Jan 23, 2017

Tujuan Pengelolaan Kelas


Pendukung utama tercapainya tujuan pengajaran adalah suasana kelas yang baik dalam arti yang seluas-luasnya. Karena itu segala macam tindakan pembinaan pendidikan sepatutnya diarahkan pada kelas. Di kelaslah segala aspek atau model pengajaran bertemu dan berproses. Guru dengan segenap kemampuannya, siswa dengan segala latar belakangnya dan sifat-sifat individunya, kurikulum dengan segala komponennya, dan materi serta sumber pelajaran dengan segala pokok bahasannya bertemu, berpadu dan berinteraksi di kelas. Bahkan hasil dari pendidikan, dan pengajaran sangat ditentukan oleh apa yang terjadi di kelas. Oleh sebab itu sudah selayaknya kelas di kelola secara baik, profesional dan harus terus menerus.


Yang dimaksud dengan kelas adalah ruangan belajar dan atau rombongan belajar. Pengelolaan kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang aktif, kreatif, efektif, efisien dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai minat, bakat dan kemampuan. Tujuan pengelola kelas adalah untuk mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar, yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya semaksimal mungkin, menghilangkan berbagai hambatan yang menghalangi terwujudnya interaksi belajar mengajar, menyediakan dan mengatur fasilitas dan parabot belajar yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional dan intelektual siswa dalam kelas, membina dan membimbing siswa sesuai latar belakang sosial ekonomi, budaya, serta sifat-sifat individunya.

Dengan demikian pengelolaan kelas merupakan usaha sadar, untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis, terstuktur dan terukur. Usaha sadar itu mengarah pada penyiapan bahan belajar, penyiapan sarana dan alat peraga, pengaturan ruang belajar, mewujudkan situasi dan kondisi proses belajar mengajar dan pengaturan waktu sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik, lanjar dan tertib sehingga tujuan kurikulum dan kurikuler dapat tercapai.


Kemampuan dan keterampilan dalam mengelola kelas seharusnya dimiliki oleh guru, karena gurulah yang bertugas mengelola kela. Guru harus mengetahui situasi, kondisi, kelemahan dan kelebihan kelasnya, baik yang menyangkut siswa ( minat, bakat, dan prestasi, kelebihan dan kekurangan masing-masing) maupun lingkungan fisik kelas (perlengkapan kelas berupa absen, buku pelajaran, lambang pancasila, lambang presidan dan wapres, gambar-gambar pahlawan, poster pendidikan, tanaman, hiasan kelas, penghapus, kursi meja, lemari, dan aalat kelengkapan lainnya).


Peran guru sangat besar besar dalam pengelolaan kelas, karena guru sebagai penanggung jawab kegiatan belajar mengajar di kelas. Guru merupakan sentral serta sumber kegiatan belajar mengajar. Guru harus penuh inisiatif dan kreatif dalam mengelola kelas, karena gurulah yang mengetahui secara pasti situasi dan kondisi kelas terutama keadaan siswa dengan segala latar belakangnya.

Jangan Lupa Baca Seorang Guru Setidaknya Harus Memiliki Kemampuan dan Sikap Berikut !!!

logoblog

No comments:

Post a Comment