Jul 27, 2020

Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 2 Hewan Sahabatku Pembelajaran 4 (Kelas 6)

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Penerapan nilai-nilai sila keempat Pancasila
Sila keempat Pancasila berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Sila ke-4 mengandung makna pemerintahan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat. Musyawarah adalah suatu upaya ya bersama dengan sikap rendah hati untuk memecahkan persoalan guna mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian masalah.

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat Pancasila antara lain.
1.      Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakatTidak memaksakan kehendak kepada orang lain
2.      Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama
3.      Menerima dan melaksanakan hasil musyawarah dengan rasa tanggung jawab
4.      Melaksanakan musyawarah dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
Berikut beberapa contoh sikap yang sesuai dengan nilai-nilai sila keempat Pancasila musyawarah untuk mengadakan kerja bakti, diskusi di kelas bersama teman sekelompok, mengikuti pemilihan ketua kelas.

Sila ke-4 Pancasila menjadi pedoman dalam menyelesaikan masalah yang menyangkut kepentingan bersama sesuai dengan sila keempat Pancasila penyelesaian masalah sebaiknya dilakukan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat. setelah mufakat tercapai semua peserta musyawarah harus menerima hasil keputusan tersebut dengan lapang dada. Mereka harus melaksanakan penuh tanggung jawab.kita juga tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain agar tidak terjadi konflik dan juga selalu mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi atau golongan

Salah satu pengamalan sila keempat Pancasila adalah mengikuti pemilihan umum. pemilihan umum adalah proses memilih seseorang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu. Pemilihan umum merupakan pengamalan demokrasi Pancasila. Berikut contoh pengamalan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
1.      Melakukan musyawarah untuk menentukan jadwal ronda malam
2.      mengikuti pemilihan umum misalnya presiden atau pemilihan kepala daerah
3.      Mengikuti pemilihan ketua kelas dengan tertib
4.      Tidak memaksakan kehendak dalam suatu musyawarah yang diikuti

Perilaku di lingkungan rumah yang sesuai sila ke-4 Pancasila
Kita sudah tahu perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ke-4 Pancasila. Perilaku yang sesuai sila ke-4 Pancasila juga harus diterapkan di lingkungan rumah. Kita harus belajar untuk menerapkannya nya di lingkungan rumah kita masing-masing. Mari kita perhatikan contoh perilaku yang sesuai sila ke-4 Pancasila berikut.
1.      Melakukan musyawarah saat menentukan tugas rumah
2.      Menanggapi kritik dan saran dari anggota keluarga dengan sopan
3.      Memberikan kritik dan saran kepada anggota keluarga dengan sopan
4.      Menyampaikan pendapat disertai alasan yang masuk akal dan santun
5.      Menata hati aturan yang telah disepakati warga di lingkungan sekitar rumah
6.      Menghargai perbedaan pendapat antar warga di lingkungan sekitar rumah

Bahasa Indonesia
Menentukan gagasan pokok teks laporan hasil pengamatan

Kita sudah bisa menentukan gagasan pokok dari teks laporan hasil pengamatan yang dibacakan. Kali ini kita akan mempelajari kembali teks laporan hasil pengamatan yang lain. Sambil membaca udah bisa mencatat hal-hal penting yang terdapat pada teks. 

Bunglon
Bunglon adalah termasuk hewan ovovivipar. Bunglon memiliki tubuh seperti kadal. Tempat hidup bunglon biasanya di atas pohon. Mata bunglon bisa memutar dan melihat keseluruh sudut. Bunglon  juga memiliki lidah yang super panjang. Panjang lidah bunglon bisa mencapai 2 kali panjang tubuhnya. Keistimewaan bunglon terdapat pada kemampuan mengubah warna  kulit. Bunglon mengubah warna kulitnya agar merasa lebih nyaman dan aman dari pemangsa.
Dengan mengubah warna kulit sesuai tempat tinggal sesuai tempat hinggap. Bunglon dapat menghindari pemangsa . Bunglon dapat mengubah warna kulit karena memiliki sel warna dibawah permukaan kulitnya yang transparan. Namun bunglon tidak bisa mengubah warna kulit ke semua warna. Bunglon dapat berubah warna menjadi hijau daun atau coklat seperti batang.

Kalian sudah menyusun teks laporan hasil pengamatan yang berjudul bunglon bunglon. Setiap paragraf pada teks tersebut mempunyai gagasan pokok. Kalian bisa menuliskan gagasan pokok setiap paragraf teks tersebut dalam bentuk peta pikiran.

Menentukan kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan.

Sekarang kalian akan membaca cara menentukan kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan yang. Nah kalian tahu bahwa kesimpulan adalah inti atau garis besar dari suatu teks. Kesimpulan dapat dibuat berdasarkan gagasan pokok yang terdapat pada teks. Sekarang perhatikan langkah-langkah membuat kesimpulan dari teks yang dibacakan seperti berikut.
Cara menentukan kesimpulan pada teks yang dibaca
1.      Mendengarkan teks yang dibaca secara saksama
2.      Menemukan informasi penting yang terdapat pada teks.
3.      Menghubungkan gagasan pokok dan informasi yang diperoleh menjadi satu pernyataan.
            Ternyata menentukan kesimpulan dari teks yang dibaca tidak sulit. Kalian bisa belajar menentukan kesimpulan paragraf dari teks berjudul bunglon. Kalian tuliskan kesimpulan sesuai gagasan pokok setiap paragraf. Kalian gunakan kalimat yang mudah dipahami dengan kosakata baku dan ejaan yang tepat. Kalian bisa menuliskan kesimpulan teks berjudul bunglon seperti contoh berikut;
Bunglon merupakan salah satu hewan ovovivipar yang hidup di atas pohon. Keistimewaan bunglon yaitu bisa mengubah warna kulit sesuai tempat hinggap. sedap bunglon memiliki warna di bawah permukaan kulitnya yang transparan.

Untuk melanjutkan mengerjakan soal silakan masukkan nama guru kelas sama persis kata kunci bahtiar (semua menggunakan huruf kecil)
logoblog

No comments:

Post a Comment