Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Penerapan nilai-nilai sila keempat Pancasila
Sila keempat Pancasila berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh
hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Sila ke-4 mengandung
makna pemerintahan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat dengan cara musyawarah
untuk mencapai mufakat. Musyawarah adalah suatu upaya ya bersama dengan sikap
rendah hati untuk memecahkan persoalan guna mengambil keputusan bersama dalam
penyelesaian masalah.
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat Pancasila antara
lain.
1.
Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakatTidak memaksakan
kehendak kepada orang lain
2.
Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk
kepentingan bersama
3.
Menerima dan melaksanakan hasil musyawarah dengan rasa tanggung
jawab
4.
Melaksanakan musyawarah dengan akal sehat dan sesuai dengan hati
nurani yang luhur.
Berikut beberapa contoh sikap yang sesuai dengan nilai-nilai sila
keempat Pancasila musyawarah untuk mengadakan kerja bakti, diskusi di kelas
bersama teman sekelompok, mengikuti pemilihan ketua kelas.
Sila ke-4 Pancasila menjadi pedoman dalam menyelesaikan masalah
yang menyangkut kepentingan bersama sesuai dengan sila keempat Pancasila
penyelesaian masalah sebaiknya dilakukan dengan cara musyawarah untuk mencapai
mufakat. setelah mufakat tercapai semua peserta musyawarah harus menerima hasil
keputusan tersebut dengan lapang dada. Mereka harus melaksanakan penuh tanggung
jawab.kita juga tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain agar tidak
terjadi konflik dan juga selalu mengutamakan kepentingan bersama diatas
kepentingan pribadi atau golongan
Salah satu pengamalan sila keempat Pancasila adalah mengikuti
pemilihan umum. pemilihan umum adalah proses memilih seseorang untuk mengisi
jabatan-jabatan politik tertentu. Pemilihan umum merupakan pengamalan demokrasi
Pancasila. Berikut contoh pengamalan sila keempat Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
1.
Melakukan musyawarah untuk menentukan jadwal ronda malam
2.
mengikuti pemilihan umum misalnya presiden atau pemilihan kepala
daerah
3.
Mengikuti pemilihan ketua kelas dengan tertib
4.
Tidak memaksakan kehendak dalam suatu musyawarah yang diikuti
Perilaku di lingkungan rumah yang sesuai sila ke-4 Pancasila
Kita sudah tahu perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ke-4
Pancasila. Perilaku yang sesuai sila ke-4 Pancasila juga harus diterapkan di
lingkungan rumah. Kita harus belajar untuk menerapkannya nya di lingkungan
rumah kita masing-masing. Mari kita perhatikan contoh perilaku yang sesuai sila
ke-4 Pancasila berikut.
1.
Melakukan musyawarah saat menentukan tugas rumah
2.
Menanggapi kritik dan saran dari anggota keluarga dengan sopan
3.
Memberikan kritik dan saran kepada anggota keluarga dengan sopan
4.
Menyampaikan pendapat disertai alasan yang masuk akal dan santun
5.
Menata hati aturan yang telah disepakati warga di lingkungan
sekitar rumah
6.
Menghargai perbedaan pendapat antar warga di lingkungan sekitar
rumah
Bahasa Indonesia
Menentukan gagasan pokok teks laporan hasil pengamatan
Kita sudah bisa menentukan gagasan pokok dari teks laporan hasil
pengamatan yang dibacakan. Kali ini kita akan mempelajari kembali teks laporan
hasil pengamatan yang lain. Sambil membaca udah bisa mencatat hal-hal penting
yang terdapat pada teks.
Bunglon
Bunglon adalah termasuk hewan ovovivipar. Bunglon memiliki tubuh
seperti kadal. Tempat hidup bunglon biasanya di atas pohon. Mata bunglon bisa
memutar dan melihat keseluruh sudut. Bunglon juga memiliki lidah yang
super panjang. Panjang lidah bunglon bisa mencapai 2 kali panjang tubuhnya.
Keistimewaan bunglon terdapat pada kemampuan mengubah warna kulit. Bunglon
mengubah warna kulitnya agar merasa lebih nyaman dan aman dari pemangsa.
Dengan mengubah warna kulit sesuai tempat tinggal sesuai tempat
hinggap. Bunglon dapat menghindari pemangsa . Bunglon dapat mengubah warna
kulit karena memiliki sel warna dibawah permukaan kulitnya yang transparan.
Namun bunglon tidak bisa mengubah warna kulit ke semua warna. Bunglon dapat
berubah warna menjadi hijau daun atau coklat seperti batang.
Kalian sudah menyusun teks laporan hasil pengamatan yang berjudul
bunglon bunglon. Setiap paragraf pada teks tersebut mempunyai gagasan pokok.
Kalian bisa menuliskan gagasan pokok setiap paragraf teks tersebut dalam bentuk
peta pikiran.
Menentukan kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan.
Sekarang kalian akan membaca cara menentukan kesimpulan dari teks
laporan hasil pengamatan yang. Nah kalian tahu bahwa kesimpulan adalah inti
atau garis besar dari suatu teks. Kesimpulan dapat dibuat berdasarkan gagasan
pokok yang terdapat pada teks. Sekarang perhatikan langkah-langkah membuat
kesimpulan dari teks yang dibacakan seperti berikut.
Cara menentukan kesimpulan pada teks yang dibaca
1.
Mendengarkan teks yang dibaca secara saksama
2.
Menemukan informasi penting yang terdapat pada teks.
3.
Menghubungkan gagasan pokok dan informasi yang diperoleh menjadi
satu pernyataan.
Ternyata menentukan kesimpulan dari teks yang dibaca tidak sulit. Kalian bisa
belajar menentukan kesimpulan paragraf dari teks berjudul bunglon. Kalian tuliskan
kesimpulan sesuai gagasan pokok setiap paragraf. Kalian gunakan kalimat yang
mudah dipahami dengan kosakata baku dan ejaan yang tepat. Kalian bisa
menuliskan kesimpulan teks berjudul bunglon seperti contoh berikut;
Bunglon
merupakan salah satu hewan ovovivipar yang hidup di atas pohon. Keistimewaan
bunglon yaitu bisa mengubah warna kulit sesuai tempat hinggap. sedap bunglon
memiliki warna di bawah permukaan kulitnya yang transparan.
Untuk
melanjutkan mengerjakan soal silakan masukkan nama guru kelas sama persis kata
kunci bahtiar (semua menggunakan huruf
kecil)
No comments:
Post a Comment