Aug 5, 2020

Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 2 Hewan Sahabatku Pembelajaran 6 (Kelas 6)

Bahasa Indonesia
Menentukan Kesimpulan Teks Laporan Hasil Pengamatan
Kali ini kemana kita akan kembali menentukan kesimpulan dari teks laporan pengamatan yang dibacakan. Kita dapat membuat kesimpulan berdasarkan informasi penting pada teks. Sambil mendengarkan kita bisa mencatat informasi penting tersebut. Simak teks laporan hasil pengamatan dengan membaca contoh berikut.
Hiu Gergaji                                                                    

Hiu gergaji merupakan salah satu satwa langka yang dilindungi. Hiu gergaji disebut juga pari atau hiu Sentani. Hiu gergaji hidup di danau Sentani Papua. Hewan tersebut diberi nama hiu gergaji karena bagian mulutnya merupai gergaji setik memiliki 14 hingga 22 biji seperti gergaji di setiap sisinya. Selain untuk mencari makan  gigi hiu gergaji google digunakan sebagai alat pertahanan terhadap musuh.gergaji memiliki tubuh berwarna hitam keabu-abuan sisi bagian bawah tubuhnya berwarna pucat. Gergaji termasuk ikan air tawar yang berkembang biak dengan bertelur. Makanan hiu gergaji berupa ikan ikan berukuran sedang atau kecil. Indra penciuman sangat tajam yang dapat membantunya untuk memburu mangsa.
Kalian sudah membaca teks laporan hasil pengamatan yang berjudul hiu gergaji. setelah membaca dengan saksama kamu bisa menentukan kesimpulan teks laporan hasil pengamatan tersebut. Kalian tuliskan kesimpulan sesuai informasi penting yang terdapat pada teks dengan kalimat sendiri.kalian gunakan kalimat yang mudah dipahami dengan kosakata baku dan ejaan yang tepat. Kalian bisa menuliskan kesimpulan paragraf seperti contoh berikut.

Di danau Sentani Papua, hidupku gergaji yang dilindungi. Mulut hiu gergaji berbentuk seperti gergaji yang digunakan untuk mencari makan dan pertahanan terhadap musuh. untuk memburu mangsa, gergaji memanfaatkan indra penciumannya yang sangat tajam.

Tahukah kamu ?
Keistimewaan kelelawar
Kelelawar termasuk hewan mamalia yang dapat hidup terbang. Kelelawar tidur pada siang hari dan beraktivitas pada malam hari. Kelelawar biasanya tidur dengan kaki menggantung di atap gua atau pohon-pohon.
Seperti hewan mamalia lainnya, kelelawar berkembang biak dengan cara melahirkan.umumnya, kelelawar melahirkan satu anak dalam satu tahun. Kelelawar memiliki indera pendengaran yang sangat baik.indra pendengaran kelelawar sangat tajam sehingga kelelawar dapat mendengar pentulan suara-suara yang halus sekalipun.
Fakta tentang kelelawar yang jarang diketahui adalah tubuhnya sangat bersih. Kelelawar mempunyai masa hidup 20 sampai 30 tahun.kelelawar juga mempunyai banyak manfaat antara lain:
  1. Membantu proses penyebaran dan penyerbukan tanaman
  2. melestarikan ekosistem karena kotorannya pada dinding gua dapat menjadi tempat bakteri dan organisme lain
  3. membantu mencukupi kebutuhan manusia karena kotoran kelelawar dapat dijadikan pupuk guano yang harganya mahal

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Nilai-nilai Sila Kelima Pancasila
Sekarang kalian akan belajar nilai-nilai sila kelima Pancasila. Sila kelima Pancasila berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima Pancasila menunjukkan tujuan bangsa Indonesia,  yaitu masyarakat yang adil dan makmur secara lahir dan batin. Dalam sila kelima Pancasila, terdapat nilai-nilai luhur yang perlu kita terapkan sebagai berikut:
  1. Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan
  2. Suka bekerja keras dan mengembangkan sikap hemat.
  3. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
  4. Mengembangkan sikap adil terhadap sesama
  5. Menghormati hak orang lain.

Perilaku yang Sesuai dengan Sila Kelima Pancasila
Kamu sudah mengetahui nilai-nilai yang sesuai dengan sila kelima Pancasila. Nilai-nilai tersebut sebaiknya kita wujudkan dalam perilaku sehari-hari. Berikut ini beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai sila kelima Pancasila.
Perilaku yang sesuai sila kelima Pancasila yaitu
  1. Mengambil makanan secukupnya dan menghabiskannya
  2. Mengerjakan pekerjaan dengan sepenuh hati
  3. Menyisihkan uang saku untuk ditabung
  4. Tidak menjiplak hasil karya orang lain
  5. Tidak mengendarai sepeda di trotoar
  6. Tidak merusak sarana umum

Menentukan Perilaku yang Sesuai dengan Nilai Pancasila
Jika mengamati kehidupan sehari-hari,kalian akan menemukan perilaku yang sesuai dengan nilai sila kelima Pancasila.Namun terkadang kita juga dapat menemukan perilaku yang bertentangan dengan nilai sila tersebut. Perhatikan contoh perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan sila kelima Pancasila melalui cerita berikut.

Taher dan teman-temannya diundang menghadiri acara syukuran di  rumah Udin. Di sana terdapat banyak makanan seperti ayam goreng, sate ayam, ikan bakar, rendang, dan soto.Taher dan teman-temannya bingung memilih makanan yang akan dimakan. Saya mau makanan terlihat enak. Pondang mulai berjalan mengambil 10 tusuk sate ayam,2 potong ayam goreng, dan sepotong ikan bakar. Pondang juga mengambil dua porsi rendang.Sementara itu lahir hanya mengambil 3 tusuk sate ayam dan seporsi soto. Melihat perilaku Pondang, Pandu mengingatkan Pondang agar mengambil makanan secukupnya saja.

Situasi dalam cerita tersebut sering kamu temui di masyarakat.kamu dapat menentukan perilaku masing-masing tokoh dalam cerita dengan menjawab pertanyaan seperti berikut:

Apa pendapatmu tentang perilaku Pondang?
Pondang menunjukkan perilaku yang kurang baik. Pondang berlebihan saat mengambil makanan. Selain tidak baik untuk diri sendiri, Pondang membuat makanan cepat habis.Tamu undangan yang lain bisa tidak kebagian makanan. Pondang seharusnya melihat situasi dan kondisi saat makan, terutama tamu undangan lain di sekitarnya.

Apa pendapatmu tentang perilaku Taher?
Taher menunjukkan perilaku yang baik. Taher tidak berlebihan saat mengambil makanan. Taher menunjukkan perilaku peduli terhadap orang lain. Meskipun gratis, Taher pun tetap berbagi dengan tamu undangan lain. Dengan demikian, tamu undangan lain akan kebagian makanan dalam acara tersebut.

Apa pendapatmu tentang perilaku Pandu?
Pandu menunjukkan perilaku baik. Pandu berani mengingatkan Pondang agar makan secukupnya saja. Dengan mengingatkan Pondang, Pandu telah mengembangkan sikap adil terhadap sesama.pandu juga menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat.

Kesimpulan
Perilaku Pondang tidak sesuai dengan sila kelima Pancasila. Perilaku yang menunjukkan sikap rakus. sikap rakus Pondang dapat mengganggu hak orang lain. Perilaku Pondang juga menunjukkan bahwa ia tidak bersikap adil kepada orang lain.
Sementara itu, perilaku Taher dan Pandu sesuai dengan kelima Pancasila. Mereka telah menjaga, antara hak dan kewajiban. Mereka mendapatkan hak berupa makanan yang cukup. Oleh karena itu, mereka melaksanakan kewajiban dengan cara makan tidak berlebihan.

Menerapkan Perilaku yang Sesuai Sila Kelima Pancasila.
Karena sudah mengetahui nilai-nilai sila kelima Pancasila serta contoh penerapan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.jika ada perilaku yang belum dilaksanakan sebaiknya kamu belajar melaksanakannya kamu bisa membuat rencana untuk pelaksanaannya seperti Udin berikut 

Udin sering kehilangan alat tulis karena lupa tempat menaruh nya. Agar dapat tetap belajar Udin harus membeli alat tulis yang baru. Akibatnya Udin sering menghabiskan uang saku untuk membeli alat tulis.

Udin tidak ingin hidup boros. Oleh karena itu, Udin akan menjaga alat tulis yang dia miliki. Dengan demikian, Udin tidak perlu menghabiskan uang saku untuk membeli alat tulis.uang saku Udin juga dapat ditabung untuk memenuhi kebutuhan sekolah yang lain.

Berikut Materi Sebelumnya :

Untuk Mengerjakan Soal Silakan masukkan nama guru sama persis tulisan Hijau di bawah ini :
BAHTIAR , bahtiar , Bahtiar .


logoblog

No comments:

Post a Comment