Oct 24, 2015

Mengenal Sistem Jaringan Internet/Intranet



Dewasa ini, istilah jaringan komputer bukanlah sesuatu yang asing lagi. Hampir di setiap bidang usaha, baik perusahaan yang berskala nasional maupun internasional, menggunakan jaringan komputer untuk mempermudah dan memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Selain di bidang usaha, jaringan komputer sudah banyak dimanfaatkan di bidang pendidikan, baik di sekolah maupun perguruan tinggi.

Salah satu aplikasi jaringan komputer dalam skala besar adalah Internet. Internet merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi tanpa batasan ruang dan waktu. Hal ini dapat terjadi karena perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat sehingga dalam beberapa tahun, jumlah pengguna Internet berlipat ganda.

1. Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya. Hubungan tersebut menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga setiap komputer dapat saling berbagi informasi, program, penggunaan perangkat keras seperti printer atau hard disk secara bersama. Sebuah jaringan, biasanya, terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan, saling berbagi sumber daya, dan saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer tersebut dapat terhubung oleh media kabel (wireline) ataupun dengan media tanpa kabel (wireless). Media tanpa kabel menggunakan gelombang radio atau frekuensi tertentu yang berfungsi sebagai pengantar informasi.

2. Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer sangat banyak digunakan oleh orang, baik untuk kepentingan bisnis maupun untuk kepentingan pribadi. Hal itu tidak terlepas dari manfaat yang diberikan oleh jaringan komputer. Di bawah ini akan dij elaskan manfaat dari jaringan komputer.

a. Pembagian Sumber Daya (Sharing Resources)

Pembagian sumber daya bertujuan agar seluruh program, peralatan, atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer. Pembagian ini terlaksana tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.

b. Media Komunikasi

Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antarpengguna, baik untuk teleconference maupun mengirim informasi yang penting.

c. Integrasi Data

Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja. Proses tersebut dapat didistribusikan oleh komputer lainnya. Oleh sebab itu, data yang terintegrasi akan memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.

d. Pengembangan dan Pemeliharaan

Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya. Contohnya, satu printer dapat digunakan oleh sejumlah komputer secara bersamasama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat hard disk dan peralatan lainnya. Misalnya, untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus, pemakai cukup memusatkan perhatian pada hard disk dalam komputer pusat.

e. Keamanan Data

Sistem jaringan komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Penyebabnya, pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan hard disk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.

f. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini

Dengan pemakaian sumber daya secara bersama-sama, pemakai jaringan komputer akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu, data atau informasi yang diakses selalu terbaru karena setiap perubahan dapat segera diketahui oleh pemakai.
logoblog

No comments:

Post a Comment