Feb 8, 2017

Contoh Permainan Pramuka Yang Menantang

Gerakan pramuka sebagai tempat pendidikan karakter dan moral diharapkan dapat berkembang guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi penerus yang baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan Indonesia serta membangun dunia yang lebih baik. Oleh karena itu, kualitas pendidikan kepramukaan harus semakin berkembang seiring perkembangan zaman dan teknologi. Kegiatan yang mengarah pada hukuman fisik harus ditinggalkan. Semua kegiatan kepramukaan hendaknya merupakan kegiatan kreatif rekreatif yang dapat menjadi daya pikat para peserta didik untuk berpramuka.

Para pembina pramuka seharusnya memiliki kemampuan untuk mengembangkan berbagai jenis kegiatan kreatif rekreatif yang sejalan dan seirama dengan tingkat perkembangan peserta didik. Konsep permainan yang menarik, menantang dan mengandung pendidikan diharapkan menjadi solusi andal  dalam menarik peserta didik untuk berpramuka. Selain itu, kegiatan tersebut dapat memicu meningkatnya kreativitas peserta didik dalam menghadapi segala tantangan dan peluang  yang timbul dalam kehidupannya. Rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama juga akan terbentuk melalui kegiatan ini.

Bentuk-bentuk permainan menarik dan menantang bagi anggota pramuka hendaknya mengedapankan aspek kognitif, psikomotorik, dan efektif yang pada akhirnya bermanfaat bagi anggota pramuka secara pribadi maupun kelompok. Berikut contoh permainan yang menarik dan menantang dalam kepramukaan adalah “” Uji Keberanian”

Peserta:
Perseorangan ( dapat dilakukan serentak oleh beberapa orang )

Waktu permainan:
3 Menit

Alat
Dua buah botol softdrink besar dan satu lembar kartu HVS untuk setiap peserta.

Cara Bermain 

  1. Permainan dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan
  2. Dua buah botol minum softdrink besar disusun  dengan posisi mulut botol saling menempel
  3. Diantara kedua mulut botol tersebut dihimpitkan ujung kertas HVS .
  4. Para peserta diminta untuk menarik kertas HVS tersebut tanpa menjatuhkan botol tersebut.
  5. Pada saat menarik kertas pserta tidak boleh memegang kedua botol tersebut.
  6. Waktu yang diberikan adalah tiga menit.
  7. Dalam tiga menit pembina bisa membunyikan pluit sebagai tanda berakhirnya permainan.
  8. Peserta yang mampu menarik kertas tanpa menjatuhkan kedua botol tersebut dinyatakan sebagai pemenang

Resiko permainan ini adalah ketika botol terjatuh dan pecah sehingga dapat melukai peserta apabila tidak berhati-hati.
 
Pembahasan dan Makna Permainan
Pada saat menarik kertas pasti timbul keragu-raguan karena ada rasa takut apabila botol terjatuh dan pecah. Selain itu, juga timbul keragu-raguan karena para peserta terlalu lama memikirkan cara atau teknik menarik kertas tersebut. Dalam permainan ini tersirat makna tentang keberanian untuk memutuskan dan mengambil langkah  menuju kesuksesan dengan meminimalkan resiko yang ada . Aspek kognitif adalah berfikir cepat dan aspek efektif adalah keberanian bertindak dengan menggunakan perasaan yang diperlukan untuk menarik kertas tesebut.

Pada dasarnya kertas dapat ditarik tanpa menjatuhkan botol dengan cara yaitu kertas ditarik  dengan cepat dalam posisi sejajar atau datar  dengan mulut botol. Pada saat menarik kertas tidak boleh ragu dengan menggunakan perasaan . Hal ini disebabkan oleh sesuatu penegrtian bahwa setiap benda secara alamiah akan mempertahankan posisinya sehingga ketika kertas ditarik dengan cepat tanpa ragu-ragu, botol tidak akan jatuh.
logoblog

No comments:

Post a Comment