Jan 25, 2017

Inilah Tugas Guru Mengelola Kelas Yang Efektif

Peran guru sangat besar dalam pengelolaan kelas, karena guru sebagai penanggungjawab kegaiatan belajar mengajar di kelas. Guru merupakan sumber dan pusat kegiatan belajar mengajar. Guru harus penuh semangat, inisiatif, inovatif dan kreatif dalam mengelola kelas, karena gurulah yang mengetahui secara pasti, situasi dan kondisi kelas, terutama keadaan siswa dengan berbagai mcam latar belakangnya.

Dalam kaitannya dengan tugas, pengelolaan kelas ada beberapa peran guru yang semestinya di lakukan sebagai berikut.

Peran sebagai pengajar pengajar
Peran sebagai pengajar pengajar mewajibkan guru menyampaikan sejumlah materi pelajaran sesuai dengan Silabus dan Rencana Proses Pembelajaran, yang berupa informasi, fakta, tugas, keterampilan dan karakter yang harus dikuasai oleh siswa. Untuk itu guru harus menguasai materi pelajaran, metode, teknik mengajar, dan teknik-teknik evaluasi. Dalam peran ini guru sebagai pusat informasi dan sumber belajar kedua setelah buku paket relevan serta sumber lain yang digunakan siswa sebagai sumber utama. Oleh karena itu guru harus selalu menambah dan memperluas wawasannya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang berkembang saat ini.



Dalam menjalankan perannya sebagai pengajar perlu dilakukan guru adalah

  •  Menyusun program pengajaran silabus selama kurung waktu tertentu secara berkelanjutan
  • Membuat persiapan mengajar dan rencana kegiatan belajar mengajar untuk tiap bahan kajian yang akan diajarkan berkaitan dengan metode tertentu dan karakter yang diharapkan
  • Menyiapkan alat peraga yang dapat membantu terlaksananya kegiatan belajar yang efektif.
  • Merencanakan dan menyiapkan alat evaluasi belajar.
  • Menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan pelajaran yang merupakan program sekolah. Misalnya perbaikan dan pengayaan.
  • Mengatur ruangan kelas.
  • Mengatur tempat duduk siswa sesuai dengan kemampuan dan kondisi fisik serta daya tangkap siswa terhadap pelajaran. 

Peran Sebagai Pendidik
Tugas guru bukan saja pengajar, tetapi lebih dari itu, mengantar siswa menjadi manusia dewasa yang cerdas, berkarkater dan berbudi luhur. Dalam hal ini peranan guru dalam pembentukan sikap, mental dan watak sangat dominan. Dengan demikan sistem guru kelas sangatlah sesuai karena secar psikologis siswa memerlukan guru di sekolah, sebagai pengganti orang tuanya. Oleh sebab itu guru harus memperhatikan siswa dalam berbagai hal terutama sikap, tingkah laku, ketertiban, dan kedisiplinannya. Di samping itu guru harus memperhatikan kebiasaan-kebiasaan, kelainan-kelainan, kekhususan, kelebihan dan kekurangan, masing-masing siswa.

Peran sebagai Pemimpin
Peran sebagai pemimpin bukan saja pada saat belajar berlangsung tetapi juga sebelum dan sesudah pelajaran berlangsung. Guru adalah pemimpindan penanggung jawab utama di kelas. Oleh karena yang terjadi di kelas dan yang berkaitan dengan siswa secara langsung atau tidak langsung menjadi tanggung jawab guru kelas.
Sehubungan dengan itu guru harus banyak tahu tentang latar belakang siswa-siswanya, baik sebagai sosial, ekonomi, budaya kepercayaan dan keyakinnanya serta kebiasaan di rumahnya.

Sebagai guru kelas guru harus mengadakan hubungan dengan sekolah lain, masyarakat sekitar sekolah, termasuk memanfaatkan sumber daya yang ada di lingkungannya. Oleh karena itu hal-hal yang menyangkut tata usaha dan administrasi kelas termasuk juga dalam ruang lingkupn peran guru sebagai pemimpin kelas.

Jangan lupa baca !!! Tujuan Pengelolaan Kelas



logoblog

No comments:

Post a Comment