Feb 14, 2017

Menghias Kotak dengan Teknik Kolase

Kolase adalah teknik hiasan yang terdiri dari benda-benda yang ditempel-tempel. Kolase bisa dibuat dari apa saja . Penyusunan pun bisa bertumpuk-tumpuk . Akan tetapi, tentu saja unsur keindahan juga harus diperhatikan. Hiasan kolase biasanya terdiri dari banyak warna. Itulah membuatnya tampak menarik. Nah kali ini, kita akan menghias kotak dengan teknik kolase.


A. Alat dan perlengkapan

  1. Sebuah kotak kayu 
  2. Amplas 
  3. Kertas 
  4. Benda-benda yang telah dipilih sebagai hiasan kolase 
  5. Pernis 
  6. Lem PVA 
  7. 2 lembar kain beludru untuk bagian dasar kotak dan tutup kotak. 
  8. Kancing pengait untuk kotak perhiasan.

B.Cara membuat


  1. Bersihkan kota kayu yang akan digunakan. Bila perlu amplas permukaannya. Kemudian, bersihkan seluruh permukaannya dari debu bekas amplas.
  2. Susun benda-benda yang akan digunakan sebagai lembar kertas yang lebarnya sama dengan tutup kotak. Kita bisa mengubah-ubah sampai mendapatkan susunan yang tepat dan indah. Benda-benda tersebut bisa ditumpuk atau disobek. 
  3. Tempelkan benda-benda yang akan dipakai untuk hiasan pada tutup kotak. Tempelkan benda-benda yang paling bawah, kemudian benda lain yang akan ditempel diatasnya . Setiap kali menempel, tekan benda-benda dengan kain yang bersih atau busa. 
  4. Jika kita akan menempel benda lainnya, usahakan benda yang ditempel lebih dulu telah kering lemnya. Jika semua benda hiasan telah ditempel dengan benar, biarkan lemnya mengering. 
  5. Gunakan pernis semprot atau cat semprot berwarna bening. Semprotkan pada susunan hiasan tesebut. Biarkan dulu pernis atau catnya mengering, kemudian semprotlah sekali lagi. Semprotkan pernis atau cat lebih banyak pada bagian-bagian hiasan yang menumpuk dan tidak rata. 
  6. Tempelkan kancing pengait tersebut dari kuningan pada bagian sisi depan kotak. 
  7. Potonglah kain beludru sesuai dengan ukuran bagian dasar kotak. Tempelkan kain beludru tesebut di dasar kotak dengan menggunakan lem PVA. Bagian ini memang akan lebih bagus jika bagian dalamnya dilapisi kain beludru.
logoblog

No comments:

Post a Comment