Jan 20, 2017

Permainan Pengasah Kecerdasan Cewek

Foto Admin
Sebelum mengasah potensi kecerdasan cewek, coba ingat permainan  tradisional zaman dahulu. Banyak sekali permainan tradisional zaman dahulu yang bisa di mainkan zaman sekarang. Permainan tersebut mampu mengasah kecerdasan cewek yang akan mengembang kepribadian secara pisik maupun mental. Seiring dengan perkembangan zaman permain tradional tersebut digantikan dengan permainan yang dipengaruhi oleh teknologi sehingga permainan tradisional tersingkir dan hampir punah. 


Tidak ada larangan untuk meninggalkan permainan tradisional dan tidak haruskan pula untuk menolak permainan modern. Perkembangan teknologi mempunyai dua dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif yang dapat kita terima diantaranya permainan strategi yang mengandung unsur positif  yang mengasah otak berpikir. Sedangkan Dampak negatifnya salah satunya tidak menyadari bahwa permainan elektronik tidak bisa dijadikan sebagai media berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain. Lagi pula permainan yang mendidik cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan permainan-permainan negatif.


Permainan yang cocok untuk mengasah kecerdasan cewek adalah diantaranya “Share Your Feeling. Dalam buku “Men Are From Mars and Women Are from Venus” karya Jhon Gray, cewek butuh melepaskan emosinya-emosinya dengan cara bercerita. Karena bercerita merupakan sarana yang sangat bagus untuk melepaskan masalah ataupun sekadar berbagi kepada sesama . Untuk permainan ‘’ Share Your Feeling’’ mampu mengeluarkan emosinya.


Tujuan permain “Share Your Feeling” sangat banyak dapat kita ambil diantarnya adalah menumbuhkan rasa empati pada sesama cewek, mengasah kecerdasan sosial, sebagai sarana untuk melepaskan emosi secara wajar.


Alat yang dibutukan sangat mudah sehinga tidak perlu untuk mengeluarkan biaya untuk melakukan permainan “Share You Feeling” yaitu musik dan tempat duduk bangku atau kursi. Musiknya bisa menggunakan mp3, mp4, kaset dan lain- lain. Sedangkan waktu yang diperlukan hanya dibutuhkan paling lama satu jam untuk mencoba permainan ini. Ada pun jumlah peserta yang dibutuhkan berjumlah genap misalnya 4, 6, 8, 10, 12, dan sterusnya. 


Cara bermain “Share Your Feeling” adalah 
  1. Instruktur membagi peserta berpasangan
  2. Peserta dengan pasangannya masing-masing duduk saling berhadapan di kursi.
  3. Instruktur menjelaskan aturan main “ Share You Feeling pada peserta
  4. Masing-masing peserta harus menceritakan pengalamanya kepada pasangan baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Satu orang menceritakan pengalaman menyedihkan kepada pasangannya dan di balas dengan pasangannya menceritakan pengalaman yang menyenangkan.
  5. Waktu untuk menceritakan pengalamannya paling lama 15 menit.
  6. Begitu musik dinyalakan, maka peserta harus berganti pasangan.
  7. Selama 15 menit berikutnya , peserta harus bercerita kepada pasanganya yang baru tentang pengalaman sedih dan menyenangkan
  8. Selang 15 menit berlalu, musik kembali dinyalakan tanda pergantian pasangan dan sesi curhat pada pasangan selanjutnya.
  9. Instruktur mengadakan sesi sharingdan feedback kepada peserta 
Yang harus diperhatikan oleh instruktur dan peserta yaitu, instruktur meminta dengan suka pada peserta untuk untuk bisa menyadari, perasaannya sendiri, jujur kepada diri sendiri serta kepada orang lain. Berempati terhadap pengalaman sedih yang dirasakan oleh orang lain. Instruktur menjelaskan bahwa curhat bagi remaja cewek bisa menjadi salah satu sarana untuk mengatasi masalah, setidaknya mengeluarkan uneg-uneg yang terpendam.


logoblog

No comments:

Post a Comment