Jan 29, 2017

Cara Membuat Kotak Berhias Bunga dan Daun


Kotak kayu yang dilapisi pernis bening sangat cocok untuk kerajinan ini. Urat-urat kayunya yang masih tampak menjadi latar belakang yang indah bagi bunga-bunga dan daun-daun yang dijadikan hiasan. Kali ini bisa memakai bunga dan daun asli yang telah dipres atau dikeringkan.

Adapun alat dan bahan adalah sebagai berikut.
  • Kotak kayu
  • amplas
  • Bunga yang telah dipres atau dikering
  • Daun yang telah dikeringkan atau dipres.
  • Lem PVA
  • Kuas
  • Pernis
  • Pinset atau penjepit
  • Kertas tisu
Cara mebuat Kotak Berhias bunga dan daun adalah
  1. Bersihkan dulu kotak kayu yang akan dipakai. Jika hendak memakai kotak bekas yang sudah kotor, amplas terlebih dahulu permukaannya hingga semua kotorannya hilang. Setelah diamplas, bersihkan dengan hingga semua debunya hilang
  2. Sebelum daun dan bunganya dilem, sebaiknya bentuknya diperbaiki dulu. Pada tahap ini bisa menggunakan daun pakis karena daun pakis sangat panjang dan besar. Yang digunakan hanya cabang-cabang daun pada bagian ujung saja. Pegang ujungnya daun pakis dengan tangan kiri, Kemudian dengan menggunakan pinset, lepaskan cabang-cabang daun yang tidak terpakai.
  3. Pegang bagian ujung daun dengan pinset. Hati-hati jangan sampai merusak daunnya. Gunakan kuas untuk mengoleskan lem pada permukaan hingga melekat pada kayu.
  4. Letakkan daun-daun pakis dan bunga pada bagian yang diberi lem. Tekan bagian yang telah melekat itu dengan menggunakan kertas tisu.
  5. Jika seluruh hiasannya telah terpasang, periksalah apakah semua hiasan telah melekat dengan baik. Jika ada bagian yang belum melekat, oleskan lem dengan kuas. Oleskan juga lem pada bagian-bagian yang menonjol, sperti pada benang sari bunga,Jika semua bagian telah dilapisi lem, biarkan hingga lemnya benar-benar kering.
  6. Gunakan kuas kecil untuk mengoleskan pernis pada seluruh permukaan kotak yang telah dipasangi hiasan. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat. 
Lapisan bagian dalan kotak dengan saputangan linen bermotif bunga-bunga . Kemudian , letakkan coklet atau kue kering buatan sendiri. Maka jadilah sebuah hadiah yang istimewa bagi orang yang disayangi.

Selain bunga asli bisa juga menggunakan bunga dan daun plastik imitasi untuk menghiasi kota hadiah dengan diberi pemanis pita. Bunga dan daun hiasan itu dapat ditempelkan dengan menggunakan lem.
logoblog

No comments:

Post a Comment