Feb 15, 2016

Rupanya ‼! Beginilah Proses Terbentuknya Pegunungan.

Dataran tinggi yang menghiasi raut muka Bumi merupakan hasil dari proses yang kompleks: rantai pegunungan tunggal yang tersusun atas batuan metamorfosi, sisa kerak samudra , dan batuan vulkanis. Jenis batuan ini umumnya tersusun dalam strata, yang telah mengalami lipatan, pembalikan, atau bahkan perpindahan sepanjang garis patahan.
 
Penemuan teori tektonik lempeng telah memberi sumbangan besar dalam pemahaman kita tentang proses pembentukan pegunungan. Dan faktanya, pegunungan adalah hasil dari pergerakan lempeng samudra dan benua.
 
Proses terbentuknya pegunungan ketika lempeng samudra bertumbukan dengan lempeng benua, lempeng samudra yang lebih tipis didesak ke bawah oleh lempeng benua. Dari proses ini ditimbulkan hasil timbunan sedimen samudra . Dengan terbenamnya lempeng samudra, timbunan sedimen bertambah volumenya adakalanya naik ke atas membentuk pegunungan pantai. Lempeng benua sendiri akibat gaya yang besar menjadi terlipat dan membentuk rantai pegunungan subduksi. Lipatan yang terjadi akibat tekanan dapat menyembul ke atas inilah yang di sebut antiklin. Ketika lempeng samudra mencpai mantel bumi, batuannya meleleh menjadi magma. Batuan cair ini kadang kala naik ke permukaan dan dilontarkan dalam peristiwa gunung api.Ini proses pegunungan terbentuk ketika samudra dan lempeng benua bertumbukkan.
 
Selain itu, proses terbentuknya pegunungan bisa juga terjadi karena antar benua saling bertumbukan. Tumbukan antara dua lempeng benua sperti yang terjadi sekitar 54 juta tahun yang lalu telah membentuk pegunungan Himalaya, pegunungan tertinggi di dunia. Ketika dua lempeng samudra bertemu, terjadi saling tekan menekan dan akhir satu sama lain saling menindih. Akibat dari tekanan dan salah satu menindih yang lainnya mengakibatkan salah satu batuan terangkat. Batuan yang terangkat akibat akibat lipatan yang terjadi akan membentuk mata rantai pegunungan.
 
Proses terbentuknya kubah pegunungan terjadi ketika magma yang naik ke permukaan bumi terkumpul di dalam kantung magma raksasa. Bila batuan cair ini tidak dilontarakn melalui mekanisme letusan seperti letusan gunung merapi ia akan menaikkan strata batuan ke atas permukaan dengan berbentuk menyerupai kubah pegunungan. Tegangan dan tekanan yang dialami lempeng dapat menimbulkan patahan. Horst adalah massa yang terangkat di antara dua patahan tersebut. Kadang – kadang horst cukup tinggi untuk menjadi pegunungan.
logoblog

No comments:

Post a Comment