Sep 13, 2020

Pembelajaran 3 Subtema 1 (Rukun dalam Perbedaan) Tema Dua (Persatuan dalam Perbedaan) Kelas 6

Ilmu Pengetahuan Alam  ( IPA )

Membuat Peta Pikiran Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri terhadap Lingkungannya
Di pembelajaran sebelumnya kamu sudah belajar cara tumbuhan menyesuaikan diri terhadap lingkunganya.  kamu bisa membuat peta pikiran tentang cara cara tumbuhan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya titik kamu bisa membuatnya seperti contoh berikut ini


Cara Tumbuhan Melindungi Diri
Tumbuhan memiliki cara untuk melindungi diri dari pemangsa. ada berbagai cara tumbuhan dalam melindungi diri. agar semakin paham,   simak penjelasan cara tumbuhan melindungi diri berikut ini

1. Memiliki Duri
Ada tanaman dengan duri. Duri bisa berada pada daun, batang buah, atau seluruh tubuh. Contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan duri adalah tumbuhan salak dan mawar.

2. Memiliki Rambut Halus
Ada tumbuhan yang melindungi diri dengan rambut halus. Jika disentuh, rambut halus tersebut dapat menempel di kulit dan menyebabkan gatal, Contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan rambut halus adalah tebu dan bambu.
3. Berdaun Tajam
Ada tumbuhan yang melindungi diri dengan daun yang tajam. Tumbuhan yang berdaun tajam di bagian pinggir daunnya terdapat semacam duri. Contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan daun yang tajam adalah lidah buaya dan tumbuhan nanas.

4. Menghasilkan Getah
Ada tumbuhan yang melindungi diri dengan getah . Jika bagian tumbuhan dipotong getah lengket akan keluar. Contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan getah adalah tumbuhan nangka dan pepaya. 

5. Menghasilkan Racun
Ada tumbuhan yang melindungi diri dengan racun. jika ada pemangsa yang akan memakan, tumbuhan   akan memproduksi racun. Contoh tumbuhan melindungi diri dengan racun adalah tumbuhan kecubung dan jarak
Peta Pikiran Cara Tumbuhan Melindungi Diri
Kamu sudah mengetahui cara tumbuhan melindungi diri titik kamu bisa membuat peta pikiran cara tumbuhan melindungi diri kamu bisa buat seperti berikut ini.


Membuat Laporan Hasil Pengamatan.
Kamu sudah  mengetahui peta pikiran cara tumbuhan menyesuaikan diri. Kamu juga sudah mengetahui peta pikiran cara tumbuhan melindungi diri.  sekarang,  kamu akan melakukan pengamatan terhadap berbagai tumbuhan di sekitar. kemudian, Tuliskan hasil pengamatan. Dalam laporan. perhatikan contoh laporan berikut ini.


Laporan Kegiatan Percobaan
Nama :  Inayah Azzahrah
Kelas : 6 
Alamat :  jalan P. Aji Iskandar  nomor 11 RT 12 Kelurahan juata laut
Objek yang diamati: Berbagai jenis tumbuhan di sekitar

Hasil pengamat :
1. Cara Tumbuhan Menyesuaikan

Tumbuhan
Habitat
Cara Menyesuaikan
kangkung
lingkungan air
memiliki rongga udara di tangkai daun agar bisa mengapung
Pohon jati
Lingkungan kering
Menggugurkan daun untuk mengurangi penguapan
Pohon cemara
Lingkungan kering
Memiliki daun runcing untuk mengurangi penguapan
Keladi
Lingkungan lembab
Memiliki daun lebar untuk mempercepat penguapan
Bakau
Lingkungan berkadar garam tinggi
Memiliki akar napas muncul ke permukaan untuk mengambil oksigen
Tumbuhan jagung
lingkungan kering
Menggulung daun di musim kemarau untuk mengurangi penguapan

2. Cara tumbuhan melindungi diri
Tumbuhan
Cara Melindungi Diri
Mawar
Memiliki duri di seluruh batang
Nangka
Mengeluarkan getah yang lengket
Jarak
Mengeluarkan racun yang berbahaya
Salak
Memiliki duri-duri hampir di seluruh tubuh
Kelapa
Mempunyai kulit buah yang keras


Bahasa Indonesia 

Menentukan Informasi Penting Pada Teks dalam Bentuk Peta Pikiran
Tokoh-tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Proklamasi Kemerdekaan menjadi tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia.  sejak peristiwa proklamasi kemerdekaan,  Indonesia menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat ,adil dan bermartabat.  Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diperoleh dari pengorbanan para pejuang.  Berikut ini adalah beberapa tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
1.     Ir. Soekarno 
Ir Soekarno dikenal juga dengan Bung Karno lahir di Surabaya pada tanggal 6 Juni1901.  Bung Karno meninggal di Jakarta pada tanggal 21 Juni 1970.  bongkarno diingat masyarakat Indonesia Sebagai bapak proklamator.  pada peristiwa proklamasi,  Bung Karno menjadi salah satu penyusun konsep teks proklamasi . Bung Karno juga menandatangani teks proklamasi sebagai wakil bangsa Indonesia.  selain itu,  beliau juga yang membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.
2.     Drs Muhammad Hatta
Drs Muhammad Hatta atau biasa dipanggil Bung Hatta lahir di Bukittinggi  pada tanggal 12 Agustus 1902.  beliau wafat di Jakarta pada tanggal 14 Maret 1980. Bung Hatta pernah menjabat sebagai wakil presiden pertama Indonesia. Bung Hatta juga Memiliki peran dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.  Beliau juga dijuluki sebagai Bapak Koperasi Indonesia.  Bung Hatta turut menjadi penyusun konsep teks proklamasi.  Beliau juga ikut menandatangani teks proklamasi bersama Bung Karno atas nama bangsa Indonesia.
3.     Ahmad Subarjo
Ahmad Soebardjo lahir di Karawang pada tanggal 23 Maret 1896 dan wafat pada tanggal 15 Desember 1978.  Ahmad Subarjo menjabat sebagai menteri luar negeri Indonesia yang pertama. Ahmad Soebardjo  merupakan perwakilan dari golongan tua pada saat  proklamasi.   beliau ikut menyusun konsep teks proklamasi bersama Bung Karno dan Bung Hatta.
4.     Sukarni
Sukarni lahir di Blitar pada tanggal14 Juli 1916  dan wafat pada tanggal 7 Mei 1971 di Jakarta.  Sukarni menjadi salah satu pemuda yang gigih berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Sukarni adalah orang yang mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani oleh Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia.
5.     Laksamana Tadashi Maed
Laksamana Tadashi Maeda adalah perwira tinggi angkatan laut  ke kaisaran Jepang yang turut dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan. beliau lahir di Jepang pada tanggal 3 Maret 1898 dan meninggal di Jepang tanggal 13 Desember 1977.  Meskipun orang Jepang,  beliau membantu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia karena rasa simpati.  beliau mempersilahkan para pejuang kemerdekaan menyusun konsep teks proklamasi di rumahnya. 
6.       Fatmawati
Sejak masa perjuangan kemerdekaan Bung Karno selalu didampingi oleh istrinya, yakni Fatmawati.  Fatmawati lahir di Bengkulu pada tanggal 5 Februari 1923 dan meninggal di Jakarta pada tanggal  14 Mei 1980.  beliau dimakamkan di Taman  makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.  Fatmawati memiliki nama asli Fatimah.  Fatma berperan menjahit bendera pusaka sang merah putih yang dikibarkan pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia.
7.       Sayuti Melik
Sayuti Melik berasal dari golongan muda. Sayuti Melik lahir pada tanggal 22 November 1908 di Sleman dan wafat pada tanggal 27 Februari 1989 di Jakarta.  Dalam proklamasi kemerdekaan,  beliau peran sebagai pengetik teks proklamasi.  Sayuti Melik mengetik teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Bung Karno.

Kamu sudah  membaca dan memahami isi teks berjudul tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.  dari teks tersebut, kamu mendapatkan beberapa informasi penting.  kamu bisa menggali informasi penting tersebut dengan mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya.  lalu,  kamu tuliskan informasi yang didapatkan dalam bentuk peta pikiran seperti berikut ini. 


Menuliskan Kembali Informasi Penting Pada Teks.
Kamu sudah menentukan informasi si pada teks dengan menggunakan kata tanya.  informasi penting pada teks tersebut bisa kamu tuliskan kembali dengan mengembangkannya menggunakan kalimat sendiri.  Kamu juga bisa mengembangkan informasi tersebut menjadi sebuah paragraf. kamu perhatikan ejaan dan kosakata baku saat menuliskannya. kamu bisa mengembangkan informasi teks tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia seperti contoh berikut.

Tokoh-tokoh Kemerdekaan Indonesia
Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia menjadi  tonggak sejarah penting bagi Indonesia.  sejak saat itu, Indonesia menjadi bangsa merdeka, berdaulat, dan bermartabat. para pejuang yang merupakan putra-putri bangsa berani memproklamasikan kemerdekaan dengan perjuangan.  para tokoh kemerdekaan tersebut,  antara lain Ir Soekarno,  Drs Muhammad Hatta, Ahmad Subarjo, Laksamana Tadashi Maeda, Sukarni kartodiwirjo, Fatmawati,  dan Sayuti Melik.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945.  konsep teks proklamasi kemerdekaan Indonesia disusun di rumah Laksamana Tadashi Maeda.  meskipun Laksamana Maeda adalah orang Jepang, dia turut membantu mempersiapkan kemerdekaan karena Simpatinya yang tinggi terhadap perjuangan Indonesia.  konsep teks proklamasi kemerdekaan Indonesia disusun oleh Bung Karno,  Bung Hatta,  dan Ahmad Subarjo.  teks proklamasi ditandatangani oleh Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia.  teks proklamasi tersebut kemudian diketik oleh Sayuti Melik.  sementara itu,  Fatmawati berperan menjahit bendera merah putih yang dikibarkan saat proklamasi kemerdekaan Indonesia.
logoblog

No comments:

Post a Comment