Sep 23, 2020

Pembelajaran 6 Subtema 1 (Rukun dalam Perbedaan) Tema Dua (Persatuan dalam Perbedaan) Kelas 6


Bahasa Indonesia
Menentukan Informasi Penting Pada Teks Dalam Bentuk Peta Pikiran
Sebelumnya,  kamu sudah menentukan informasi penting pada teks.  Kali ini,  kamu akan kembali menentukan informasi penting pada teks yang berbeda.  Silakan,  kamu baca teks berikut dengan saksama.
Pengibar Sang Saka Merah Putih
Banyak tokoh yang terlibat pada peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia.  Tokoh-tokoh tersebut memiliki peran dan tugas masing-masing.  Salah satu tokoh yang berperan penting adalah pengibar bendera merah putih.  Pengibar bendera bertugas mengibarkan sang saka merah putih sebagai penegas berdirinya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.
Pengibar bendera pada proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah Raden Abdul Latif Hendraningrat.  Ia lulusan sekolah tinggi hukum dan pernah mengajar bahasa Inggris di beberapa sekolah Menengah Atas yang dikelola Muhammadiyah dan perguruan swasta.  Abdul Latif Hendraningrat juga pernah ditugaskan ke New York untuk memimpin rombongan tari dalam acara World Fair.
Abdul Latief Hendraningrat pernah menjadi pasukan pembela tanah air (PETA).  Ia pernah terlibat dalam berbagai pertempuran.  Ia juga pernah menjadi komandan militer kota ketika Belanda menyerbu Yogyakarta pada Tahun 1948.  Pada tahun 1952, Abdul Latief Hendraningrat ditunjuk menjadi atase militer untuk Filipina lalu dipindahkan ke Washington hingga tahun 1956.

Kamu sudah membaca teks berjudul Pengibar Sang Saka Merah Putih . Kali ini, kamu akan  menentukan informasi-informasi penting yang terdapat pada bacaan Pengibar Sang Saka Merah Putih  menggunakan kata tanya.  Kamu tuliskan informasi penting tersebut ke dalam bentuk peta pikiran.  Kamu bisa menyanyikan seperti contoh berikut.

Pengibar Sang Saka Merah Putih
Apa :  Pengibar bendera  merah putih saat proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Siapa : Pengibar bendera merah putih pada upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah Abdul Latif Hendraningrat
Kapan : Ketika masih mahasiswa,  Abdul Latief Hendraningrat pernah mengajar bahasa Inggris di beberapa Sekolah Menengah Atas yang dikelola Muhammadiyah dan perguruan swasta.
Di mana :  Abdul Latif hendraningrat pernah bersekolah di sekolah tinggi hukum.
Mengapa :  Peran pengibar bendera sangat penting dalam upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia karena bertugas mengibarkan sang saka merah putih sebagai penegas berdirinya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.
Bagaimana : Abdul Latief hendraningrat pernah menjadi pasukan peta dan ikut pertempuran.  pada   tahun 1948  menjadi Komandan pasukan Ketika Belanda menyerbu Yogyakarta. tahun   1952 ditunjuk menjadi atase militer untuk Filipina hingga dipindahkan ke Washington pada tahun   1956. 

Menuliskan Kembali Informasi  Penting Pada Teks
Kamu sudah tahu cara mengelompokkan informasi pada teks menggunakan kata tanya. Kali ini,  kamu akan menuliskan kembali informasi penting pada teks  dengan mengembangkannya menjadi paragraf. Kamu bisa mengembangkan tulisan dengan kalimat sendiri.  Saat menuliskannya, kamu perhatikan penggunaan ejaan dan kosakata baku.  Kamu bisa mengembangkan informasi teks pengibar sang saka merah putih seperti berikut:

Pengibar Sang Saka Merah Putih
Pengibar sang saka merah putih berperan penting saat upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia.  Hal ini karena pengibar bendera bertugas mengibarkan sang saka merah putih sebagai penegas berdirinya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.  Pengibar bendera saat upacara pada tanggal 17 Agustus 1945 salah satunya adalah Abdul Latif Hendraningrat.
Abdul Latief Hendraningrat  menempuh studi di Sekolah Tinggi hukum.  Semasa kuliah,   ia  pernah mengajar bahasa Inggris di beberapa Sekolah Menengah Atas yang dikelola oleh Muhammadiyah dan perguruan swasta.  Abdul Latief Hendraningrat juga pernah menjadi pasukan PETA dan ikut pertempuran.  Pada Tahun 1948,  ia  menjadi komandan militer kota Ketika Belanda menyerbu Yogyakarta.  di tahun 1952,  ia  di menjadi untuk Filipina lalu dipindahkan ke Washington hingga tahun 1956

PPKN
Wujud Persatuan di Kelas
Indonesia terdiri dari masyarakat yang majemuk atau beragam. Keberagaman tersebut tidak menimbulkan  pertikaian atau perpecahan.  Kita tetap harus mewujudkan persatuan  dengan menciptakan kerukunan di tengah masyarakat yang beragam atau masyarakat yang majemuk.  Kerukunan harus dibiasakan atau dibina kapan pun dan dimana pun kita berada, baik di rumah, di sekolah, maupun di lingkungan masyarakat.  Kamu juga harus menjaga kerukunan  di dalam kelas.  Dengan demikian,  persatuan dapat terwujud dalam kelas.  Berikut ini adalah beberapa contoh wujud persatuan yang bisa kamu lakukan  sekolah baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
1.     Melakukan piket, baik di dalam maupun di luar kelas secara bersama-sama.
2.     Bermain dengan teman tanpa membeda-bedakan.
3.     Membantu teman yang kesulitan memahami pelajaran.
4.     Meminjami alat tulis kepada teman yang membutuhkan.
5.     Belajar bersama dengan membuat kelompok belajar.

Manfaat Persatuan di Sekolah
Kamu sudah mengetahui wujud-wujud persatuan di  sekolah. Kamu harus melakukannya agar mendapatkan manfaatnya.  Berikut ini manfaat yang kamu peroleh jika mewujudkan persatuan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
1.     Persahabatan semakin erat
2.     Membangun kekompakan ketika  olahraga
3.     Suasana belajar saat di sekolah menjadi nyaman
4.     Dapat mengadakan musyawarah bersama
5.     Merasa aman saat berada sekolah

Membuat Rencana Mewujudkan Nilai Persatuan di Kelas
Persatuan sebenarnya mudah untuk diwujudkan.  terlebih Lagi,  banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dengan adanya persatuan di masyarakat.  Oleh karena itu,  kita terus  mewujudkan persatuan dalam kehidupan sehari-hari.  Kita memulai dari  hal-hal yang kecil atau sederhana.  Kamu dapat membuat rencana mau wujudkan nilai persatuan di kelas seperti yang dibuat Ade berikut.

Setiap hari Senin,  aku  mendapat tugas piket kelas.  Kelompok piket ke terdiri dari lima anak.  Melaksanakan tugas piket bersama-sama teman sekelompokku merupakan wujud persatuan di kelas .  Aku dan teman-teman  akan selalu mewujudkan persatuan tersebut.
Untuk mewujudkannya,  aku dan teman-teman sekelompokku membuat kesepakatan.  Kami harus berangkat lebih awal daripada hari lainnya.   Siapapun yang sampai di kelas terlebih dahulu, harus segera menyapu.  Teman-teman yang datang kemudian harus segera membantu dan mengerjakan tugas piket lainnya. 

Pentingnya Hidup Rukun dengan Teman
Di sekolah,  kamu bertemu  beragam orang.  Kamu harus menjaga kerukunan dengan warga sekolah lainnya,  terutama teman-teman di kelas.  Kamu juga harus menjaga kerukunan dengan teman bermain.  Berikut pentingnya hidup rukun dengan teman-teman. 
1.     Mudah untuk bekerja sama
2.     Merasa nyaman saat bertemu
3.     Muasana di kelas tetap nyaman
4.     Dapat bermain atau belajar bersama
5.     Mudah untuk meminta bantuan teman

Silakan kerjakan Soal berikut :


logoblog

No comments:

Post a Comment