Sep 15, 2020

Pembelajaran 4 Subtema 1 (Rukun dalam Perbedaan) Tema Dua (Persatuan dalam Perbedaan) Kelas 6


Bahasa Indonesia
Menentukan Informasi Penting Pada Teks Dalam Bentuk Peta Pikiran
Setiap teks  memuat informasi penting yang bisa menambah pengetahuan kamu.  Informasi pada teks bisa kamu temukan dengan membaca teks secara  saksama.  Sambil membaca,  kamu bisa memahami isi teks,  silakan kamu baca teks berikut dengan saksama.
Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Pproklamasi kemerdekaan Indonesia tidak didapatkan dengan mudah.  Untuk memperoleh kemerdekaan dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan.  Pada tanggal 9 Agustus 1945,  tiga tokoh pejuang proklamasi, yaitu Bung Karno Bung Hatta dan Dr Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat,  Vietnam.  Mereka bertemu dengan Marsekal Terauchi,  Panglima Besar tentara Jepang di Asia Tenggara.
Panglima Terauchi menyampaikan kabar bahwa Pemerintahan Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Hal ini karena tentara Jepang terdeseak dengan tentara Sekutu . Pemberian hadiah kemerdekaan ini dilakukan untuk menarik simpati rakyat Karena wilayah Jepang telah di bom oleh tentara sekutu .
Pertemuan Panglima Jepang dan ketiga tokoh Indonesia menimbulkan pertentangan. Perbedaan pendapat terjadi antara golongan tua dan golongan muda.  Golongan muda tidak ingin kemerdekaan Indonesia diatur oleh Jepang.  Mereka menginginkan proses kemerdekaan dipersiapkan secara matang oleh bangsa Indonesia tanpa campur tangan dari pihak asing.

Kamu sudah menyimak dan memahami isi teks berjudul peristiwa menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia.  Kamu akan menentukan informasi penting yang terdapat pada teks.  Menentukan informasi penting pada teks bisa kamu lakukan dengan mengelompokkan informasi  dengan menggunakan kata tanya. Informasi-informasi tersebut bisa kamu tuliskan dalam bentuk peta pikiran . Peta pikiran akan memudahkan kamu memahami dan mengingat informasi yang terdapat pada teks.  kamu juga bisa menyajikan Informasi seperti contoh. 
Gambar
Menuliskan kembali informasi penting pada teks
Kamu sudah mengelompokkan informasi penting pada teks menggunakan kata tanya. Informasi pada teks tersebut dikembangkan menggunakan kalimat kamu sendiri.  Kamu bisa mengembangkan informasi penting pada peta pikiran menjadi sebuah paragraf. Saat menuliskannya, kamu perhatikan ejaan dan kosakata baku.  Silakan kamu perhatikan contoh informasi penting berikut ini:

Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Tiga tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia pergi ke Dalat, Vietnam.  Ketika tokoh tersebut adalah Bung Karno, Bung Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat.  Ketiganya pergi ke Dalat untuk bertemu Marsekal Terauchi.  pada kesempatan itu,  Terauchi ingin menyampaikan bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan Indonesia.
Kepergian tokoh tersebut ke Dalat memunculkan pertentangan antara golongan muda dan golongan tua. Golongan muda ingin kemerdekaan dipersiapkan oleh bangsa Indonesia secara matang tanpa campur tangan pihak asing.  pertentangan antara kedua golongan ini terjadi menjelang hari kemerdekaan diproklamasikan.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( PPKN) 

Menerapkan Nilai-Nilai Persatuan
Saat bermain dengan temanmu yang berbeda suku ataupun agama, kamu harus saling menghargai. Kamu harus berbicara baik dan sopan agar tidak terjadi perselisihan. Alat permainan juga harus kamu gunakan secara bergantian. dengan demikian,  semua tetap dapat rukun saat bermain .
Kerukunan tidak hanya diterapkan saat bermain. saat melakukan kegiatan lain,  kamu juga harus tetap rukun.  Perbedaan suku, agama,   bahasa ,budaya tidak boleh menjadi penghalang untuk hidup rukun.  Hidup rukun dapat dibangun di lingkungan keluarga , sekolah dan masyarakat.
Hidup rukun dapat dilakukan dengan menerapkan nilai-nilai persatuan. Oleh karenanya,  kamu harus selalu menerapkan nilai-nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah contoh kegiatan yang menerapkan nilai-nilai persatuan.
1.     Pentas drama di sekolah
2.     Kerja bakti membersihkan kelas rumah atau lingkungan
3.     Kekerja sama membersihkan sarana umum
4.     Membantu orang tua atau orang lain yang mendapat kesulitan
5.     Mengumpulkan bantuan untuk korban bencana.

Sikap Yang Sesuai Dengan Nilai-Nilai Persatuan
Ada sikap-sikap yang perlu kamu lakukan untuk menguatkan persatuan.  sikap tersebut harus diterapkan oleh seluruh anggota masyarakat. Berikut ini sikap-sikap yang diperlukan agar persatuan selalu terjaga.
1.     Toleransi
Toleransi berarti saling menghormati dan menghargai perbedaan satu sama lain. Kamu harus menghargai dan menghormati orang lain yang mempunyai perbedaan dengan kita. sikap ini harus kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari
2.     Peduli
Peduli berarti memperhatikan keadaan di luar diri sendiri.  Seseorang yang peduli terhadap orang lain berarti ia memperhatikan keadaan orang lain.  Ia akan memahami sikap yang dapat mengganggu atau menyenangkan orang lain.
3.     Mendahulukan kepentingan bersama
Masyarakat yang beragam menimbulkan kepentingan yang beragam pula.  Namun kalian sebaiknya mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi atau golongan dengan demikian hidup rukun akan tercipta.
Silakan Menonton Dulu Yaaa !!!!


Manfaat Menerapkan Nilai-Nilai Persatuan
Penerapan nilai-nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari dapat menciptakan kerukunan.  Untuk itu,  perlu menerapkan nilai-nilai persatuan dalam kehidupan.  Dengan menerapkan nilai-nilai persatuan, kamu akan merasakan manfaatnya.  Berikut ini adalah manfaat yang kamu peroleh jika menerapkan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan masyarakat.
1.     Menciptakan kedamaian
2.     Tidak terjadi perselisihan
3.     Mempererat persatuan dan kesatuan bangsa hidup menjadi aman, nyaman dan,  tenteram
4.     Mempererat persatuan kesatuan bangsa
5.     Dapat saling membantu saat mengalami kesulitan

logoblog

No comments:

Post a Comment