Dec 13, 2019

HAL YANG HARUS DIHINDARI SAAT PROMOSI DI MEDIA SOSIAL


Beberapa akun online shop atau toko online di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter kerap membuat banyak orang merasa sebal hingga geleng-geleng kepala.

Alasannya sederhana, akun tersebut melakukan berbagai cara promosi yang menyebalkan dan mengganggu kenyamanan dalam bermedia sosial.

Tidak jarang, pengguna media sosial yang merasa terganggu akan memblokir akun-akun online shop yang suka seenaknya dalam melakukan promosi. Bukannya mendapatkan perhatian secara positif, cara-cara promosi yang terlalu berlebihan akan membuat bisnis Anda dicela.

Untuk itu, bagi Anda yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memasarkan produk maupun jasa bisnis Anda, sebaiknya hindari cara-cara promosi yang menganggu orang lain. 

Silakan Anda simak contoh-contohnya di bawah ini.

1. Mengunci Akun Anda

Mengunci akun media sosial Anda memang tidak merugikan orang lain. 
Biasanya, Anda menguncinya agar orang lain mau mengikuti atau follow akun Anda terlebih dahulu. Namun, cara ini kadang tidak berhasil. 
Orang lain yang baru saja mengetahui nama akun Anda dan sudah penasaran untuk melihat-lihat produk Anda, malah tidak bisa ‘stalking’ dan akhirnya malah mencari online shop lain yang tidak menggembok akunnya.
Malah-malah, mereka akan mencela; "Itu akun jualan atau kotak amal? kok digembok? 🙈"

2 Tag Foto Secara Massal

Saat Anda mengunggah foto, Anda bisa melakukan tag ke puluhan akun lain sekaligus. Namun, jika Anda men-tag foto secara massal ke sembarang orang yang tidak ada kaitannya dengan bisnis Anda, maka postingan Anda akan dianggap sebagai spam.  
Sebab tidak semua orang suka mendapatkan notifikasi sembarangan di media sosial. Sangat-sangat mengganggu.
Jangan tag sembarangan ke akun orang lain, ini termasuk adab dalam bermain sosial media khususnya bagi Anda pebisnis online.

3. Komentar Spam di Akun Orang Lain

Coba Anda perhatikan kolom komentar selebriti di media sosial seperti Instagram. Banyak sekali komentar spam yang mengganggu. 

Contohnya “Dijual murah produk pelangsing. Yuk, cek IG kita, kak. Keburu IG kita di banned bla bla bla...” 

Komentar yang tidak berhubungan dengan postingan itu dianggapsangatlah tidak etis. Cara promosi yang murahan, meski kadang Anda mungkin bisa saja mendapatkan pembeli baru dengan cara promosi di kolom komentar akun orang lain.

4. Terlalu Banyak Postingan Dalam Sehari

Memang sih, Anda bebas memposting produk Anda di akun media sosial. Namun, perhatikan juga kenyamanan para pengikut akun Anda. Sebab semua postingan Anda akan muncul di timeline atau halaman beranda mereka. Jika setiap hari Anda memposting banyak konten dalam waktu berdekatan, follower Anda bisa merasa risih. Untuk itu, jadwalkan setiap postingan konten Anda dengan baik.

5. Menggunakan Auto-Like

Banyak akun online shop yang menggunakan auto-like untuk mengelabui orang lain. Jumlah like palsu yang banyak untuk membuat orang akan terkesan saat pertama melihatnya. 
Namun, para pengguna media sosial kini sudah banyak yang pintar. Mereka bisa membedakan like yang dari akun robot. Jadi, lebih baik Anda fokus pada konten yang menarik agar disukai oleh para pengguna ‘real’.

6. Konten Selalu Berhubungan dengan Promosi

Follower Anda pasti tidak suka jika konten yang Anda posting selalu bersifat promosi. Konten yang membosankan, karena follower Anda tidak mungkin membeli produk Anda setiap hari. 
Untuk itu, berkreasilah dalam membuat konten yang menarik. Sesekali Anda sebaiknya mengunggah konten yang memberikan informasi, edukasi, quiz, atau hiburan bagi follower Anda.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus Anda hindar saat berpromosi di Sosial Media Anda. Jika Anda masih suka melakukan beberapa hal seperti diatas, segera tinggalkan ya. Semoga dengan begitu, bisnis Anda semakin bertambah pesat.

logoblog