Jul 15, 2020

Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4

Bahasa Indonesia

Peta Pikiran Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan. 

Tumbuhan di sekitar kita banyak dimanfaatkan kebutuhan manusia. Seluruh bagian tumbuhan dapat kita manfaatkan. Tumbuhan juga sangat berperan penting bagi lingkungan. Ayo, kita simak manfaat tumbuhan bagi kehidupan pada peta pikiran berikut:

Menentukan Kesimpulan Paragraf

Kita dapat membuat berbagai laporan pengamatan tentang tumbuhan. Kita pun dapat menentukan gagasan pokok teks laporan hasil pengamatan seperti pembelajaran sebelumnya. Selain gagasan pokok. Setiap paragraf pada teks dapat memiliki kesimpulan. Kesimpulan adalah inti garis besar dari suatu teks. Kesimpulan dibuat berdasarkan gagasan pokok dan informasi yang terdapat pada teks. Kita dapat membuat kesimpulan dengan langkah-langkah berikut.
  1. Membaca teks secara keseluruhan
  2. Menemukan informasi penting yang terdapat pada teks.
  3. Menghubungkan gagasan pokok dan informasi yang diperoleh menjadi pernyataan.

Ciri-Ciri Kesimpulan yang Baik

Kita sudah tahu langkah-langkah membuat kesimpulan. kita juga sudah bisa menentukan kesimpulan paragraf dari teks laporan hasil pengamatan. Kali ini, kita akan belajar tentang-tentang ciri-ciri kesimpulan yang baik. Silakan baca dan pahami ciri-ciri kesimpulan yang baik berikut. 
Ciri-ciri kesimpulan yang baik diantaranya..
  1. Merupakan inti dari sebuah teks.
  2. Menggunakan kosakata baku.
  3. dimulai dari hal yang khusus ke hal yang umum
  4. Berisi pesan atau informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca
  5. Dibuat berdasarkan gagasan pokok dan informasi yang terdapat pada teks dengan kalimat sendiri.

Menentukan Kesimpulan Paragraf dari Teks Laporan Hasil Pengamatan.

Sekarang, kita bisa menentukan kesimpulan paragraf dari teks berbagai macam bacaan. Kita tuliskan kesimpulan sesuai gagasan pokoknya dengan kalimat sendiri. Saat menulisan kesimpulan, kita gunakan kalimat yang mudah dipahami, kosakata baku, dan ejaan yang tepat. Kita bisa menuliskan kesimpulan paragra dalam bentuk tabel seperti berikut:
Teks
Gagasan Pokok
Kesimpulan
Paragraf 1
Jagung merupakan salah satu tanaman di Indonesia. Dibeberapa daerah, jagung dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok. misalnya, Penduduk pulau Madura mengolah jagung menjadi nasi jagung untuk dikonsumsi bersama sayur dan lauk. Sama seperti makan pokok lainnya, jagung mengandung karbohidrat yang sangat diperlukan tubuh
Jagung merupakan salah satu bahan makanan pokok
Jagung mengandung karbohidrat sehingga digunakan sebagai bahan makana pokok
Paragraf 2
Tanaman jagung banyak ditemkan di Indonesia karena cukup mudah dikembangbiakkan. Jagung berkembangbiak dengan bijinya. Tiga sampai empat hari setelah biji jagung setelah biji jagung ditanam,benih jagung akan mulai berkecambah. Semakin lama, tanaman jagung terus tumbuh. Setelah satu hingga satu setengah bulan, bunga jagung akan mulai berkembang.
Jagung berkembangbiak dengan biji.
Jagung dikembangbiakkan dengan menanam bijinya.
Paragraf 3
Bunga jagung berbentuk serabut dan diujungnya terdapat helai-helai rambut halus. Pada rambut halus tersebut terdapat serbuk sari. Di bagian bawah bunga terdapat kepala putik. setelah bunga jagung mengalami penyerbukan, jagung akan mulai berbuah. Jagung bisa dipanen tiga sampai empat bulan setelah penanaman.
Peroses pembuahan tanaman jagung dimulai dari penyerbukan
Pembuahan jagung terjadi setelah serbuk sari jatuh dikepala putik
Paragarf 4
Jagung siap dipanen saat rambut jagung sudah berwarna kecoklatan dan bagian tongkol mengering. Jika dikupas, jagung siap panen akan memperlihatkan biji berwarna kuning yang memenuhi tongkol. Bagian biji ini yang manfaatkan manusia sebagai bahan pokok. Sebagian biji jagung yang tua akan ditanam kembali sehingga perkembangbiakan jagung terus berlanjut.
Ciri-ciri jagung siap panen
Ciri-ciri jagung siap panen adalah rambut jagung berwarna kecoklatan tongkol sudah mengering, bija berwarna kuning, biji memenuhi tongkol.

PPKn 

Nilai-nilai Sila Ketiga Pancasila. 

Pada pembelajaran sebelumnya, kita sudah pembelajari nilai-nilai sila pertama dan kedua pancasila. Sekaran, kita akan mempelajarii nilai-nilai yang terkandung pada sila ketiga Pancasila. Sila ketiga Pancasila yang berbunyi Persatuan Indonesia. Sila ketiga menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mengakui dan menghargai keragaman yang ada di Indonesia. Meskipun beragam, bangsa Indonesia bersatu menjadi negara kesatuan Republik Indonesia. Berikut ini nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila.
  1. Mengembangkan rasa bangga dan cinta tanah air.
  2. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negera
  3. Bekerja sama untuk kepentingan bangsa dan negara
  4. Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhineka Tunggal Ika

Menentukan Nilai-Nilai Pancasila Sesuai Gambar 

Kita telah belajar tentang nilai-nilai sila ketiga Pancasila. Sekarang , kita dapat menentukan nilai-nilai sila ketiga Pancasila sesuai gambar. Kita Perhatikan gambar-gambar berikut dengan penjelasannya

Gambar tersebut memperlihatkan kerja sama antar teman saat membersihkan Lingkungan. Nisa, Caca dan Parto bekerja sama memunguti sampah. Nisa memegang kantong agar parto lebih mudah saat  memasukkan sampah. Adit dan Lisa mencabuti rumput liar. Sementara itu, Carles dan Galuh menyapu bersama. Perilaku Nisa dan teman-temannya sesuai sila ketiga Pancasila. Sebab mereka bekerja sama untuk kepentingan bersama, yaitu menjaga lingkungan tetap bersih.


Gambar tersebut memperlihatkan berlangsungnya diskusi kelompok Nisa dan teman-temannya sedang menyelesaikan tugas kelompok bersama-sama. Meskipun berbeda suku, mereka kerja sama dengan baik agar dapat menyelesaikan tugas kelompok. Saat parto menyampaikan idenya, teman yang lain mendengarkan dengan baik. Perilaku Parto dan teman-temanya sesuai sila ketiga pancasila. Sebab, mereka melakukan diskusi tanpa membedakan suku. Mereka melakukan diskusi tanpa membedakan suku. Mereka tetap menjaga persatuan dalam diskusi kelompok.

Perilaku yang Sesuai dengan Sila Ketiga Pancasila 

Di sekitar kita, ada banyak perilaku yang mencerminkan nilai sila ketiga pencasila. Kita perhatikan contoh perilaku yang sesuai sila ketiga Pancasila berikut ini. Kita terapkan contoh perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari. 

Perilaku yang Sesuai Sila Ketiga Pancasila
  1. Mempelajari kebudayaan daerah Indonesia
  2. Membeli dan menggunakan produk lokal Indonesia
  3. Bekerja sma merawat tanaman di lingkungan sekolah
  4. Menjalin pertemanan dengan orang-orang dari daerah lain
  5. Menanam dan merawat tumbuhan bakau di pantai bersama-sama
  6. Memperkenalkan produk Indonesia kepada wisatawan mancanegara
  7. Melaksanakan tugas kelompok bersama teman tanpa membedakan suk, agama, rasa dan golongan tertentu

Perilaku yang Sesuai dengan Sila Ketiga Pancasila 

Kita sudah mengetahui nilai sila ketiga Pancasila dan contoh perilaku yang sesuai. Jika ada perilaku yang  dilakukan, sebaiknya kita berusaha untuk melakukannya. Kita bisa membuat rencana untuk menerapkan seperti Nisa berikut :


logoblog

No comments:

Post a Comment