Jan 30, 2020

PEMATANGAN SISTEM ORGAN ANAK USIA PRASEKOLAH

Sebagian besar sistem tubuh telah matang pada usia prasekolah. Mielinisasi sumsum tulang belakang memungkinkan untuk kontrol usus dan kandung kemih menjadi lengkap pada sebagian besar anak pada usia 3 tahun.

  1. Sistem organ pernafasan, perkembangan organ ini memiliki ukuran struktur pernapasan terus bertambah,jumlah alveoli terus meningkat, mencapai jumlah orang dewasa sekitar 7 tahun, pipa Eustachius relatif pendek dan lurus.
  2. Sistem organ jantung perkembangan organ ini memiliki denyut jantung menurun, tekanan darah sedikit meningkat selama usia prasekolah, Suara Murmur jantung yang bukan kelainan dapat didengar dengan auskultasi, pemisahan bunyi jantung kedua kadang terdengar dengan jelas.
  3. Gigi anak prasekolah harus memiliki 20 gigi sulung pada usia 3 tahun
  4. Sistem organ Usus perkembangan organ ini memiliki, usus kecil terus bertambah panjang, Buang Air Besar (BAB) sebanyak satu atau dua kali sehari, anak usia 4 tahun umumnya memiliki kontrol usus yang sudah baik.
  5. Sistem organ Uretra, perkembangan organ ini memiliki uretra atau Saluran Kencing tetap pendek pada anak laki-laki dan perempuan, membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih dibandingkan dengan orang dewasa
  6. Sistem organ Kandung Kemih, perkembangan organ ini memiliki, anak biasanya sudah mampu mengontrol kandung kemih, ketika berusia 4 dan 5 tahun, tetapi terkadang kehilangan kontrol khususnya dalam situasi stres atau menegangkan.
  7. Tulang dan otot, perkembangan organ ini memiliki tulang terus bertambah panjang dan otot-otot terus menguat dan menjadi dewasa.
  8. Sistem Otot,s istem muskuloskeletal masih belum sepenuhnya matang, membuat anak-anak prasekolah rentan terhadap cedera, terutama dengan aktivitas berlebihan.
logoblog

No comments:

Post a Comment