Dec 15, 2019

HUBUNGAN SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN KUALITAS DAN INOVASI SEKOLAH ( 3 )

Secara ideal hasil pendidikan pendidikan sekolah dibedakan antara output dan outcome. Output adalah hasil secara langsung dan segera dapat diperoleh sekolah dalam hal ini siswa, dari proses pendidikan berupa prestasi kognitif, afektif dan perubahan perilaku, sedangkan outcome adalah efek atau pengaruh jangka panjang dari proses pendidikan di sekolah termasuk didalamnya penerimaan dan prestasi dijenjang pendidikan lebih lanjut, kesempatan kerja, penghasilan, sikap dan perilaku.

Hubungan antara output dan outcome adalah outcome merupakan  lanjutan hasil dari output yang dipengaruhi berbagai faktor eksternal, misalnya sistem penerimaan dijenjang pendidikan yang lebih tinggi, kondisi permintaan dan penerimaan tenaga kerja dan lingkungan masyarakat yang membentuk  sikap dan perilaku seorang siswa.

Sekolah sebagai suatu sistem seharusnya menghasilkan output yang dapat dipertanggungjawabkan. Output sekolah biasanya diukur dari tingkat kinerja sekolah, yaitu pencapaian hasil-hasil ( achievement) atau prestasi sekolah yang dihasilkan melalui prosss pembelajaran. Kinerja atau prestasi sekolah ini dapat diukur melalui efektivitas dan kualitas pembelajaran, produktivitas kerja, efesiensi hasil, inovasi kurikulum, kualitas kehidupan kerja ( quality of work life) serta moral kerjanya.

Silakan Baca   


Efektivitas sekolah adalah adanya kedekatan atau kemiripan output nyata dengan output yang diharapkan. Kualitas sekolah adalah gambaran dan karakteristik yang menyeluruh dari lulusan yang menunjukkan kemampuaanya dalam memenuhi kebutuhan yang ditentukan, nilai UASBN murni, prestasi karya tulis ilmiah, olah raga dan kesenian. Hal ini tentu sangat dipengaruhi oleh tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam kegiatan sekolah. Produktivitas sekolah adalah hasil perbandingan antara output ( prestasi belajar ) dengan input atau jumlah siswa yang masuk dan sumber daya lainnya. Inovasi sekolah adalah proses kreativitas dalam mengubah input, proses dan output sekolah agar dapat mencapai kesuksesan dalam menanggapi dan mengantisipasi perubahan sekolah, baik secara internal maupun eksternal. Kualitas kehidupan kerja ( quality of work life) sekolah adalah kinerja sekolah yang diindikasikan dengan warga sekolah dapat merasakan keamanan dalam pekerjaan, kemanfaatan, kepastian, keadilan, kondisi kerja, peluang untuk maju, pengembangan,  keselamatan dan keamana serta imbalan jasanya. Efisiensi sekolah dapat berupa efisiensi internal ( mutu pendidikan ) adalah hubungan antara output ( prestasi belajar ) dengan input ( sumber daya yang digunakan untuk memproses atau menghasilkan out pendidikan, yang diukur dengan analisis biaya dan efektivitas sedangkan efesiensi eksternal atau hubungan timbal balik antara pendidikan dengan bidang-bidang kehidupan luar pendidikan adalah hubungan antara biaya yang digunakan untuk menghasilkan tamatan dengan keuntungan yang diperoleh setelah kurun waktu yang panjang di luar sekolah.
logoblog

No comments:

Post a Comment