Feb 23, 2017

Pengertian Sumber Daya Manusia

Aset paling penting yang harus dimiliki oleh organisasi, baik organisasi privat maupun organisasi public adalah tenaga kerjanya atau manusianya (human resources). Terminologi SDM merujuk kepada orang-orang yang bekerja dalam suatu organisasi, dan signifikansi upaya SDM merupakan elemen yang senantiasa ada dalam setiap organisasi. Berhasil dan tidaknya suatu organisasi sangat tergantung pada SDM-nya tersebut, karena mereka inilah yang bekerja membuat rencana atau program, mengembangkan diri, mengadakan inovasi, dan dalam mencapai tujuan organisasi. Berpegang dari pengertian tersebut bahwa SDM harus diartikan sebagai sumber kekuatan yang berasal dari manusia, serta merujuk pada individu-individu dalam organisasi dan dapat didayagunakan oleh organisasi itu. 

Keberadaan SDM dalam organisasi adalah merupakan sumber daya yang paling vital dan merupakan kekuatan (power) bagi kelangsungan hidup suatu organisasi dalam mencapai tujuannya. Seperti apa yang dikatakan oleh Theodore Schults yang memopulerkan human capital sebagai modal insani, menekankan bahwa SDM sebenarnya adalah aset atau modal bagi sebuah organisasi yang justru akan menentukan keberhasilan atau kegagalan organisasi dalam merealisasikan visi dan strateginya (Ruky, 2006:11).

Permasalahan yang sangat mendasar berkaitan dengan SDM organisasi adalah masalah kualitas, apalagi kalau dipandang bahwa semua SDM itu sama. Padahal hakikatnya manusia itu berbeda, baik secara fisik, emosional, maupun psikologisnya. Intinya bahwa pluralisme dikalangkan karyawan itu ada dan harus menjadikan perhatian untuk dapat mengenali, menggali, dan mengembangkan kompetensi yang dimilikinya sehingga mereka dapat bekerja secara optimal, produktif, dan profesional dengan kualitas yang mewadahi. Menurut Ruky (2006:11) bagi sebuah perusahaan atau organisasi manapun, ada “tiga” sumber daya atau modal strategik lain yang mutlak harus mereka miliki untuk dapat menjadi sebuah perusahaan atau organisasi yang unggul. 

Tiga sumber daya kritis tersebut adalah: 

  1. Financial resource yaitu sumber daya yang berbentuk dana atau modal finansial yang dimiliki. 
  2. Human resource yaitu sumber daya yang berbentuk dan berasal dari manusia sebagai modal yang paling dasar. 
  3. Information resource yaitu sumber daya yang berasal dari berbagai informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan strategis ataupun teknis.
Lebih lanjut dikatakan oleh Ruky bahwa dari ketiga sumber daya tersebut yang paling penting dan bersifat strategik sekaligus sulit diperoleh dan dikelola adalah human resource, yaitu SDM yang mempunyai kualitas pas sesuai dengan apa yang diinginkan oleh organisasi baik privat maupun public.

Menurut Syamsudin (2006:21) bahwa pengertian SDM adalah orang-orang yang merancang serta menghasilkan barang dan jasa, mengawasi mutu, memasarkan produk, mengalokasikan sumber daya finansial, serta merumuskan seluruh strategi dan tujuan organisasi. SDM inilah yang menggerakkan sumber daya lainnya, dan tanpa orang-orang yang memiliki keahlian dan berkompeten maka mustahil bagi organisasi untuk mencapai tujuannya. Banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh organisasi tidak akan dapat memaksimalkan produktivitasnya tanpa adanya komunitas karyawan yang berkeahlian, kompeten, dan berdedikasi tinggi terhadap organisasi. SDM merupakan sumber daya yang sangat penting bagi efektivitas organisasi, ada dua alasan pokok.  

  • SDM adalah orang yang merancang dan memproduksi barang dan jasa, mengawasi kualitas, memasarkan suatu produk, mengalokasikan sumber daya finansial, dan menentukan seluruh tujuan serta strategi organisasi. 
  • SDM merupakan alat yang paling vital dan pokok dalam menjalankan roda organisasi atau menjalankan bisnis perusahaan (Simamora, 1995:1-2).
logoblog

No comments:

Post a Comment