Mar 24, 2020

PENGARUH GETAH TUBA (Deris elupita) TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP IKAN LELE (Clarias gariepinus), IKAN WADER PARI (Rasbora lateristriata), dan IKAN CUPANG (Betta SP)

Lele dumbo merupakan salah satu ikan lele unggulan yang dibudidaya oleh warga, dan mengalami perkembangan sangat pesat di Indonesia.Secara umum, ikan Lele dumbo dipercaya sebagai ikan Lele hibdrila hasil hibdridasi antara spisiens ikan Lele Afrika Clarias garaiepinus dengan spisies ikan Lele Taiwan C. Fucus. Tetapi, secara merfologis tam-paknya ikan Lele dumbo tidak berbeda dengan ikan Lele Af-rika C. Gariepinus yang berikutnya diproduksi ke Indonesia, sehingga para praktisi Indonesia perikanan juga menduga bahwa ikan Lele dumbo sebenarnya merupakan spesies ikan Lele Afrika Clarias gariepinus.

Ikan Wader Pari (Rasbora leteristriata) merupakan ikan yang hidup di air tawar, terutama diperairan sungai. Ikan ini termasuk ke dalam subfamili Rasborinae. Famili Cyprinidoe yang merupakn famili ikan terbesar diperairan tawar. Sub-famili Rasborinae terbesar didaerah Afrika dan bagaian Tenggara Eurasia, termasuk Indonesia.

Ikan Cupang yang memiliki nama latin Betta Sp. Meru-pakan ikan yang mempunyai banyak bentukseperti, ekor ber-tepis mahkota/ serit (crown tail), ekor setengah bulan/ ling-karan (half moon), ekor pendek (plakat), dan ikan ekor lain/ selendang (Islayer) dengan sirip panjang dan berwarna-warni. Penampakan warna pada ikan dipengaruhi oleh be-berapa faktor yaitu jenis kelamin, kematangan gonad, ge-netik dan faktor geografi.

Tanaman tuba/ jenu (Derris elupica) merupakan jenis tumbuhan yang hidup memanjat atau membelit pada tum-buhan ataupohon lain, termasuk anggota suku Fabaceae (Lequminocae) tumbuhan ini tersebar di Asia tenggara dan kepulauan dipasifik barat – daya termasuk Indonesia. Tum-buhan tuba banyak tumbuh liar dihutan-hutan dan ladang-ladang yang sudah ditinggalkan. Tumbuhan ini juga disebut akar jenu, kayu tuba, tuwa, dan merupakan salah satu tum-buhan asli Indonesia.

Dalam eksperimen peneliti ingin membuktikan apakah getah akar tuba dapat berpengaruh terhadap ke-langsungan hidup ikan lele (Clarias gariepinus), ikan wader (Rasbora lateristriata), dan ikan cupang (Betta SP)?Tujuan dari eksperimen ini adalah untuk mengetahui pengaruh getah akar pohon Tuba atau jenu terhadap ke-langsungan hidup ikan lele (Clarias Gariepinus), ikan wader (Rasbora lateristriata), dan ikan cupang (Betta SP).

Alat yang digunakan untuk eksperimen ini adalah sebagai berikut:
1) Bak (4 buah berisi getah jenu, dan 1 bak untuk kontrol ikan)
2) Pisau (1 buah)
3) Gayung (1 buah)
4) Tenggok (besek)
Bahan yang digunakan untuk eksperimen ini adalah se-bagai berikut:
1) Ikan (Lele, Wader, Cupang)
2) Air
3) Akar jenu

Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam ek-sperimen ini adalah:
a. Siapkan alat dan bahan
b. Isi masing-masing bak dengan air bersih sebanyak 2 gayung.
c. Siapkan satu bak untuk kontrol ikan.
d. Masukan ikan kedalam masing-masing bak (Lele 1 ekor, Wader 2 ekor, Cupang 2 ekor).
e. Potong akar jenu dengan ukuran masing-masing 10cm, 20cm, 30cm.
f. Tumbuk akar jenu yang telah dipotong.
g. Masukan akar jenu yang telah ditumbuk kedalam bak. Bak 1 (10cm), bak 2 (20cm), bak 3 (30cm).
h. Masukan akar jenu kedalam bak dengan cara meremas/ menggoyangkan agar sari atau getahnya keluar dan me-nyebar.
i. Amati selama 10 menit.
j. Catat hasil pengamatan pada tabel pengamatan.
k. Setelah 10 menit ganti air dalam bak dengan air bersih.
l. Amati kembali perubahan yang terjadi dan catat hasilnya.

Tumbuhan tuba (Derris elliptika) adalah salah satu tumbuhan yang sudah langka kita jumpai, tumbuhan ini hidup secara merambat ke tumbuhan lain. Tumbuhan ini bi-asanya digunakan sebagai peracun ikan secara tradisional dan biasanya digunakan untuk membantu pemijahan. Akar tanaman tuba ini memiliki kandungan Protenone, sejenis ra-cun untuk ikan dan serangga (insektisida).
logoblog

No comments:

Post a Comment