Sep 19, 2020

Pembelajaran 5 Subtema 1 (Rukun dalam Perbedaan) Tema Dua (Persatuan dalam Perbedaan) Kelas 6

Ilmu Pengetahuan Sosial (  IPS )
Penerapan Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 
Untuk Memperingati peristiwa proklamasi kemerdekaan  Indonesia, Cici dan teman-temannya berencana mengikuti festival budaya. Cici dan teman-temannya sangat antusias mengikuti festival ini.  Mereka ingin memperkaya  budaya yang diusung dalam festival.  Mereka ingin memperkenalkan budaya  yang  berasal dari suku-suku di Indonesia.
Setelah berdiskusi Cici dan teman-temannya memutuskan untuk memperkenalkan permainan Rangku Alu.  Permainan Rangku Alu berasal dari Nusa Tenggara Timur. Permainan Rangku Alu dilakukan oleh masyarakat Manggarai, Nusa Tenggara Timur untuk merayakan hasil panen, perkebunan dan pertanian.  Rangku Alu  dimainkan dengan cara menggerakkan bambu sebagai alat permainannya.
Kegiatan dilakukan Cici  dan teman-temannya merupakan salah satu cara memaknai proklamasi.  Cici dan teman- temannya  atas kemerdekaan Indonesia dengan mengenalkan budaya Indonesia.  Sebelum proklamasi Kemerdekaan Indonesia, budaya di suatu daerah sulit dikenal oleh daerah lain.  Sebab Indonesia masih dijajah oleh bangsa asing.  Kini,  dengan berbagai  macam  kemudahan yang ada,  budaya dari suatu daerah dapat dikenal dan dinikmati oleh orang daerah lain.
Budaya daerah yang ada di Indonesia harus kita pelajari dan lestarikan.  Mempelajari dan melestarikan budaya daerah merupakan bukti bahwa kita mencintai budaya daerah.  Dengan mencintai budaya daerah, kita juga  menerapkan makna proklamasi kemerdekaan bagi  bangsa Indonesia.

Penerapan Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari
Proklamasi kemerdekaan Indonesia  merupakan peristiwa sejarah yang penting bagi Indonesia.  Proklamasi Kemerdekaan menandai kelahiran Indonesia sebagai bangsa merdeka.  Oleh karena itu,  proklamasi kemerdekaan juga memiliki makna penting bagi bangsa  Indonesia . Kamu bisa menerapkan makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.  berikut contoh penerapan makna proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
Lingkungan Rumah
1.     Rajin membantu orang tua.
2.     Berbakti kepada kedua orang tua.
3.     Menjalin kerukunan dalam keluarga.
4.     Mengerjakan kegiatan bersama-sama anggota keluarga.
5.     Saling menghormati dan menghargai antar anggota keluarga.
Lingkungan Sekolah
1.     Mengikuti kegiatan pramuka di sekolah.
2.     Gemar membantu teman yang sedang kesulitan.
3.     Memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan.
4.     Mengikuti upacara bendera dengan tertib dan hikmat.
5.     Saling menghormati dengan teman yang berbeda suku dan agama.
Lingkungan Masyarakat
1.      Menyelesaikan masalah dengan bermusyawarah.
2.      Tidak membeda-bedakan teman saat bermain bersama
3.      Mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi
4.      Bekerja sama dalam mempersiapkan peringatan Proklamasi Indonesia
5.      Mengembangkan sikap saling menghormati dan menghargai antar masyarakat

Seni Budaya dan Prakarya ( SBdP )
Pola Lantai Tari Daerah
kamu sudah mempelajari dan tentunya memahami pola lantai tarian daerah.  sekarang,  kamu akan mengamati berbagai tarian daerah dan berlatih menggambar pola lantai tarian-tarian tersebut . kamu amati gambar tarian daerah dengan saksama.  lalu, kamu Gambarkan pola lantainya pada tabel seperti contoh berikut. 

Memperagakan Pola Lantai Tarian Daerah
Kamu sudah bisa menentukan pola lantai tarian daerah.  kamu bisa mempraktekkan atau memperagakan pola lantai tersebut.  kamu harus kompak saat memperagakan setiap pola lantai tarian bersama teman-temanmu .  kamu harus menyamakan setiap gerakan kamu dengan gerakan teman kamu.  jika gerakan Kamu dan teman kamu tidak sama,  kamu harus berlatih sampai gerakan menjadi serempak dan kompak.  perbedaan gerakan dengan teman kamu membuat pola lantai yang diterapkan menjadi tidak serempak.  jika teman kamu mengalami kesulitan saat latihan, an-nuha harus sabar dan saling membantu.  kamu bisa harus berlatih setiap gerakannya dengan perlahan-lahan. Perhatikan video berikut !


Kerjakan soal berikut dengan cara pencet tulisan biru http://bit.ly/21_09_2020
logoblog

No comments:

Post a Comment