Sep 6, 2020

Pembelajaran 1 Subtema 1 (Rukun dalam Perbedaan) Tema Dua (Persatuan dalam Perbedaan) Kelas 6

Bahasa Indonesia
Menuliskan Informasi Penting dari Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Setiap teks memuat informasi yang penting. Informasi adalah sekumpulan  pesan memiliki makna. Kita bisa memperoleh informasi penting dari teks dengan cara membacanya. Selain dari membaca teks, kamu juga bisa mendapatkan informasi penting dengan mendengarkan cerita atau mengamati gambar. Setiap tanggal 17 Agustus rakyat Indonesia selalu mendengar petugas upacara membacakan teks proklamasi. Sebagian rakyat Indonesia bisa mendengarkannya dari radio atau dari tempat lain. Teks proklamasi yang dibacakan memiliki sejarah bagi bangsa Indonesia. Teks tersebut adalah teks proklamasi kemerdekaan negara Republik Indonesia. 

Sekarang, kamu akan menuliskan informasi penting yang terdapat pada teks proklamasi. Dalam teks proklamasi kemerdekaan Indonesia kamu akan menemukan informasi penting tentang kemerdekaan Indonesia. Sebelumnya, kamu akan membaca terlebih dahulu teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan saksama pada gambar berikut.
Kamu sudah membaca teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Setelah membaca, kamu bisa menentukan informasi penting yang terdapat pada teks. Kamu bisa menuliskan informasi yang kamu peroleh seperti contoh berikut ini.

Informasi penting yang diperoleh dari teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia

  1. Teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia berisi informasi penting tentang pernyataan kemerdekaan Indonesia
  2. Bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945
  3. Teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dibacakan di Jakarta
  4. Soekarno dan Hatta menandatangani teks proklamasi kemerdekaan Indonesia atas nama bangsa Indonesia 
Penggunaan Kata Tanya untuk Menggali Informasi Penting pada Teks
Informasi pada teks bisa kamu gali dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan. kamu dapat menggunakan beberapa kata tanya untuk memudahkan dalam menentukan informasi penting pada teks.  Silakan kamu ingat kembali  penggunaan kata tanya  untuk  menggali informasi  penting berikut .

  1. Kata tanya Apa berfungsi untuk menanyakan nama atau jenis peristiwa yang terjadi dalam teks
  2. Kata tanya Dimana berfungsi untuk menanyakan lokasi berlangsungnya peristiwa dalam teks
  3. Kata tanya Kapan berfungsi untuk menanyakan waktu terjadinya peristiwa dalam teks
  4. Kata tanya Siapa berfungsi untuk menanyakan tokoh atau pelaku yang terlibat dalam peristiwa pada teks
  5. Kata tanya Mengapa untuk menanyakan penyebab atau alasan terjadinya peristiwa dalam teks.
  6. Kata tanya Bagaimana untuk menanyakan cara atau keadaan saat terjadinya peristiwa dalam teks .
Menentukan Informasi Penting pada Teks dalam Bentuk Peta Pikiran 
Kamu sudah membaca teks proklamasi kemerdekaan. Kamu juga sudah menentukan informasi dari teks proklamasi kemerdekaan. Kamu bisa menambahkan informasi penting tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan dengan lain.  Kamu bisa mendapatkan informasi lain tersebut dengan membaca teks berikut ini.
Proklamasi kemerdekaan Indonesia
Pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia menjadi tonggak sejarah penting bagi bangsa Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilatarbelakangi peristiwa-peristiwa penting misalnya pengeboman Kota Hiroshima dan Nagasaki oleh tentara sekutu. akibatnya pengeboman tersebut, tentara Jepang akhirnya menyerah. Kesempatan tersebut digunakan oleh bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan negara Jepang. 

Untuk memproklamasikan kemerdekaan, persiapan perlu dilakukan oleh bangsa Indonesia. Hal ini mendorong disusunnya teks proklamasi oleh Ir Soekarno, Drs Muhammad Hatta dan Mr Ahmad Soebardjo.  Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir Soekarno di rumah Laksamana Tadashi Maeda dan dikritik oleh Sayuti Melik. Sukarni kemudian mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani oleh Ir Soekarno dan Drs Muhammad Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Pagi hari tanggal 17 Agustus 1945 beberapa tokoh berkumpul di kediaman Ir Soekarno Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta. Beberapa tokoh yang berkumpul antara lain Suwirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani, dan Trimurti. Selain itu, banyak rakyat Indonesia pun turut hadir. Mereka ingin menyaksikan langsung Proklamasi Indonesia. pukul 10.00  WIB,  acara dimulai dengan pembacaan proklamasi oleh Ir Soekarno dilanjutkan pidato singkat.  Setelah itu bendera merah putih yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati pun dikibarkan.

Kamu sudah membaca teks berjudul Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sekarang, kamu akan menggali informasi dari sebut dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Kamu bisa  menuliskan informasi yang kamu dapatkan dalam bentuk peta pikiran. Peta pikiran kamu bisa membuatnya seperti contoh berikut ini.

Ilmu Pengetahuan Sosial  (IPS)

Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia.
Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 titik Proklamasi Kemerdekaan menjadi Peristiwa penting bagi bangsa Indonesia peristiwa ini ini juga memiliki makna penting bagi bangsa Indonesia titik berikut adalah makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

1. Sebagai Puncak Perjuangan Indonesia
Bangsa Indonesia telah dijajah Selama ratusan tahun oleh negara-negara Eropa seperti Portugis Inggris dan Belanda titik bangsa Indonesia juga pernah dijajah oleh Jepang titik rakyat dengan latar belakang berbeda-beda bahu-membahu dan bersatu untuk melawan penjajah. Proklamasi Kemerdekaan menjadi puncak perjuangan bangsa Indonesia,  yang yaitu terbebas bangsa asing terutama bangsa penjajah.

2. Pengakuan Kepada Dunia Luar
Sebelum proklamasi kemerdekaan,  Indonesia dikenal sebagai negara jajahan bangsa asing. Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan oleh Ir Soekarno menjadi pengumuman kepada dunia luar bahwa Indonesia telah merdeka. Indonesia juga menjadi sejajar dengan negara lain sebagai negara yang berdaulat.

3. Menaikkan Martabat Bangsa Indonesia
Pembacaan teks proklamasi oleh Ir Soekarno memberikan pesan kepada negara lain bahwa Indonesia telah merdeka dan merupakan negara yang bebas dari penjajahan. Selain itu, pembacaan proklamasi juga menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki martabat dan kemandirian.

4. Perjuangan Sebagai Negara Baru
Sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Indonesia merupakan negara yang berada di bawah kekuasaan negara lain yaitu Portugis, Inggris, Belanda dan Jepang. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia , Indonesia menjadi negara baru yang dibangun oleh rakyat dan untuk rakyat. Negara Indonesia adalah negara Mandiri yang tidak bergantung kepada negara lain.

5. Sejarah Negara Indonesia.
Pembaca pembacaan naskah Proklamasi merupakan awal mata Indonesia terbebas belenggu penjajahan.  Tentunya hal itu menjadi awal sejarah baik yang tidak bisa dilupakan oleh seluruh rakyat Indonesia

Menentukan Makna Proklamasi Kemerdekaan dalam Kehidupan Sehari-hari
Kamu telah mengetahui makna proklamasi bagi bangsa Indonesia.  Proklamasi kemerdekaan telah membawa banyak perubahan  bagi  kehidupan bangsa Indonesia. Kamu juga dapat menuliskan makna proklamasi kemerdekaan bagi diri kita sendiri. Kamu dapat menuliskan makna proklamasi dalam kehidupan sehari-hari seperti contoh berikut
Makna Proklamasi Kemerdekaan dalam Sehari-hari

  1. Merdeka untuk menuntut ilmu
  2. Merdeka  untuk mendapatkan pendidikan yang layak
  3. Merdeka untuk menentukan cita-cita dan memperjuangkannya.
  4. Merdeka mata dengan  berbagai hal positif

Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA)

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri terhadap Lingkungannya
Di sekitar kita terdapat beragam jenis tumbuhan titik jenis tumbuhan. Hidup di lingkungan yang berbeda Oleh karena itu,  setiap jenis tumbuhan memiliki ciri-ciri yang berbeda pula. Berbeda ciri tersebut merupakan sebuah bentuk adaptasi. Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap kondisi lingkungan. Tujuan adaptasi adalah mempertahankan hidup. Silakan kamu simak beberapa cara tumbuhan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.

Adaptasi Tumbuhan  di  Lingkungan Kering
Tumbuhan   yang hidup di lingkungan kering atau sedikit air disebut dengan xerofit.  Xerofit mempunyai ciri daun yang tebal.  Pada beberapa tumbuhan,  dan baru menjadi duri dan sisik.  Selain itu, xerofit juga memiliki batang yang tebal dan terdapat jaringan untuk menyimpan air.   Tumbuhan  xerofit berakar panjang untuk mencapai tempat yang jauh.  Contoh tumbuhan   xerofit  adalah kaktus, Cocor bebek dan lidah buaya.

Adaptasi Tumbuhan di Lingkungan Berkadar Garam Tinggi
Tumbuhan yang hidup dilingkungan dengan kadar garam tinggi disebut halofit. Halofit memiliki ciri daun kaku dan tebal. Selain itu,  halofit mempunyai permukaan daun  licin yang berfungsi mengurangi penguapan. Bagian bawah daun memiliki kelenjar yang mengeluarkan kelebihan kadar garam.  Halofit  juga  mempunyai akar napas yang timbul ke permukaan.  Akar napas tersebut digunakan untuk memperoleh oksigen. Contoh tumbuhan halofit adalah tumbuhan bakau.

Adaptasi Tumbuhan Lingkungan Air
Tumbuhan  yang hidup di lingkungan air disebut hidrofit.  Tumbuhan jenis ini hidup dengan mengapung di permukaan air. Tumbuhan hidrofit memiliki daun lebar dan tipis. Selain itu, tumbuhan hidrofit juga memiliki batang atau tangkai daun yang berongga.  Akar tumbuh Hidrofit panjang dan berada di dalam air .  Contoh tumbuh  hidrofit adalah teratai, eceng gondok, dan kangkung

Adaptasi Tumbuhan di Lingkungan Lembap
Tumbuhan yang hidup di lingkungan lombap disebut higrofit.  Higrofit mempunya daun tipis untuk mempercepat penguapan. Pada umumnya,  daun tumbuh higrofit berbentuk  melingkar atau menggulung.  Sementara itu, batangnya tidak tampak karena terdapat di dalam tanah. Contoh tumbuhan higrofit adalah keladi dan tumbuhan paku.

Adaptasi Tumbuhan di Lingkungan  Nitrogen Rendah
Tumbuhan yang hidup di lingkungan miskin nitrogen atau memiliki nitrogen yang rendah menyesuaikan diri dengan menangkap serangga. Contoh tumbuhan yang hidup di lingkungan nitrogen rendah adalah Venus. Venus memiliki daun berwarna merah dan mengeluarkan bau sedap untuk memikat serangga. Daun Venus juga berengsel dan berambut.   Rambut ini sangat peka terhadap sentuhan. Ketika serangga menyentuh rambut pada daun Venus, daun akan mengatup dengan cepat.  Venus  kemudian mengeluarkan cairan yang dapat melumatkan serangga sehingga nitrogen dapat diserap.

Peta Pikiran Ciri Khusus Kaktus
Kamu sering menjumpai tanaman kaktus di lingkungan sekitar. Tanaman kaktus bisa dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman kaktus dapat bertahan hidup di tempat yang kering dan cuaca panas. Oleh karena itu, tanaman kaktus mempunyai ciri-ciri khusus.  Silakan kamu perhatikan Ciri khusus tanaman kaktus pada peta pikiran berikut.




logoblog

No comments:

Post a Comment