Jul 16, 2020

Matematika

Bilangan Bulat
Subbab 1 Mengenal Bilangan Bulat.
A.    Mengenal Bilangan Bulat
Kita sudah pernah belajar tentang bilangan caca. Bilangan adalah bilangan yang dimulai dari angka nol samapai tak terhingga. Pada kesempatan ini,kita akan mempelajari tentang bilangan bulat. bilangan bulat adalah bilangan yang terdiri atas bilangan cacah dan bilangan negatif. agar lebih jelasnya silakan baca dengan sakasama penjelasan-penjelsan berikut:
1.      Bilangan Bulat Positif
Bilangan bulat Positif adalah bilangan bulat yang nilainya lebih besar daripada no. Contoh bilangan bulat positif adalah sebagai berikut :
8
10
890
1.598
89.867
189.984
2.      Bilangan Bulat Negeatif
Bilangan bulat negatif adalah bilangan bulat yang nilai lebih kecil daripada nol. Contoh bilangan bulat negatif adalah sebagai berikut :
-2
-89
-968
-2.765
-98.123
-987.014
B.     Membaca Bilangan Bulat
Kita sudah mengenal bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif. Sekarang, kita akan membahas cara membaca bilangan bulat berikut :
1.      Cara Membaca Bilangan Bulat Positif
Saat ini membaca bilangan bulat positif, kita boleh menyebut nama bilangan saja, agar lebih jelasnya, silakan memperhatikan dengan saksama cara membaca bilangan berikut :
Lambang Bilangan
Cara Membacanya
8
Delapan
10
Sepuluh
890
Delapan ratus sembilan puluh
1.598
Seribu lima ratus sembilan puluh delapan
89.867
Delapan pulu sembilan ribu delapan ratus enam puluh tujuh
189.987
Seratus delapan puluh sembilan ribu sembilan ratus delapan puluh tujuh
2.      Cara Membaca Bilangan Bulat Negatif
Saat ini membaca bilangan bulat negatif, kita menyebut dengan menambahakan kata negatif diikuti nama bilangan agar lebih jelasnya, silakan memperhatikan dengan saksama cara membaca bilangan berikut :
Lambang Bilangan
Cara Membacanya
-2
Negatif dua
-89
Negatif delapan puluh sembilan
-968
Negatif sembilan ratus enam puluh delapan
-2.765
Negatif dua ribu tujuh ratus enam puluh lima
-98.123
Negatif sembilan puluh delapan ribu seratus dua puluh tiga
-987.014
Negatif sembilan delapan puluh tujuh ribu empat belas
Dari tabel tersebut dapat disimpulkan saat membca bilanag bulat positif, kita hanya perlu menyebutkan nama bilangan. Sebaliknya saat membaca bilangan negatif, kita perlu menyebutkan kata negatif diikuti nama bilangan.
C.     Menulis Bilangan Bulat
Kita sudah bisa membaca bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif. Sekarang kita akan belajar menulis bilangan bulat. Agar lebih jelas, kiat perhatikan cara menulis bilangan berikut.
1.      Cara Menulis Bilangan Bulat Positif
Cara menulis bilangan bulat positif, kita tidak perlu menambahkan tanda positif (+) di depan lambang bilangan. Kita hanya perlu menuliskan langsung lambang bilangannya. Agar lebih jelasnya, di persilahkan mengamati mengenai cara menulis lambang bilangan bulat positif berikut yang disajikan dalam bentuk tabel.
Nama Bilangan Bulat Positif
Penulisan Lambang Bilangan
Enam
6
Lima puluh empat
54
Dua ratus lima puluh satu
251
Enam ribu sembilan ratus tujuh puluh dua
6.972
Sembilan puluh tiga ribu lima ratus tujuh puluh delapan
93.578
Lima ratus delapan puluh dua ribu tujuh ratus lima puluh empat
582.754
2.      Cara Menulis Bilangan Bulat Positif
Cara menulis bilangan bulat positif, kita perlu menambahkan tanda negatif (+) di depan lambang bilangan. Agar lebih jelasnya, di persilahkan mengamati mengenai cara menulis lambang bilangan bulat positif berikut yang disajikan dalam bentuk tabel.
Nama Bilangan Bulat Positif
Penulisan Lambang Bilangan
Negatif tujuh
-7
Negatif enam puluh tiga
-63
Negatif lima ratus delapan puluh dua
-582
Negatif dua ribu tujuh ratus sembilan puluh enam
-2.796
Negatif delapan puluh enam ribu sembilan ratus tujuh puluh satu
-86.971
Negatif seratus delapan puluh dua ribu tujuh ratus lima puluh satu
-182.751
saat menulis bilangan bulat, kita hanya perlu menuliskan lambang bilangannya. Sebaliknya saat menulis bilangan bulat negatif perlu menuliskan tanda negatif (+) diikuti lambang bilangannya.
D.    Letak Bilangan Bulat pada Garis Bilangan
Selanjutnya, kita akan belajar tentang letak bilangan bulat pada garis bilangan. pada garis bilangan, bilangan menjadi batas antar bilangan bulat negatif dan bilangan bulat posit. Bilangan bulat negatif terletak sebelah kiri bilangan nol. Sementara itu, bilangan bulat positif terletak bilangan sebelah kanan bilangan nol.
Pada garis bilangan, terdapat panah ke kiri dan ke kanan. Artinya banyak bilangan pada garis bilangan dapat di tambah sampai tak terhingga. Semakin ke kiri , nilai bilangan semakin. Sebaliknya nilai semakain ke kanan, nilai bilangan akan semakin besar. Silakan perhatikkan bilangan bulat pada garis bilangan berikut .
E.     Melengkapi Garis Bilangan
Kita Sudah mengetahui letak bilangan bulat pada garis bilangan. Sekarang, kita akan belajar melengkapi garis bilangan. Kita Perlu memamhami urutan bilangan pada garis bilangan terlebih dahulu. Lalu kita lengkapi urutan bilangan dengan bilangan yang sesuai. Kita dapat melengkapi garis bilangan seperti berikut
logoblog

No comments:

Post a Comment