Aug 16, 2020

Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan Pembelajaran 3 ( Kelas 6 )

Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Mengamati Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan Mangga

Eko mendapatkan tugas untuk mengamati perkembangbiakan tumbuhan di lingkungan sekitar. Eko kemudian mengamati perkembangbiakan tumbuhan mangga. Setelah itu, nama menuliskan hasil pengamatannya sebagai berikut:
Tumbuhan mangga dapat berkembang biak secara generatif. Perkembangbiakan secara generatif adalah perkembangbiakan tumbuhan melalui perkawinan.alat perkembangbiakan generatif pada tumbuhan mangga berupa bunga dan biji.

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan mangga dimulai dari peristiwa penyerbukan. Penyerbukan pada tumbuhan mangga dapat dibantu oleh serangga. Setelah proses penyerbukan terjadi proses pembuahan. Proses pembuahan akan menghasilkan biji. Seiring dengan pertumbuhan biji, bakal buah juga akan berkembang menjadi buah.

Buah mangga dapat diambil untuk dikonsumsi . Sementara itu biji mangga dapat ditanam menghasilkan tumbuhan baru. Setelah empat  hingga enam minggu, biji mangga akan bertunas.

Perkembangbiakan Vegetatif Alami Pada Tumbuhan.
Selain dengan perkembangbiakan generatif tumbuhan dapat berkembang biak secara vegetatif alami. perkembangbiakan vegetatif alami yaitu perkembangbiakan tanpa melalui perkawinan yang terjadi tanpa bantuan manusia. Pada perkembangbiakan vegetatif alami,tumbuhan baru berasal dari bagian tubuh induknya. terdapat beberapa cara perkembangbiakan vegetatif alami coba kamu perhatikan cara perkembangbiakan vegetatif alami di bawah ini.
1.     Tunas,contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara generatif yaitu Cemara, cocor bebek, dan pisang tunas dapat muncul dari akar batang dan daun pada tumbuhan yang telah tua.
2.     Spora, contoh tumbuhan yg berkembang biak dengan cara spora yaitu tumbuhan paku dan lumut. Spora berbentuk seperti biji halus yang dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru.
3.     Akar tinggal, contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara akar tinggal yaitu kunyit lengkuas dan temulawak. Akar tinggal atau rimpang adalah batang yang tumbuh didalam tanah.
4.     Geragih, contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih adalah rumput teki dan strawberry. Geragi adalah batang yang tumbuh menjalar di bawah atau permukaan tanah kemudian menjadi tunas baru.
5.     Umbi, contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi adalah tentang ubi jalar bawang wortel. Umbi adalah bagian tumbuhan yang menggembung dan tertanam di dalam tanah titik ada tiga jenis umbi yaitu umbi batang, umbi lapis, dan umbi akar.

Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan
Tumbuhan dapat berkembang biak secara vegetatif buatan. Perkembangbiakan vegetatif buatan yaitu perkembangbiakan tanpa melalui perkawinan yang terjadi dengan bantuan manusia. Perkembangbiakan vegetatif buatan ada bermacam-macam. Lima cara perkembangbiakan vegetatif buatan berikut ini :

1.     Stek
Stek dilakukan dengan menanam bagian tumbuhan yang dipotong. Potongan tumbuhan yang ditanam dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru. Bagian tanaman yang dapat dikembangbiakkan dengan stek adalah daun dan batang.

Syarat perkembangbiakan stek batang adalah batang harus memiliki mata tunas. Bagian batang yang akan diketik dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian, batang ditanam di tanah yang lembap. Contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakan dengan stek batang antara lain ketela pohon, mawar dan bambu.

Syarat perkembangbiakan stek daun adalah daun yang digunakan masih bagus dan segar. Bagian daun yang tua dipetik, kemudian dipotong menjadi dua bagian. Potongan daun tersebut ditancapkan di tanah.contoh tumbuhan yang dikembangbiakan dengan stek daun antara lain cocor bebek dan begonia.

2.     Cangkok
Cangkok dilakukan dengan mengupas kulit batang lalu menambahkan tanah pada batang agar dapat tumbuh. Syarat tumbuhan yang dapat dicangkok adalah tumbuhan berkayu. Mula-mula, kulit batang dikupas bersih dari kambium atau lendir secara melingkar. Selanjutnya, batang yang telah dikupas ditutup dengan tanah subur. Lapisan tanah tersebut lalu ditutup plastik atau sabut kelapa. Cangkokan perlu disiram secara teratur. Jika akar sudah tumbuh hasil cangkokan siap ditanam ke dalam tanah. Mencangkok mempunyai kelebihan seperti tumbuhan baru cepat besar dan berbuah. Contoh tumbuhan yang dapat dicangkok yaitu mangga jeruk jambu dan rambutan

3.     Mengenten
Mengenten dilakukan dengan menggabungkan dua batang tanaman yang sejenis. Mengenten disebut juga dengan menyambung. Syarat mengenten yaitu kedua batang yang disambung harus berukuran sama besar.batang bagian atas dipilih dari tumbuhan yang mempunyai sifat lebih baik. Kemudian, kedua batang disambungkan dengan tali rafia. Mengenten mempunyai kelebihan seperti cepat menghasilkan tumbuhan baru dan bermutu tinggi. Tumbuhan yang dapat dienten yaitu kopi mangga dan durian.

4.     Merunduk
Merunduk dilakukan dengan membengkokkan batang pada tanah dan menimbunnya. Syarat tumbuhan yang dapat dirundukkan yaitu mempunyai batang yang lentur. Batang yang dikerat terlebih dahulu agar akar dapat keluar. Selanjutnya, batang dibengkokkan ke dalam tanah. Setelah tumbuh akar, batang dapat dipotong dan ditanam menjadi  tumbuhan baru. Tumbuhan yang dapat dikembangkan dengan cara merunduk antara lain apel alamanda dan anyelir

5.     Okulasi
Okulasi dilakukan dengan menempelkan mata tunas pada batang tumbuhan yang sejenis yang dijadikan induk. Okulasi disebut juga dengan menempel. Tujuan okulasi adalah menggabungkan sifat unggul dari dua tumbuhan yang sejenis. Batang bagian bawah dipilih dari jenis memiliki akar dan batang kuat. Bagian atas dipilih dari cabang utama yang memiliki buah manis dan lebat.
Batang bawah disayat kulitnya terlebih dahulu. Kemudian, mata tunas ditempelkan pada batang tersebut. Tumbuhan hasil okulasi dapat berkembang menjadi tumbuhan baru. Tumbuhan yang dapat dikembangkan dengan okulas antara lain mangga, rambutan dan nangka.

Manfaat Perkembangbiakan Secara Vegetatif Buatan
Perkembangbiakan vegetatif buatan memiliki beberapa manfaat bagi tumbuhan dan manusia. Berikut manfaat perkembangbiakan secara vegetatif buatan yaitu 
1.     Lebih mudah mengembangbiakan tumbuhan tanpa perlu menunggu berbuah
2.     Dapat melihat kan tumbuhan yang tidak menghasilkan buah atau biji
3.     Dapat menghasilkan tumbuhan baru yang identik dengan induknya
4.     Menghasilkan tumbuhan baru dengan kualitas buah yang lebih baik
5.     Mendapatkan tumbuhan baru yang lebih tahan terhadap penyakit
6.     Tumbuhan lebih cepat menghasilkan buah

Bahasa Indonesia

Ciri-ciri kesimpulan paragraf yang baik
Kamu sudah bisa membuat serta menjelaskan poster pelestarian hewan dan tumbuhan. Sekarang, kamu akan belajar membuat kesimpulan dari teks. Kesimpulan merupakan intisari sebuah teks yang ditulis dalam bentuk pernyataan. Kesimpulan dibuat berdasarkan gagasan pokok dan informasi penting yang terdapat pada teks. Kesimpulan yang baik mempunyai beberapa ciri. Berikut ciri-ciri kesimpulan paragraf yang baik.
1.     Menggunakan kosakata yang baku.
2.     Merupakan intisari dari sebuah teks.
3.     Dimulai dari hal yang khusus ke hal-hal yang umum.
4.     Isi pesan atau informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca.
5.     dibuat berdasarkan gagasan pokok dan informasi yang terdapat pada teks dengan kalimat sendiri.

Memberikan Komentar Terhadap Kesimpulan Teks
Kamu sudah membuat kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan pada pembelajaran satu . Kali ini, kamu akan menuliskan komentar dari kesimpulan yang sudah dituliskan temanmu. Saat ini menuliskan komentar kamu harus memperhatikan ciri-ciri kesimpulan yang baik. Kamu tuliskan komentar dengan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung perasaan.

Kamu dapat memberikan komentar pada kesimpulan seperti Uni dan Made. Uni lelah membuat kesimpulan dari teks berjudul Melestarikan Hewan Dan Tumbuhan Langka. Uni lalu meminta Made menuliskan komentar terhadap kesimpulannya. Sekarang kamu perhatikan kesimpulan Uni dan komentar yang diberikan Made berikut:

Kesimpulan Yang Dibuat Uni
Indonesia memiliki keanekaragaman hewan dan tumbuhan yang menjadi ciri khas setiap daerah. Cara melestarikan hewan dan tumbuh-tumbuhan di berbagai daerah, pemerintah membuat taman nasional. Sebab, populasi hewan dan tumbuhan yang berkurang perlu dilestarikan. Faktor penyebab berkurangnya populasi hewan dan tumbuhan antara lain pertambahan jumlah penduduk, penangkapan hewan secara liar penebangan pohon secara liar, dan perusakan habitat asli.

Komentar Made Terhadap Kesimpulan Uni
Kesimpulan yang dituliskan uni berisi informasi tentang upaya melestarikan hewan dan tumbuhan langka. Uni menuliskan kesimpulan berdasarkan gagasan pokok dan informasi yang terdapat pada teks berjudul melestarikan hewan dan tumbuhan langka. Kesimpulan ditulis Uni menggunakan kosakata baku dan ejaan yang benar.kesimpulan tersebut cukup baik karena sudah menjelaskan inti teks dan mudah dipahami.

Silakan kerjakan soal berikut dengan Memasukkan nama guru berwarna BIRU
Nama guru : BAHTIAR, Bahtiar, bahtiar
logoblog

No comments:

Post a Comment