Feb 9, 2017

Cara Membuat Toples Berhias Biji-Bijian

Toples Plastik berbentuk bundar ini menjadi unik setelah ditempeli biji-bijian berwarna-warni seluruh permukaannya

Alat dan Bahan
  1. Toples plastik bundar.
  2. 200 gram biji jagung kecil-kecil (makanan ayam)
  3. Kertas karton yang bersih
  4. 100 gram biji kacang hijau
  5. Lem PVA
  6. Pernis
  7. Setengah bagian biji pala
  8. Lem UHU
  9. Pinset

Cara Membuat :
  1. Amplas permukaan toples plastik dan bersihkan dari semua debu yang melekat. Dengan diamplas, jadi mudah untuk meletakkan biji-bijian pada permukaan toples.
  2. Letakkan butiran jagung di atas selembar kertas yang bersih. Kemudian, olesi bagian sisi toples dengan lem PVA hingga merata. Pastikan, bagian atas menyatu dengan toples tidak diberi lem. Masukkanlah kelima jarimu ke dalam toples. Kemudian, gelindingkan toples di atas hamparan biji jagung.
  3. Jika semua bagian telah tertutup dengan biji jagung, biarkan lemnya mengering. Kemudian, peganglah toples pada bagian yang tidak dilapisi lem, dan goyangkan. Biji jagung yang tidak terkena lem akan berjatuhan.
  4. Ulangi langkah kedua. Namun, kali ini yang diberi lem hanyalah bagian yang belum tertempel jagung. Setelah jagung melekat sempurna dan lemnya kering benar, kembali goyang-goyang toplesnya agar jagung yang tidak terkena lem berjatuhan.
  5. Jika masih ada bagian yang berlubang, oleskan kembali lem. Kemudian, taburkan biji jagung di atasnya.
  6. Olesi bagian tutup toples dengan lem. Tempelkan pada hamparan biji kacang hijau. Biarkan lemnya mengering. Bagian yang belum tertutup diberi lem lagi. Tempelkan biji kacang hijau dengan bantuan pinset. Lakukan hal yang sama pada bagian sisi lain tutup toples.
  7. Pastikan tidak ada lagi biji yang tidak melekat dengan sempurna . Oleskan pernis pada seluruh permukaan biji-bijian. Biarkan pernisnya mengering
  8. Potong sebutir biji pala menjadi dua bagian. Dengan bantuan lem UHU, letakkan separuh biji pala itu bagian tutup toples.
Variasi
Biji-bijian yang besar juga bisa digunakan untuk melapisi kotak dan menjadikannya hiasan menarik. Namun, tentu saja cara menempelkannya tidak sama dengan yang dilakukan pada biji-bijian kecil. Biji-bijian besar, satu persatu ditempelkan dengan lem UHU dan bantuan pinset. Toples berhias biji-bijian ini sangat bagus untuk tempat permen atau coklat. Masukkan macam-macam jenis kembang gula. Maka jadilah sebuah hadiah yang sangat menarik untuk ibu, bapak, kakak, adik atau teman yang menurut kalian istimewa.

logoblog

No comments:

Post a Comment