Aug 11, 2020

Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan Pembelajaran 2 ( Kelas 6 )

Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PPKn)
Nilai-nilai Dalam Pancasila

Pancasila merupakan dasar negara kita yang berisi nilai-nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kelima sila Pancasila memiliki nilai-nilai yang perlu kita terapkan dan teladani dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini ini nilai-nilai yang termuat dalam kelima sila Pancasila.

Ketuhanan Yang Maha Esa.
Sila pertama Pancasila menunjukkan bahwa bangsa Indonesia percaya adanya Tuhan yang maha esa. Nilai-nilai dalam sila pertama menjunjung tinggi ketakwaan kepada Tuhan dan toleransi dalam beragama.

Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
Sila kedua Pancasila menunjukkan adanya pengakuan terhadap persamaan derajat antar sesama manusia. Nilai-nilai dalam sila kedua menjunjung tinggi solidaritas antar manusia, hak asasi manusia, dan perdamaian.

Persatuan Indonesia
Sila ketiga Pancasila menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mengakui dan menghargai keragaman yang ada di Indonesia. Nilai-nilai dalam sila ketiga menjunjung tinggi rasa cinta tanah air serta persatuan dan kesatuan bangsa.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Sila keempat Pancasila menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi. Dalam menjalankan pemerintahan, keputusan diambil dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat. Nilai-nilai dalam sila keempat menjunjung tinggi musyawarah untuk mencapai mufakat.

Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Sila kelima Pancasila menunjukkan tujuan bangsa Indonesia, yaitu masyarakat yang adil serta makmur secara lahir dan batin. Nilai-nilai dalam sila kelima menjunjung tinggi persamaan hak dan kewajiban, suasana gotong royong, hidup hemat, dan bekerja keras.

Menentukan Perilaku yang Sesuai dengan Nilai Pancasila.
Merawat hewan dan tumbuhan di sekitar juga termasuk perilaku yang sesuai nilai Pancasila. Oleh karena itu, sebaiknya merawat hewan dan tumbuhan di sekitar dengan baik. Kita dapat meniru perilaku yang ditunjukkan Uni dalam cerita berikut.

Uni memiliki kucing yang sangat dia sayangi. Terkadang, Uni mengejar kucing yang bermain di taman atau di halaman rumah. Kalau Uni sedang bersekolah atau bepergian, kucing Uni bermain sendiri. Memanjat atap rumah, berguling, atau permainan dengan bola adalah hal yang disukai kucing Uni. 

Pagi ini, Uni merasa sedih. Semalam, ada kucing liar yang mengganggu kucing peliharaannya. Badan kucing Uni terluka karena dicakar kucing liar. Uni nenjadi panik karena tubuh kucingnya penuh luka dan berdarah. Uni lalu membawa kucing ke dokter hewan untuk diobati.

Dokter hewan sangat teliti mengobati kucing Uni. Untuk menutupi luka pada kucing Uni, daftar hewan memasang beberapa perban. Setelah diobati, Uni membawa kucingnya pulang.Uni senang karena sekarang kucingnya terlihat lebih sehat.

Kamu sudah membaca cerita Uni menolong kucingnya yang terluka. Uni menunjukkan perbuatan baik yang sesuai dengan Pancasila. Uni dalam mengamalkan sila kelima Pancasila yaitu menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.

Memiliki hewan peliharaan membuat uni senang karena merasa terhibur. Uni film mendapat haknya saat memiliki hewan peliharaan. Oleh karena itu, Uni wajib merawat dan menyayangi hewan peliharaan. Jika kucing yang terluka, Uni memiliki kewajiban untuk mengobati.

Melindungi dan menyayangi hewan peliharaan termasuk kewajiban kita. Kita harus melaksanakan kewajiban merawat hewan peliharaan. Dengan demikian, hewan peliharaan kita akan tetap sehat. Kita pun akan mendapatkan kesenangan karena bisa bermain bersama hewan peliharaan.

Contoh Penerapan Sila Pancasila tentang Melestarikan Hewan
Merawat dan menyayangi hewan membuat hewan-hewan di sekitar tetap lestari. Melestarikan hewan juga termasuk penerapan sila Pancasila. Berikut contoh perilaku yang bisa kita terapkan untuk melestarikan hewan.
  1. Memberi makan hewan peliharaan dengan teratur
  2. Memperlakukan hewan hewan di sekitar kita dengan baik
  3. Menanam pohon agar menjadi tempat burung bersarang
  4. Memberi makan hewan liar agar tidak mencuri makanan
  5. Agar sungai tetap bersih agar ikan ikan dapat hidup dengan baik

Seni Budaya dan Prakarya
Bahan Pewarna Patung
Sebelumnya, kamu sudah bisa membuat patung. Patung buatan kamu akan terlihat lebih bagus dan menarik jika diwarnai. Kamu bisa mewarnai patung sesuai keinginan dengan cat poster dan cat akrilik.

1. Cat poster
Cat poster atau biasa disebut cat plakat merupakan zat yang bersifat menutup secara merata. Cat poster mengandung bahan dasar minyak sehingga menghasilkan warna yang mengkilap. Biasanya, cat poster memiliki warna dasar merah, biru, kuning, hitam, dan putih.

2. Cat akrilik
Cat akrilik merupakan cat bersifat cepat mengeras saat kering. Cat akrilik mengandung bahan dasar plastik sehingga dapat kering dengan cepat. Cat akrilik harus digunakan dengan cepat sebelum mengering. Setelah cat kering, warna yang dihasilkan cat akrilik sulit dihapus.

Teknik Mewarnai Patung
Mewarnai mewarnai patung juga memerlukan teknik tertentu agar hasilnya bagus. Ada dua jenis teknik pewarnaan patung, yaitu teknik aquarel dan teknik plakat. Perhatikan dan simak penjelasan berikut ini agar semakin jelas.

1. Teknik pewarnaan aquarel.
Teknik pewarnaan aquarel adalah teknik mewarnai patung dengan sapuan warna yang tipis. bahan pengencer seperti minyak atau air ditambahkan dalam jumlah banyak ke dalam cat. Dengan demikian, warna yang dihasilkan akan cenderung tipis dan transparan.

2. Teknik pewarnaan plakat.
Teknik pewarnaan plakat adalah teknik mewarnai patung dengan sapuan warna yang tebal. bahkan pengencer ditambahkan dalam jumlah sedikit sehingga masih kental. dengan demikian warna yang dihasilkan cenderung pekat.

Mewarnai Patung dari Plastisin Lempung Terigu
Kamu sudah tahu bahan dan teknik mewarnai patung. Kali ini kamu akan belajar mewarnai patung agar lebih indah. Kamu siapkan dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan. Selanjutnya, kamu simak langkah-langkah mewarnai patung berikut

Alat dan bahan
  • Kuas
  • Air
  • Cat poster
  • Palet atau wadah cat
  • Koran bekas
  • Patung dari plastisin yang sudah kering

Langkah-langkah Membuat
  1. Kamu siapkan patung dan pastikan patung itu telah benar-benar kering.
  2. Ambil koran sebagai alas lalat agar lantai tidak kotor dan mudah dibersihkan
  3. Tuangkan cat poster pada wadah atau palet
  4. Kamu tambahkan air, lalu aduk hingga tercampur rata. Kamu pastikan tidak terlalu encer atau terlalu pekat.
  5. Warnai patung yang sudah dibuat sesuai keinginan
  6.  Patung sudah selesai diwarnai

Lanjutkan Mengerjakan Soal Berikut Berikut dibawah ini.

Tulis Bahtiar di Kolom Guru Kelas 
logoblog

No comments:

Post a Comment