Mar 15, 2016

Ternyata ‼! Susu Dapat merusak Gigi Anak ketika ditambahkan Sereal atau Gula.

Jika sudah menyangkut masalah kesehatan anak , banyak sekali informasi yang berkembang baik di media sosial, media cetak maupun media elektronik. Informasi ini kadang membuat para orang tua kebingungan tentang kebenarannya , misalnya susu yang diminum anak akan membuat gigi menjadi rusak, gigi menjadi hitam atau gigi menjadi berlubang dan kerusakan lainnya.

Susu merupakan minuman yang tidak hanya dikonsumsi golongan anak – anak . Tetapi orang dewasa, bahkan para orang lanjut usia juga mengkonsumsi susu sebagai nutrisi yang tidak terlewatkan setiap harinya.

Penelitian tentang susu dan kaitannya dengan kesehatan rongga mulut sudah dilakukan sejak  tahun 1930 – an. Para peneliti menyimpulkan bahwa bahwa dengan mengkomsumsi susu tidak berdampak negattif terhadap gigi malah mempunyai dampak positif bagi kesehatan rongga mulut. Kandungan laktosa dalam susu mampu mencapai 80% dapat menyebabkan susu dikelompokkan penyebab terjadi kariogenik atau peneyebab gigi berlubang. Namun komponen lain pada susu seperti kasein, lemak, protein, dan mineral justru dapat terjaga kesehatan gigi dan mampu melindungi gigi dari kerusakan   seperti keropos dan gigi berlupang.

Kandungan kadar phosporus dan kalsium yang tinggi pada susu, lapisan email gigi pasti akan terlindungi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahawa mengkomsumsi atau meminum susu justru melindungi gigi dan tidak akan menyebabkan gigi menjadi rusak atau berlubang dan kerusakan gigi lainnya.Hal ini dibuktikkan oleh hasil peneletian sekitar tahun 1996 – 1997 dan tahun 2003. Peneliti menyimpulkan bahwa anak yang meminum susu memiliki kecenderungan gigi berubang yang sedikit, kecuali pada saat meminum susu ditambahkan sereal atau gula.

Lalu apa yang menyebabkan gigi anak berlubang grepes dan menghitam? Kerusakan gigi pada anak berupa gigi berlubang mempunyai istilah Early Childhood Caries atau Baby Bottle Tooth Decay. Penyebab kerusakan gigi seperti ini adalah sering gigi bayi atau gigi anak – anak terpapar oleh minuman atau makananan yang mengandung gula. Susu ditambahkan gula, diberi jus, teh manis dan lain – lain.

Oleh sebab itu, sebaik para orang tua terutama ibu menghindari makanan atau minuman yang mengandung gula dalam waktu yang lama. Selain itu hindari juga kebiasan anak minum dari botol dot yang masih digunakan ketika anak tersebut tertidur. Resiko gigi anak berlubang , grepes dan menghitam semakin besar  jika kebersihan anak  gigi anak tersebut dijaga dengan baik oleh orang tuanya terutama ibu. Seperti tidak membersihkan dengan baik dan benar. Oleh karenanya, orang tua wajib menyikat gigi anak dengan cara yang benar, serta bersihkan atau sikat giginya  menggunakan pasta gigi yang sesuai usianya. Lakukan kontrol gigi anak sedini mungkin ke dokter gigi atau dokter gigi spesialis anak sejak gigi pertama anak tumbuh atau tahun pertama usia anak agar pertubuhan gigi anak tersebut  dapat dipantu dengan baik.
logoblog

No comments:

Post a Comment