Jan 27, 2017

Membuat Hiasan Pasir, Kulit Kerang, Kaleng Biskuit Berbentuk Kotak.

Membuat hiasan indah tidak sulit. Bahannya mudah didapat,bianya tidak mahal. Untuk lebih hemat, bisa membuat hiasan-hiasan tersebut dari berbagai macam barang bekas, misalnya kotak sepatu. Barang bekas itu bisa digunakan sebagai hiasan yang sangat menarik dengan memberikan berbagai macam pernak-pernik yang bagus dan indah.

Untuk membuat hiasan pasir, kulit kerang, kaleng biskuit diperlukan bahan sebagai berikut .
  • Kaleng biskut berbentuk persegi
  • Amplas.
  • Koran bekas
  • pasir putih
  • kertas koran
  • sendok pasir mini/sendok palet
  • lem PVA
  • kulit-kulit kerang kecil yang sudah dibersihkan
  • Kain beludru yang lebarnya sama dengan dasar kotak


Cara membuat hiasan hiasan pasir , kulit kerang dan kaleng biskuit adalah
  1. Bersihkan seluruh permukaan kaleng biskuit yang berbentuk kotak dengan sampai bersih
  2. Tebarkan pasir di atas selembar koran. Cobalah menyusun kulit kerang menjadi hiasan indah.
  3. Gunakan kulit-kulit kerang bsesar hanya dibagian atas kotak. Pekerjaan ini dimaksudkan agar tidak membuat kesalahan saat menyusun kulit kerang pada pasir yang sudah berperekat. Karena terlalu sering dicopot, permukaan pasirnya akan rusak, jadi pastikan menyusun dengan teliti dan benar.
  4. Ambil pasir dengan jumlah yang cukup untuk melapisi permukaan bagian atas kotak. Buang batu-batu yang ukurannya agak besar yang terdapat dalam pasir. Campurkan lem PVA kedalam pasir tersebut. Aduk rata dengan menggunakan sendok palet. Hasilnya akan seperti adonan kue.
  5. Dengan sendok palet, oleskan adonan pasir dan lem pada permukaan kotak dengan ketebalan 6 mm pada bagaian atas kotak. Untuk sisi kotak, lapisannya lebih tipis.
  6. Selanjutnya susunlah kulit-kulit kerang pada lapisan pasir selagi lapisan tersebut masih basah. Biarkan satu bagian mengering lengkap dengan hiasannya, sebelum memulai dengan permukaan kotak yang lain. Adonan tersebut akan kering dan mengeras dalam waktu kurang lebih 24 jam.
  7. Gunakan kulit-kulit kerang yang kecil untuk menghiasi bagian sisi kotak. Karena bagian ini, lapisan pasir dan lemnya lebih tipis.
  8. Jika ada bagian permukaan kota yang tidak terlapisi adonan, oleskan lem pada bagian tersebut. Kemudian taburkan pasir di atasnya. Usahakan seluruh permukaan kaleng biskuit tertutup rata oleh adonan pasir.
  9. Jika seluruh sisi kaleng telah tertutup rata, pasang kain beludru pada bagian dasar kaleng. Dengan cara yang sangat mudah yaitu potong kain beludru sesuai dengan ukuran dasr kaleng. Lekatkan kaleng PVA. Hati-hati menggunakan lem. Usahakan permukaan kain menempel dengan rata, jangan ada bagian yang menggelembung.

Kaleng atau kotak berlapis pasir dengan hiasan kulit kerang ini sangat bagus sebagai tempat menyimpan perhiasan yang terbuat dari benda-benda alami, Misalnya perhiasan yanag terbuat dari kayu, batu atau pun kerang. Kerajinan ini tidak harus menggunakan kulit kerang yang masih utuh. Tetapi kulit kerang yang sudah pecah pun bisa digunakan. Asalkan bagian yang pecah itu bisa disembunyikan dengan membenamkan dalam adonan pasir dan lem.

Simak Video Tutorial Berikut



logoblog

No comments:

Post a Comment