Sep 30, 2020

Pembelajaran 2 Subtema 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan ) Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) Kelas 6

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaaran (PPKN)

Meneladani Persatuan Para Pahlawan Mengusir Penjajah
Kemerdekaan bangsa Indonesia dapat diraih karena seluruh rakyat Indonesia.  Perjuangan tersebut dilandasi dengan rasa persatuan.  Sikap yang ditunjukkan masyarakat Indonesia untuk meraih kemerdekaan sesuai dengan makna yang terkandung dalam sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia. 
Seluruh rakyat Indonesia dengan semangat persatuan dan kerjasama mampu mengusir penjajah dari Indonesia.  Semua bersatu tanpa mempermasalahkan perbedaan asal,  latar belakang,  dan kebudayaan.  Dari rakyat biasa hingga bangsawan bersatu demi membela Indonesia.
Untuk semakin memperkuat persatuan, lahirlah semboyan “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.  Semboyan ini diciptakan untuk meningkatkan semangat persatuan pada masa penjajahan.  Persatuan para pahlawan yang bersatu mengusir penjajah tersebut diteladani oleh Andi dan teman-temannya.  Silakan kamu baca cara Andi dan teman-temannya meneladani persatuan para pahlawan melalui cerita berikut.

Bekerja Sama Dalam Perbedaan
Andi,  Adi,   Dirman,  Sultan, Irfan dan  Abbas  berteman akrab di sekolah.  Mereka berasal dari daerah-daerah yang berbeda.  Hal ini membuat mereka memiliki banyak perbedaan . mereka berbeda warna kulit,  bahasa daerah,  adat,  kebiasaan dan agama.
Meskipun berbeda,  mereka tidak pernah mempermasalahkan perbedaan tersebut.  Mereka hanya perlu membiasakan diri seperti pada saat berkenalan dengan teman baru di sekolah.  Tidak ada masalah yang akan timbul meskipun berteman dalam perbedaan. 
Andi dan teman-temannya tetap berteman dengan baik. Mereka juga dapat bekerjasama, baik saat bermain maupun mengerjakan tugas sekolah. bahkan.  Mereka saling mempelajari budaya dari daerah  satu sama lain 


Kamu sudah membaca cerita Andi dan teman-temannya.  Kamu dapat belajar dari sikap Andi dan teman-temannya dalam menghadapi perbedaan dan menjaga persatuan . Silakan kamu perhatikan hal-hal yang dapat kamu pelajari dari Andi dan teman-temannya.
Perbedaan yang dapat ditemukan :  asal daerah,  warna kulit, adat istiadat,  kebiasaan,  bahasa dan agama
Cara menyikapi perbedaan:  saling memahami,  saling menyesuaikan,  tidak mempermasalahkan perbedaan yang ada
Menghadapi perbedaan:  perbedaan tidak menghalangi Andi dan teman-temannya dalam bekerja sama.  meskipun berbeda-beda , mereka tetap bermain bersama dan dan berteman dengan baik dan bekerjasama saat melakukan permainan.
Manfaat Kerjasama Dengan Orang yang Berbeda
Perbedaan dapat mempermudah sekaligus mempersulit saat kita bekerja sama.  Oleh karena itu,  perbedaan harus disikapi dengan baik.  Ada Manfaat yang bisa kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orang yang berbeda.  Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita peroleh.
 Manfaat bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda
1.     Wawasan semakin kaya
2.     Melatih kesabaran diri
3.     Lebih banyak ide yang didapatkan
4.     Belajar berkomunikasi dengan orang lain
5.     mendapat banyak teman yang beragam

Bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda memberi manfaat tersendiri untuk kita.  Di samping itu, kerjasama juga memberi manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bekerja sama, pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat selesai.  Kerjasama juga menciptakan persatuan di masyarakat.  Persatuan di masyarakat akan membuat lingkungan menjadi aman dan nyaman. jadi,  kamu harus terus menjaga persatuan di masyarakat.  Kamu bisa memulainya dengan ada anggota keluarga menerapkan semangat persatuan dan kerjasama di rumah.

Kerjasama Dengan Teman
Banyak kegiatan yang dapat selesai dengan baik berkat kerjasama.  kamu pasti pernah bekerja sama dengan teman. kerjasama yang kamu lakukan haruslah kerjasama yang baik. berikut ini contoh kerjasama yang bisa kamu lakukan dengan teman.
1.     Membersihkan ruangan kelas
2.     Mengerjakan tugas kelompok di kelas
3.     Mengadakan peringatan ulang tahun sekolah
4.     Melakukan permainan tradisional bersama-sama
5.     Mengumpulkan sumbangan untuk korban bencana

Cara Menyikapi Perbedaan Saat Bekerja Sama
Saat bekerja sama,  kamu pasti akan menemui beberapa perbedaan. Perbedaan ini sebaiknya kamu sikapi dengan bijak.  Sikap yang baik akan menghindarkan kamu dari perpecahan dan perselisihan.  Berikut ini cara menyikapi perbedaan saat bekerja sama. 
Cara menyikapi perbedaan saat kerjasama
1.     Berbicara dengan baik satu sama lain
2.     Mendengarkan dan memahami pendapat orang lain
3.     Memusyawarahkan perbedaan yang ada
4.     Saling menghormati perbedaan fisik, agama, budaya, bahasa dan lain-lain
5.     Memanfaatkan perbedaan untuk membuat hasil yang lebih baik.

Seni Budaya Dan Prakarya
Mengenal Tari Indang
Kamu akan mempelajari Tari Indang.  Tari Indang sering juga disebut tari Badindin.  Tari Indang berasal dari daerah Minangkabau Sumatera Barat, Tari Indang menyerupai tari saman yang berasal dari Aceh.  tari ini termasuk salah satu tarian daerah yang dilandasi nilai-nilai persatuan dan kesatuan.
Tari Indang dilakukan secara berkelompok dengan gerakan yang rancak dan dinamis.  Gerakan tari indang diawali pertemuan dua kelompok penari yang membentuk formasi berbanjar dari kiri ke kanan.  Para penari duduk bersila dan melakukan gerakan simetris yang membutuhkan kerjasama serta kekompakan.  Jika ditarikan penari laki-laki dan perempuan,  posisi duduknya berselang-seling.  Gerakan antara penari laki-laki dan perempuan bisa sama dan berbeda.
Tari Indang diiringi oleh dua jenis ragam bunyi.  Bunyi pertama berasal dari tabungan alat musik tradisional khas Melayu,  seperti rebana dan gambus.  Kedua berasal dari syair yang dinyanyikan oleh seseorang.  syair tersebut juga digunakan untuk memandu gerakan tari. 
Silakan Nonton Tayangan Berikut !


Memperagakan Gerakan Dan Pola Lantai Tari Indang
Kamu sudah belajar tentang pola lantai dalam tarian.  sekarang,  kamu akan mempelajari gerakan serta pola lantai tari indang tari Sumatera Barat.  Tari Indang memiliki gerakan yang rancak dan dinamis.  pola lantai Tari Indang adalah garis lurus horizontal.  Tari Indang biasanya ditampilkan secara berkelompok sehingga diperlukan panggung yang luas.  silakan kamu tirukan gerakan beserta pola lantai berikut lakukan gerakan berulang-ulang sampai  hafal.

Silakan kerjakan tugas di https://bit.ly/Soal_1_10_20
logoblog

No comments:

Post a Comment