Jul 20, 2020

Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 2 Hewan Sahabatku Pembelajaran 1 (Kelas 6 )

Ilmu Pengetahuan Alam
Perkembangbiakan pada Hewan
1.     Ovipar
Sebagian besar hewan berkembang biak dengan cara kawin atau seksual. Hewan yang berkembang biak secara seksual setelah dewasa memiliki sel kelamin. Ada dua macam sel kelamin, yaitu sel kelamin jantan (sperma) dan sel kelamin betina (sel telur). Hewan-hewan yang bertelur memiliki sel telur. Sel telur dapat berkembang menjadi individu baru jika dibuahi oleh benih hewan jantan (sperma). Telur yang tidak dibuahi tidak dapat menetas. Sel telur yang sudah dibuahi disebut zigote. Telur yang sudah dibuahi jika dierami akan menetas menjadi anak hewan atau individu baru.
Pengeramannya ada yang dilakukan di dalam dan di luar tubuh induknya. Semua jenis hewan segolongan unggas berkembang biak dengan bertelur. Telurnya dibuahi di dalam induknya dan menetas di luar. Ikan dan katak juga bertelur. Hanya telurnya dibuahi di luar induknya, dan menetas di luar tubuh induknya. Hewan yang berkembang biak dengan bertelur disebut hewan ovipar. Selain golongan hewan unggas, hewan yang berkembang biak dengan bertelur, antara lain golongan ikan, serangga, katak, dan reptil.
Pada hewan-hewan tertentu, hewan muda tidak mirip dengan induknya. Hewan tersebut mirip induknya setelah dewasa. Hewan ini mengalami perubahan bentuk dari telur hingga dewasa. Perubahan bentuk melalui tahapan-tahapan tertentu disebut metamorfosis. Hewan yang mengalami metamorfosis, misalnya hewan amfibi dan serangga, seperti kupu-kupu, lipas, jangkrik, dan nyamuk. Pada hewan amfibi (hewan yang hidup di air dan di darat) contohnya katak, setelah telurnya dibuahi akan menetas dan mengalami metamorfosis.
Ketika masih berudu, hidup di air bernapas dengan insang dan kulitnya, serta mempunyai ekor. Setelah beberapa lama tumbuhlah kaki belakang dan disusul kaki depan. Selama itu ekornya semakin menyusut. Kemudian menjadi katak kecil. Dan akhirnya menjadi katak dewasa. Hewan serangga, misalnya kupu-kupu juga mengalami metamorfosis. Telur setelah dibuahi menetas menjadi ulat (tidak mirip dengan serangga dewasa).  Setelah mencapai umur tertentu ulat berubah menjadi kepompong. Selanjutnya kepompong berubah menjadi kupu-kupu. Selanjutnya kupu-kupu ini setelah dewasa akan bertelur.
Perubahan bentuk tubuh ulat menjadi kepompong yang kemudian menjadi serangga dewasa mengalami metamorfosis sempurna. Hal ini juga dialami, kumbang, lebah, nyamuk, dan lalat. Ada pula metamorfosis tidak sempurna, contohnya pada belalang, jangkrik, kutu kepala, dan lipas. Pada hewan-hewan ini, setelah telurnya dibuahi akan menetas menjadi anak serangga yang mirip dengan induknya. Kemudian tumbuh menjadi serangga dewasa.
2.     Vivipar
Mamalia atau hewan menyusui tidak bertelur, melainkan melahirkan. Hewan yang berkembang biak dengan melahirkan disebut hewan vivipar. Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan mengalami pembuahan di dalam. Setelah pembuahan terjadi, zigot berkembang menjadi bakal hewan. Bakal hewan sangat sederhana dan makin lama makin sempurna dan akhirnya menjadi anak hewan yang dapat hidup sendiri. Hewan yang tidak bertelur sebetulnya juga bertelur terlebih dahulu. Hanya telurnya tidak dikeluarkan dari tubuh induknya. Anak hewan akan langsung keluar dari induknya setelah umur kandungannya cukup. Umur kandungan tiap-tiap hewan berbeda.
3.     Ovovivipar
Pernahkan kamu melihat ular atau buaya? Bagaimana buaya berkembang biak? Ada beberapa hewan yang bertelur, namun setelah sel telurnya dibuahi, telur-telurnya disimpan dalam tubuh induknya hingga menjelang lahir atau menetas. Setelah cukup umur telur-telur tersebut dikeluarkan dari tubuh induknya. Hewan kecil menetas dari telur di luar tubuh induknya. Hewan yang berkembang biak dengan bertelur-melahirkan, contohnya ular, kadal, dan buaya. Hewan-hewan ini disebut ovovivipar.
Ilmu Pengetahuan Sosial
Negara Tetangga
1.     Singapura
Singapura merupakan negara terkecil dan termaju di Asia Tenggara. Singapura di bangun oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1819. Kota tersebut pada awalnya digunakan sebagai benteng dan pelabuhan militer Kerajaan Inggris. Sejak memisahkan diri dari Malaysia tahun 1965, Singapuraberkembang menjadi negara maju. Saat ini, Singapura menjadi salah satu pusat perdagangan dunia. Mata uang Dollar Singapura ($S) juga menjadi mata uang terkuat kelima di dunia.
Jumlah penduduk Singapura sekitar 3.567.000 jiwa. Sebagian besar merupakan keturunan Cina. Sisanya adalah keturunan Melayu, India, Pakistan, Bangladesh, dan Eropa. Penduduk Singapura menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Bahasa lain yang digunakan adalah Melayu, Mandarin, dan Tamil. Beberapa gama juga berkembang di Singapura, seperti Kong Hu Chu, Tau, dan Buddha dianut keturunan Cina. Agama lain adalah Islam, Nasrani, dan Hindu.
Kegiatan ekonomi utama penduduk Singapura adalah perdagangan. Hal tersebut karena letak wilayah Singapura yang strategis. Singapura terletak pada jalur silang lalu lintas pelayaran negara-negara Asia Timur, Asia Barat, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia. Singapura juga berkembang sebagai negara industri. Industri Singapura menghasilkan alat listrik, elektronik, penyulingan minyak, dan bahan kimia. Kawasan industri terletak di Jurog, Loyang, dan Kranji.
Sebelum dibangun Raffles, Singapura merupakan hutan dan rawa. Hampir seluruh wilayah Singapura merupakan dataran rendah yang rata. Sebagian kecil lainnya merupakan bukit kecil. Beberapa sungai kecil juga mengalir di Pulau Singapura. Sungai-sungai tersebut antara lain Sungai Sembawang, Sungai Pong Siang, Sungai Mandai, dan Sungai Kallang. Daerah berbukit terdapat di bagian utara. Bukit di daerah tersebut adalah Bukit Timah dan Bukit Panjing. Bukit Timah merupakan bukit tertinggi, ketinggiannya mencapai 581 m.
2.     Brunai Darussalam
Negara ini dikenal dengan sebutan negara petrodollar. Sebuah negara kecil di bagian utara Pulau Kalimantan dan berbatasan dengan Malaysia. Negara ini termasuk negara yang sangat makmur. Sebagian besar wilayahnya terdiri atas dataran rendah yang pantainya berawa. Sementara itu, daerah pedalaman terdiri atas bukit-bukit. Wilayah yang paling tinggi di Brunei adalah bukit Pagon. Bukit lainnya adalah bukit Peradayan dan Patoi. Brunei juga memiliki sungai-sungai besar di antaranya Sungai Batu Apol, Temburong, Belalong, Tutong, dan Damit.
3.     Thailand
Wilayah Thailand berbatasan dengan Laos dan Kampuchea di sebelah timur. Di sebelah selatan berbatasan dengan Malaysia dan Teluk Siam. Di sebelah barat berbatasan dengan Myanmar dan Laut Andaman. Di sebelah utara berbatasan dengan Myanmar dan Laos. Kenampakan alam Thailand berupa tanah berliku, dataran tinggi, hutan, pegunungan, dan bukit-bukit. Puncak tertingginya berupa Gunung Doi Inthanon setinggi 2.576 meter. Wilayah tengah berupa lembah datar Sungai Chao Phraya yang mengalir ke Teluk Thailand.
Wilayah timur berupa hamparan Khorat dibatasi Sungai Mekong. Hamparan Khorat berupa dataran tinggi kira-kira 200 meter. Tanahnya kurang subur, berpasir, dan jarang turun hujan kecuali pada musim hujan. Wilayah selatan terdapat Tanah Genting Kra yang meluas ke Semenanjung Melayu. Tanah Genting Kra berupa daratan sempit menghubungkan Semenanjung Melayu dengan daratan Asia. Tanah tersebut berfungsi sebagai batas dua bagian cordillera (rangkaian pegunungan) pusat dari Tibet dan Semenanjung Melayu.
4.     Filipina
Filipina merupakan negara kepulauan. Negara ini terdiri atas 7.107 pulau. Pulau terbesarnya adalah Pulau Luzon di sebelah utara dan Pulau Mindanau di sebelah selatan. Kenampakan alamnya berupa laut merupakan laut terdalam dengan kedalaman 10.400 meter. Letaknya di Palung Mindanau. Negara ini juga dilalui jalur gunung api Sirkum Pasifik. Puncak tertinggi adalah Gunung Apo setinggi 2.954 meter. Filipina memiliki beberapa sungai utama di antaranya Sungai Cagayan, Pampanga, dan Agno yang terletak di Pulau Luzon, serta Sungai Agusan yang terletak di Pulau Mindanau. Sementara itu, danau-danau di Filipina adalah Laguna de Bay dan Danau Taal di Pulau Luzon, serta Danau Lanao dan Mainit di Pulau Mindanau. Itulah beberapa kenampakan alam di Filipina.
Bahasa Indonesia
Mendeskripsikan Laporan Pengamatan
Apa yang kamu ketahui tentang laporan? Apakah hasil laporan pengamatan itu? Bagaimana cara mendeskripsikan isi laporan hasil pengamatan? Kamu pasti sering melaporkan sesuatu kepada gurumu atau orang lain. Laporan itu kamu sampaikan secara lisan, tetapi ada laporan yang disampaikan dengan cara ditulis. Nah, laporan itu adalah karangan yang berisikan penjelasan suatu hasil kegiatan. Laporan dibuat setelah kamu melakukan suatu kegiatan.
Adapun laporan pengamatan adalah membuat karangan sesuai dengan sesuatu yang diamati. Misalnya, laporan pengamatan pertandingan sepak bola, pengamatan cara guru mengajar, pengamatan lomba agustusan, pengamatan upacara bendera, dan pengamatan terhadap suatu tempat. Kamu juga bisa mengamati berbagai hal yang ada di lingkungan rumah atau sekolahmu. Jika ingin mendeskripsikan isi laporan pengamatan, kamu harus membaca laporan pengamatan itu dengan sungguh-sungguh. selain itu, kamu juga harus bisa memahami garis besar isi laporan pengamatan tersebut.
Adapun jika kamu ingin membuat laporan pengamatan, kamu bisa memperhatikan langkah-langkah berikut ini.
a.      Tentukanlah apa yang kamu amati
b.     Siapkan lembar pengamatan
c.      Isilah lembar pengamatan tersebut dengan bahasa yang baik dan jelas. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang baku. Bahasanya harus jelas artinya, tidak boleh membingungkan. Bila benar, harus ditulis benar dan bila salah harus ditulis salah.
d.     Laporan pengamatan harus berdasarkan fakta atau kenyataan. Tulislah sesuai dengan apa yang kamu amati. Kamu jangan menambah atau mengurangi apa yang kamu amati. Jika kamu mengamati pertandingan sepak bola hasilnya 1-0, jangan kamu tulis 1-1 karena itu tidak sesuai fakta.
e.      Tulislah secara menarik, lengkap, dan enak dibaca sehingga pembaca akan merasa senang saat membaca laporan yang kamu buat.
logoblog

No comments:

Post a Comment