Feb 7, 2016

Cara daur ulang Koran menjadi Kertas.

Pada zaman dahulu manusia kuno menulis di atas berbagai bahan sperti daun lontar, pelepah pohon, kulit kayu kulit hewan dan lain – lain. Namun pada tahun 100 SM, bangsa China yang mencoba mengubah bahan tersebut menjadi kertas dan sampai sekarnag sering kita gunakan.

Alangkah baiknya baiknya jika kertas yang tidak digunakan dimanfaatkan untuk mendaur ulang menjadi kerajinan yang lain yang bermanfaat. Adapun alat dan bahan yang disiapkan untuk mendaur koran menjadi kertas sebagai berikut :
  1. Koran bekas
  2. Ember
  3. Spons
  4. Selembar karton ( 22, 5 x 22,5 Cm)
  5. Guntuig
  6. kasa berukur ( 20 X 20 cm)
  7. Isolasi
  8. 2 handuk bekas.
  9. Blender.

Adapun cara mendaur ulang kertas koran menjadi kertas sebagai berikut :
  1. Sobek kertas koran menjadi kecil – kecil dengan sekitar 2,5 cm sampai secukupnya sesuai ukuran volume ember.
  2. Masukkan kertas koran ke dalam ember dan isi dengan air hangat hingga kertas koran terendam. Rendam kertas tersebut selama satu jam, dan buang airnya, kemudian tambahkan lagi air hangat untuk merendam kertas koran . Lalu rendam kertas koran tersebut selama satu jam lagi atau hingga kertas koran tersebut lembek dan basah.
  3. Isi blender dengan air setengahnya . Masukkan segengam kertas lembek tersebut dalam blender, dan nyalakan blender pada yang paling rendah selama beberapa menit
  4. Isi ember plastik dengan air setengahnya . Lalu pindahkan bubur kertas koran di dalam blender tersebut ke dalam ember plastik.
  5. Ulangi langkah 3 dan 4 hingga semua kertas koran lembek habis diblender.
  6. Basahi handuk bekas dan letakkan di atas meja di samping ember plastik yang berisi bubur kertas koran.
  7. Buatlah sebuah lobang berbentuk bujur sangkar  dengan ukur 17,5 cm x 17, 15 cm. di tengah – tengah kertas karton. Masukkan kasa ke dalam bujur sangkar tersebut hingga sisinya saling bersinggungan dan rekatkan dengan isolasi.
  8. Aduk bubur kertas yang ada diember plastik hingga bubur kertas koran tersebut benar – benar tercampur.
  9. Pegang kasa bujur sangkar di kedua sisi yang berlawanan dan selipkan dalam bubur kertas. Angkat kasa sehingga terdapat sebuah lapisan bubur kertas koran di atas kasa.
  10. Pegangkasa di atas ember plastik hingga air berhenti menetes.
  11. Baliklah kasa dan letakkan di atas handuk.Angkat kasa dari lapisan kertas dengan mengangkat satu tepinya , kemudian ambil kasa tersebut.
  12. Letak handuk kering di atas lapisan kertas dan tekan pelan – pelan untuk menghilangkan air
  13. Bentangkan lapisan kertas untuk dikeringkan selama satu malam.
  14. Buatlah Kertas koran sampai bubur kertas habis.
Selamat Mencoba !!!!!

logoblog

No comments:

Post a Comment