Aug 31, 2020

Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan Pembelajaran 6 ( Kelas 6 )

Bahasa Indonesia

Menentukan Kesimpulan Teks Laporan Hasil Pengamatan
Membaca teks laporan hasil pengamatan dapat menambah wawasan kita. Kamu dapat mencatat informasi-informasi penting yang kamu temukan.  Dari informasi tersebut , kamu dapat membuat kesimpulan teks. Kesimpulan teks membantu kamu memahami isi teks yang dibaca.
Sekarang, kamu akan kembali belajar menentukan kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan. Kamu dapat membuat kesimpulan setelah membaca secara saksama. Untuk mulai belajar, silakan kamu baca terlebih dahulu teks laporan hasil pengamatan berikut.
Manfaat daun pandan
Tanaman pandan merupakan jenis tanaman perdu. Tanaman pandan banyak tumbuh di daerah Asia Tenggara. Di Indonesia tanaman pandan disebut juga pandanwangi. Tanaman pandan memiliki helai daun yang sempit berbentuk pita, tipis, licin, dan runcing dibagian ujungnya. Panjang daun pandan sekitar 40 sampai 80 cm dengan lebar 3 sampai 5 cm. Daun pandan memiliki aroma yang kuat saat layu.
Dalam kehidupan sehari-hari,  daun pandan memiliki banyak manfaat. Daun pandan bisa digunakan untuk bumbu dan penyedap masakan. Baunya yang khas juga membuat daun pandan digunakan untuk mengharumkan ruangan. Selain itu, daun pandan juga bisa digunakan untuk obat-obatan, termasuk kosmetik.

Kamu sudah menyimak teks manfaat daun pandan.  Setelah menyimak   teks, kamu mendapatkan banyak informasi penting. Informasi penting tersebut dapat kamu hubungkan menjadi suatu pernyataan. Lalu kamu tulis pernyataan tersebut sebagai kesimpulan teks. Kamu tuliskan dengan kalimat yang mudah dipahami. Kamu bisa menuliskan kesimpulan teks seperti yang dilakukan Ari berikut:
Daun pandan memiliki ciri khas berupa aroma yang kuat saat layu. daunnya sempit berbentuk pita, tipis, licin, dan meruncing dibagian ujungnya. daun pandan bermanfaat sebagai bumbu dan penyedap masakan. Selain itu, daun pandan juga bisa digunakan untuk pengharum ruangan, obat-obatan, serta kosmetik.

Memberikan komentar terhadap kesimpulan teks
Ari dan Eko  sudah membuat membuat kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan. Ari dan Eko lalu menukarkan kesimpulannya yang sudah mereka tulis. setelah itu, mereka saling Memberikan komentar terhadap kesimpulan yang dituliskan temannya.

Saat menuliskan komentar, mereka memperhatikan ciri-ciri kesimpulan yang baik.  Mereka menuliskan komentar dengan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung perasaan. Silakan kamu perhatikan terhadap kesimpulan yang ditulis Ari.

Komentar Eko terhadap kesimpulan Ari
Kesimpulan yang dituliskan Ari berisi informasi tentang tanaman pandan. Ari menuliskan kesimpulan teks dengan kosakata baku dan kalimat yang mudah dipahami. Kesimpulan tersebut ditulis Berdasarkan informasi yang terdapat pada teks. kesimpulan yang dituliskan Aari cukup baik karena merupakan inti teks manfaat daun pandan.


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (  PPKN)
Membuat komik penerapan sila Pancasila
Kamu sudah pernah belajar membuat komik tentang penerapan perilaku sesuai Pancasila. Ada banyak perilaku sesuai Pancasila yang dapat kamu gambar. Salah satunya adalah perilaku menyayangi tumbuhan. Menyayangi tumbuhan merupakan sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila. silakan kamu perhatikan komik berikut dengan tokoh Eko

Penerapan Nilai Pancasila Saat Bermain
Penerapan nilai Pancasila dapat kamu lakukan saat bermain bersama teman teman kamu.  dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila permainan akan berjalan tertib. ada banyak perilaku saat bermain yang sesuai dengan nilai Pancasila. pasti bisa menerapkan saat bermain bersama teman-teman  kamu.
Perilaku
Perilaku
Nilai Yang Sesuai
Mengingatkan teman untuk beribadah saat waktunya tiba
1
Bersyukur atas udara yang sejuk di taman bermain
1
Tetap berbicara yang sopan dengan teman
2
Berbagi mainan dengan teman
2
Mengajak teman ikut bermain bersama
3
Memainkan permainan tradisional Indonesia
3
Bermusyawarah untuk menentukan permainan
4
Lakukan permainan yang telah ditentukan bersama
4
Tidak berbua t curang saat bermain
5
Memberi selamat kepada teman yang memenangkan permainan
5


Manfaat Perilaku yang Sesuai dengan Pancasila Bagi Masyarakat
Nilai-nilai Pancasila adalah nilai yang luhur perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila pasti memberikan manfaat. berikut ini perilaku yang sesuai dengan Pancasila dan manfaatnya 

Perilaku
Manfaat
Menjaga ketenangan saat melewati tempat ibadah

Menjaga kerukunan di masyarakat

Menolong tetangga yang terkena musibah

Menjaga kerukunan di masyarakat

Memainkan permainan tradisional indonesia

Menjaga atau melestarikan permainan tradisional

Bermusyawarah untuk memecahkan masalah

Menjaga kerukunan di masyarakat

Mentaati aturan di jalan

Menjaga ketertiban dan keselamatan di jalan.

Silakan Kerjakan Soal Berikut dengan Memasukkan nama guru yang berwarna Hijau
BAHTIAR, bahtiar, Bahtiar
logoblog

No comments:

Post a Comment