Sep 27, 2020

Pembelajaran 1 Subtema 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan ) Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) Kelas 6

Bahasa Indonesia
Menentukan Informasi Penting pada Teks dalam Bentuk Peta Pikiran

Setelah memproklamasikan kemerdekaannya,  Indonesia menjadi bangsa yang merdeka.  Namun,  Indonesia masih harus berjuang untuk  mempertahankan kemerdekaan. Perjuangan tersebut diwujudkan dengan perjuangan para pahlawan di berbagai pertempuran.  demi mempertahankan kemerdekaan,  para pahlawan rela berkorban jiwa dan raga.  Untuk itu,  kita harus mengenang jasa para pahlawan Indonesia.
Untuk mengenang jasa para pahlawan,  kita dapat mempelajari berbagai peristiwa sejarah tentang perjuangan bangsa Indonesia setelah kemerdekaan.  Informasi tersebut kita dapatkan dengan membaca teks. Sekarang,  kamu akan membaca teks pertempuran Surabaya ya untuk menggali informasi tentang perjuangan bangsa Indonesia.  Silakan,  kamu baca teks berikut dengan saksama.

Pertempuran Surabaya
Meskipun bangsa Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya.  Perjuangan rakyat Indonesia belum berakhir. Tanggal 25 September 1945,  tentara sekutu dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby datang ke Indonesia untuk melucuti tentara Jepang.  Kedatangan tentara sekutu memicu perlawanan dari pemuda Indonesia. tanggal 27 hingga 30 Oktober 1945,  pemuda Indonesia bertempur melawan pasukan Inggris  dalam pertempuran ini,  pasukan Inggris berhasil dikalahkan.
Pertempuran antara pemuda Indonesia dan tentara Inggris mencapai puncaknya saat Brigadir Jenderal Mallaby terbunuh. Akibatnya pada tanggal 9 November 1945,  pemerintah Inggris mengultimatum rakyat Surabaya untuk meletakkan senjata dan menyerahkan diri.
Ultimatum tersebut justru mengundang kemarahan rakyat Surabaya.  mereka pun bersepakat untuk mempertahankan Kota Surabaya ya dan menjaga kedaulatan Indonesia.  pada tanggal 10 November 1945,  pasukan Inggris melakukan penyerangan terhadap kota Surabaya, baik di jalur darat, laut, maupun udara.  untuk mengenang peristiwa perjuangan rakyat dalam pertempuran Surabaya,  setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan.

Kamu sudah membaca teks Pertempuran Surabaya. Dari teks tersebut,  kamu bisa mendapatkan informasi penting. informasi pada teks bisa digali dengan menggunakan kata tanya.  Informasi penting pada teks bisa kamu tuliskan dalam bentuk peta pikiran agar lebih mudah dipahami.  Kamu bisa menuliskan informasi pada teks Pertempuran Surabaya seperti berikut.
 Pertempuran Surabaya
Apa : Kedatangan tentara sekutu ke Indonesia memicu perlawanan dari rakyat Indonesia.
Siapa : Kedatangan tentara sekutu Indonesia dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby.
Kapan :  Pada tanggal 27 hingga 30 Oktober 1945,  Pemuda Indonesia bertempur melawan pasukan Inggris.  Puncak pertempuran terjadi pada tanggal 10 November 1945.
Di mana :  Pertempuran antara Pemuda Indonesia dan tentara sekutu terjadi di Surabaya
Mengapa :  Tentara sekutu datang ke Indonesia untuk melucuti tentara Jepang
Bagaimana :  Kedatangan pasukan Inggris ke Indonesia mendapat perlawanan dari rakyat Indonesia.  terjadi pertempuran antara Pemuda Indonesia dan tentara Inggris.  Puncak pertempuran terjadi setelah berikan Jenderal Mallaby terbunuh.  pada tanggal 10 November 1945,  pasukan Inggris melakukan penyerangan terhadap kota Surabaya dari jalur darat laut dan udara. 


Menuliskan  Kembali Informasi Penting Pada Teks
Kamu sudah menentukan informasi penting pada teks pertempuran Surabaya.  Informasi pada peta pikiran tersebut bisa kamu tuliskan kembali dengan mengembangkannya  menjadi paragraf.  Hal ini untuk memudahkan kamu mengingat informasi yang sudah kamu temukan.
Saat menuliskan kembali informasi pada teks,  Kamu perhatikan penggunaan kalimat efektif.  Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun sesuai kaidah bahasa Indonesia dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).  Kata-kata yang digunakan dalam kalimat efektif berupa kata-kata baku.  Agar lebih jelas,  silakan kamu perhatikan ciri-ciri kalimat efektif berikut ini.
Ciri-Ciri Kalimat Efektif
1.     Ditulis menggunakan kosakata baku.
2.     Bermakna logis dan mudah dipahami.
3.     Tidak menggunakan dua kata atau lebih yang bermakna sama dalam satu kalimat.
4.     Terdiri atas struktur kalimat yang berurutan.  Satu kalimat minimal mempunyai subjek dan predikat.
Kamu sudah mengetahui ciri-ciri kalimat efektif.  Kamu bisa menuliskan kembali informasi penting yang yang terdapat pada teks.  Kamu gunakan kata-kata sendiri dengan memperhatikan penggunaan kalimat efektif. Yang bisa menuliskan kembali informasi penting pada teks Pertempuran Surabaya dalam bentuk paragraf seperti contoh berikut.

Pertempuran Surabaya
Pertempuran Surabaya diawali dengan kedatangan tentara sekutu ke Indonesia yang bertujuan meliputi tentara Jepang.  Kedatangan sekutu mendapat perlawanan dari rakyat Indonesia tanggal 27 hingga 30 Oktober 1945, Pemuda Indonesia bertempur melawan pasukan Inggris di Surabaya. 
Pertempuran Surabaya mencapai puncaknya setelah Brigadir Jenderal Mallaby terbunuh.  pada tanggal 10 November 1945,  pasukan Inggris menggempur kota Surabaya,  baik dari jalur darat,  laut,  maupun udara.  Untuk mengenang perjuangan para pahlawan,  setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan.


Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Upaya Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Pertempuran Surabaya adalah salah satu dari sekian banyak upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.  Masih banyak perjuangan lain yang dilakukan di berbagai daerah.  Misalnya,  pertempuran Ambarawa,  pertempuran Medan area,  Bandung Lautan Api,  Agresi Militer Belanda I,  Agresi Militer Belanda II.
Kamu dan teman-temannya mencari informasi tentang perjuangan mempertahankan  kemerdekaan.  mereka dibagi menjadi lima kelompok.  Mereka mencari informasi dari buku dan internet.  Setelah mendapatkan informasi mereka menuliskan dalam bentuk peta Pikiran. 

Makna Upaya Mempertahankan Kemerdekaan
Indonesia melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan kemerdekaan.  Upaya tersebut dilakukan melalui jalur diplomasi dan pertempuran. Upaya   mempertahankan kemerdekaan memiliki makna penting bagi bangsa Indonesia. Silakan  kamu simak makna upaya mempertahankan kemerdekaan berikut
Makna upaya mempertahankan kemerdekaan
1.     Mengukuhkan diri sebagai negara bebas.
2.     Meningkatkan daya juang bangsa.
3.     Meningkatkan rasa percaya diri bangsa.
4.     Mempertahankan persatuan dan kesatuan.
5.     Menunjukkan pada dunia kekuatan Indonesia.

Upaya Mempertahankan Kemerdekaan dalam Kehidupan Sehari-hari
Kamu sudah mengetahui makna upaya mempertahankan kemerdekaan.  Sebagai warga Indonesia,  kamu juga dapat turut serta dalam mempertahankan kemerdekaan.  Kamu bisa melakukan berbagai hal untuk mempertahankan. Silakan kamu perhatikan contoh upaya mempertahankan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari berikut.
Upaya mempertahankan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari
1.     Belajar dengan giat.
2.     Melestarikan kebudayaan.
3.     Tidak  membeda-bedakan teman. 
4.     Mengikuti upacara dengan hikmat.
5.     Menyelesaikan masalah dengan musyawarah.

Ilmu Pengetahuan  Alam (I P A)
Ciri Khusus Bebek Terkait Habitatnya
Berkaitan dengan habitatnya,  bebek memiliki ciri khusus . bebek merupakan hewan yang berhabitat di darat.  Namun,  bebek biasanya mencari makan di daerah yang berair atau berlumpur,  seperti kolam, sungai, atau danau yang dangkal.  Mempermudah mencari makan di tempat yang berlumpur,  bebek memiliki paruh agak panjang dan lebar.
Selain itu,  kaki bebek berukuran pendek dan di sela-sela kakinya terdapat selaput kulit.  Selaput kulit di kaki bebek berfungsi untuk membantu bebek ketika berenang.  Selaput kulit tersebut juga memudahkan  bebek untuk berjalan di tempat yang berlumpur.  Dengan demikian, bebek tidak akan kesulitan mencari makan di tempat berlumpur.
Bebek juga memiliki bulu yang dilapisi minyak.  Lapisan minyak pada bulu bebek berfungsi menjaga agar tubuhnya tetap dalam keadaan kering.  Selain itu,  bulu bagian dalam yang lebih halus juga membantu bebek menghangatkan tubuhnya setelah berenang.

Ciri-ciri Khusus Hewan dan Habitatnya
Hewan yang ada di sekitar kita sangat beragam.  Setiap jenis hewan memiliki ciri khusus tertentu. Ciri khusus tersebut menjadi pembeda antara jenis hewan dengan yang lainnya.  Ciri khusus hewan berkaitan dengan habitat atau tempat tinggalnya.  silakan kamu baca ciri khusus dan habitat hewan berikut.
No
Nam Hewan
Ciri Khusus
Nama Hewan
1
Ayam
1.     Paruh panjang yang runcing
2.     Memiliki cakar yang panjang
3.     hampir seluruh tubuh ditutupi bulu
Lingkungan yang banyak tanah dan dan semak
2
Bebek
1.     Paruh agak panjang dan lebar
2.     kaki berselaput,
3.     leher panjang, 
4.     bulu berlapis minyak.
Lingkungan darat dan perairan dangkal 
3
Ikan
1.     Memiliki sirip untuk berenang memiliki
2.     insang untuk bernapas
3.     memiliki sisik dan lendir
Lingkungan yang berair
4
Cicak
1.     Bagian telapak kaki menonjol untuk melekat,
2.     lidah panjang dan lengket,
3.     dapat memutuskan ekornya
Lingkungan bertanah dan dinding atap rumah

 Hubungan Ciri Khusus Hewan dan Habitatnya
Kamu sudah tahu ciri khusus dan habitat dari beberapa hewan.  Kamu bisa menyimpulkan hubungan antara ciri khusus dan habitat.  Kamu bisa mendiskusikan bersama teman-teman.   Lalu,  kamu bisa menuliskannya seperti contoh berikut ini. 

Hubungan ciri khusus hewan dan habitat
Setiap hewan memiliki ciri khusus sesuai habitatnya.  Ciri khusus menjadi pembeda dengan jenis hewan lain.  Selain itu,  ciri khusus menjadikan hewan mampu bertahan hidup di habitatnya.  Ciri khusus juga memudahkan hewan beraktivitas dan mendapatkan makanan.

Mengamati Ciri Khusus Hewan dan Habitatnya
Kamu sudah mengetahui ciri khusus dan habitat dari beberapa hewan.  Masih banyak ciri khusus pada berbagai jenis hewan.  Sekarang,  kamu akan mengamati ciri khusus beberapa hewan lain beserta habitatnya.  Kamu dapat mencari dari berbagai sumber bacaan.  kemudian,  kamu bisa menuliskan hasil pengamatan pada tabel . Silakan kamu perhatikan contoh tabel pengamatan berikut:
No
Nam Hewan
Ciri Khusus
Nama Hewan
1
Kelelawar

1.     sayap membentang antara tulang tulang jari dan tulang lengan yang berfungsi untuk terbang dalam jarak jauh, 
2.     jari kaki bercakar panjang dan melengkung untuk mencengkram dinding gua atau ranting pohon, 
3.     sistem pendengaran dan penciuman sangat tajam untuk mencari menemukan sumber makanan dengan jarak jauh.

lingkungan yang gelap dan lembab seperti gua dan batu-batu Karang

2
Unta

1.     Punuk unta berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan air dan lemak dari makanan yang telah dikonsumsi,
2.     telapak kaki memiliki bantalan kulit yang keras untuk berjalan di pasir yang panas,
3.     bulu mata panjang untuk melindungi mata dari debu
lingkungan yang gersang dan kering seperti gurun pasir
3
Cheetah
1.     Tubuh berwarna kuning kecoklatan dengan bintik hitam digunakan untuk berkamuflase,
2.     kaki dan tungkai panjang untuk berlari dengan langkah panjang,
3.     ekor panjang untuk menjaga keseimbangan dan mengendalikan kecepatan saat lari.

daerah kering, terbuka,  dan padang rumput
4
semut

1.     antena yang berfungsi sebagai alat indra dan alat interaksi sesama semut,
2.     dapat mengeluarkan bau khusus jika dalam bahaya,
3.     bau khusus juga digunakan sebagai alat komunikasi sesama semut
lingkungan tanah yang bersuhu sedang dan menempel pada pohon-pohon

5
Burung hantu

1.     Pupil mata dapat menyerap cahaya pada malam hari sehingga memudahkan mencari mangsa, 
2.     bulu menjulang ke atas di bagian kepala untuk mengarahkan suara masuk ke telinga,
3.     ulu halus untuk membantu terbang tanpa suara,
hutan dengan suhu udara dingin
6
penguin
1.     bulu tebal dan bagian bawah kulit terdapat lemak untuk menghangatkan tubuh, 
2.     sayap dan kaki berselaput untuk berenang dan menyelam, 
3.     tubuh bagian dalam berwarna putih dan tubuh bagian luar berwarna hitam gelap untuk berkamuflase
daerah dengan suhu udara yang sangat dingin seperti Kutub Utara.
Kamu sudah  membaca  ciri khusus dan ciri habitat beberapa jenis hewan.  Kamu juga sudah menuliskan ciri khusus setiap hewan dan habitatnya.  dari hasil membaca tersebut kamu bisa membuat kesimpulan.  kamu bisa menuliskan kesimpulan seperti contoh berikut:
Kesimpulan :
Setiap jenis hewan memiliki ciri khusus yang berbeda-beda.  ciri khusus hewan disesuaikan dengan habitatnya
Kerjakan Soal Beriku


logoblog

No comments:

Post a Comment