhan, ada ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. poster harus memuat jenis habitat atau tumbuhan yang akan dilestarikan. kan tumbuhan juga harus dituliskan dalam poster. kamu juga harus menuliskan kalimat ajakan untuk melestarikan tumbuhan.  silakan kamu perhatikan contoh poster pelestarian tumbuhan berikut. 

Menceritakan Poster Melestarikan

Kamu sudah membaca contoh poster pelestarian tumbuhan bakau. Kamu bisa menceritakan poster kepada temanmu. Kamu bisa menceritakannya dengan bahasa  kamu sendiri. Kamu dapat menceritakan seperti Edi berikut ini. 

Tumbuhan bakau merupakan tumbuhan yang hidup di daerah pesisir dan muara pantai. Tumbuhan bakau bermanfaat untuk melindungi garis pantai dari pengikisan .Selain itu, tumbuhan bakau dapat meredam gelombang air yang besar seperti tsunami.

Tumbuhan bakau juga dapat mengubah gas buangan menjadi gas yang layak dihirup oleh manusia. Selain itu, tumbuhan bakau juga digunakan sebagai tempat tinggal dan sumber makanan bagi beberapa jenis hewan laut. Oleh sebab itu kita harus selalu menjaga kelestarian tumbuhan bakau.

 

Bahasa Indonesia 

Menentukan Informasi Penting pada Teks dalam Bentuk Peta Pikiran

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah pernah menentukan informasi penting pada teks. Kamu tahu bahwa setiap teks memuat informasi penting.  Informasi adalah pesan atau sekumpulan pesan yang memiliki makna. Kali ini, kamu akan kembali membuat atau menentukan informasi penting pada teks yang berbeda. namun sebelumnya, silakan baca dengan saksama teks berikut 

Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih

Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih merupakan sebutan bagi bendera bangsa Indonesia. Merah memiliki arti berani dan melambangkan manusia. Sementara, putih  dan berarti suci dan melambangkan jiwa manusia. Kedua saling melengkapi tidak terpisahkan.

Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih dibuat pada tahun 1944 oleh Ibu Fatmawati istri Presiden Soekarno. Bendera tersebut dibuat dari katun Jepang yang berukuran 276 x  jam 200 cm. Sejak tahun 1946 sampai tahun 1998, Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih hanya dikibarkan saat ulang tahun kemerdekaan Indonesia.

Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih kini disimpan dan dipelihara cara di Monumen Nasional Jakarta. untuk menggantikannya, sejak tahun 1969 pemerintah membuat duplikat bendera merah putih dengan ukuran 200 x 300 cm. Bendera duplikat inilah yang dikibarkan di Istana Kepresidenan saat perayaan ulang tahun kemerdekaan Indonesia. 

Kamu sudah menyimak atau membaca teks Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih. Dari teks tersebut,  kamu mendapatkan informasi penting. Informasi tersebut bisa kamu gali dengan mengajukan pertanyaan. Kamu bisa menuliskan informasi penting pada teks dalam bentuk peta pikiran agar lebih mudah dipahami. Sekarang perhatikan contoh berikut ini 

Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih

Apa :Bendera pusaka sang saka merah putih merupakan sebutan bagi bendera bangsa Indonesia.

Siapa :Bendera pusaka sang saka merah putih pertama kali dibuat oleh Ibu Fatmawati istri Presiden Soekarno

Kapan :Sejak tahun 1946 sampai 1964, bendera pusaka sang saka merah putih dikibarkan saat ulang tahun kemerdekaan Indonesia.

Di mana :Bendera pusaka kini disimpan di Monumen Nasional Indonesia 

Mengapa :Warna merah dan putih pada bendera bangsa Indonesia saling melengkapi karena merah memiliki arti berani dan melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih berarti suci dan melambangkan jiwa manusia.

Bagaimana :Bendera pusaka sang saka merah putih terakhir dikibarkan tahun 1968 karena usianya sudah tua. untuk menggantikan bendera pusaka Pemerintah membuat duplikat dengan ukuran 300 x 200 cm.

Menuliskan Kembali Informasi Penting pada Teks 

Kamu sudah menentukan informasi penting pada teks sang saka merah putih. Informasi pada peta pikiran tersebut bisa kamu tuliskan kembali dengan mengembangkannya menjadi sebuah paragraf. Dengan demikian, kamu akan semakin ingat dengan informasi yang sudah kamu temukan. Saat menuliskan kembali informasi pada teks, kamu gunakan kalimat efektif. Selain itu, saat  menuliskannya kamu gunakan juga kata-kata baku. kamu bisa menuliskannya seperti contoh berikut ini

Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih

Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih merupakan sebutan bagi bendera bangsa Indonesia. Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang asli dijahit oleh Ibu Fatmawati pada tahun 1944. Bendera tersebut hanya dikibarkan saat upacara peringatan kemerdekaan Indonesia. Warna merah pada bendera memiliki arti berani dan melambangkan tubuh manusia. Sementara itu, warna putih Berarti suci dan melambangkan jiwa manusia. Kini, bendera pusaka Nasional. Bendera pusaka sang saka terakhir dikibarkan  Pada tahun 1964. Untuk menggantikan bendera pusaka tersebut pemerintah membuat duplikat bendera.

logoblog

No comments:

Post a Comment